Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (SMH1B3) adalah mata kuliah wajib yang harus diambil pada semester 1 (satu), dimana mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasara dan menjadi mata kuliah pra syarakt untuk mengambil mata kuliah selanjutnya seperti mata kuliah Analisis dan Perancangan Sistem Multimedia, Project 1, Project 2, dan Manajemen Project Multimedia. Materi pada mata kuliah ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa dalam mengerjakan Proyek Akhir nantinya pada semester akhir, karena materi yang diberikan meliputi tahap-tahap pengembangan sistem dengan memilih metode dan peralatan yang tepat.
Bobot sks : 3
Capaian Pembelajaran
Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (SMH1B3) memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai ilmu dasar pengembangan perangkat lunak secara umum yang berisi tahap-tahap yang harus dijalankan selama proses pengembangan menggunakan metode yang tepat. Pemberian materi pada mata kuliah ini dibagi dalam 3 (tiga) kajian yang memiliki capaiannya masing-masing.
- Kajian pertama mahasiswa diberikan mengenai dasar-dasar rekayasa perangkat lunak seperti definisi, tujuan rekayasa PL, serta bidang ilmu terkait mata kuliah ini, Serta diberikan pengenalan pada beberapa metode pengembangan PL yang sudah ada dan banyak digunakan oleh developer aplikasi.
- Kajian dua mahasiswa mempelajari tahap-tahap umum pada metode pengembangan perangkat lunak seperti analisa kebutuhan, perancangan (design), dan pembangunan (building/coding). Mahasiswa diberikan studi kasus untuk membuat hasil akhir dalam setiap tahapnya.
- Kajian ketiga mahasiswa mempelajari tentang tahap pengujian sistem, maintenance sistem, dan tahap validasi sistem. Pada tahap ini mahasiswa belajar tentang teknik-teknik pengujian aplikasi sehingga layak dipublikasi ke masyarakat serta bagaimana memelihara perangkat lunak yang sudah dikembangkan tersebut.
Jumlah SKS : 3
Dosen Pengampu
Ady Purnakurniawan
Ady Purnakurniawan is a lecturer at Telkom University in the S1 program of Applied Multimedia Engineering Technology.
Software Engineering, Game Development, Graphic Design