
Deskripsi
Mata kuliah Building Game Monetization bertujuan untuk melatih peserta agar dapat memahami konsep pembangunan monetisasi pada produk game menggunakan Unity Ads. Peserta yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan memiliki dasar logika matematika dan algoritma pemrograman. Materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini meliputi PC Game Monetization dan Mobile Game Monetization. Metode yang digunakan merupakan kombinasi antara modul, video, dan praktikum mandiri menggunakan “Predefined Game Project”. Asesmen pada mata kuliah adalah membuat project game sederhana yang didalamnya sudah ada Rewarded Ads, Baner Ads dan Interstitial Ads.
Capaian
- Peserta mampu mengintegrasikan unity Ads ke dalam game
- Peserta mengetahui kelengkapan mengupload game ke game market berbasis PC
- Peserta mengetahui kelengkapan mengupload game ke game market berbasis Mobile
Topik
- Metode PC Game Monetization
- Tipe PC Game Monetization
- PC Download Content
- PC Monetization Platform: itch.io
- PC Monetization Platform: steam
- Pengenalan Unity Ads
- Unity Ads: Banner
- Unity Ads: Interstitial
- Unity Ads: Rewarded
- Mobile Game Monetization
- Mobile Game Monetization: In-App Purchase
- Mobile Game Monetization: Rewarded Ads
Prasyarat | Tidak Ada |
Bobot SKS | 2 SKS (1 SKS @45 Jam) |
Model Pembelajaran | Instructor-Paced |
Jenjang Pendidikan | S1/D4 |
Bidang Ilmu | Teknik Informatika |
Tingkat Mata Kuliah | Dasar |
Versi Pengembangan | Versi Mata Kuliah 3.0 |
Textbook
- Roedavan, R., 2018, Unity Tutorial Game Engine, Penerbit Informatika
- Doran, John., 2015, Building an FPS Game With Unity, Packt
Teknologi & Sarana Pembelajaran
- LMS Open EDX: Untuk mengakses materi utama dan forum diskusi
- Discord: Untuk kolaborasi dan komunikasi
- Zoom: Untuk pertemuan virtual tatap muka
- Unity dan Visual Studio 2019 Community version: Untuk game engine
Perangkat Keras & Perangkat Lunak
- Laptop/PC
- OS : Windows 7, 64-bit versions only
- CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
- Graphics : DX10, DX11, and DX12-capable GPUs
- Unity version: 2019.x, 2020.x, 2021.x
Profil Dosen Pengampu
Rio Korio Utoro, S.Kom., M.T.
Dia merupakan dosen di Telkom University yang banyak melakukan riset dibidang Tangible Interaction. Merupakan inisiator dalam pengembangan startup Creducent yang menjadi salah satu pemenang Gemastik 2022. Dia merupakan salah satu pembina study grup yang berkaitan dengan interaksi game.
Email: [email protected]
Dosen Team Teaching
Fattah Noor Prawita, S.T., M.T. | Amir Hasanudin Fauzi, S.T., M.T. Email: [email protected] | Rickman Roedavan |
Profil Mentor
Sritenaya Geovani Putri, S.Tr., Kom. Alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) di PT. Ruang Teknologi Kreatif Nusantara (Cube Studio) sekaligus Komisaris di PT. Parama Dimensi Kreatif Teknologi (Paradimensi). Menguasai konsep organisasi, leadership, bisnis plan dan entrepreneurship berbasis teknologi multimedia interaktif. Email: [email protected] | Alda Destiyana Fadhilah, S.Tr.Kom Alda Destiyana Fadhilah merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini bekerja sebagai sebagai Account Manager di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Marketing. Email: [email protected] |
Rienesa Darmawan, S.Tr.Kom Rienesa Darmawan merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini bekerja sebagai sebagai Social Media Strategist di salah satu perusahaan teknologi nasional. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Marketing. Email: [email protected] |
Salsabilla Noor Budi Astari, S.Tr.Kom Salsabilla Noor Budi Astari merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Berpengalaman menjadi Customer Relation di PT. Ruang Teknologi Kreatif Nusantara dan saat ini bekerja sebagai sebagai Branch Support Strategist di PT. Sigzacindo Nusantara. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Content Creation. Email: |
Course's Feedback
4.0/5
1 assessment(s)