Skip to main content

Pembuatan Game Third Person Shooter 3D


TELUx

Free

Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi

Mata kuliah Pembuatan Game Third Person Shooter (TPS) 3D ini bertujuan untuk melatih peserta agar dapat memahami konsep fundamental pengembangan game 3D yang diimplementasikan ke dalam bentuk bentuk micro-game TPS 3D. Peserta yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan memiliki dasar logika matematika dan algoritma pemrograman. Materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini meliputi Terrain System, Third Person Movement, Camera Rotation, dan Character Animation. Metode pembelajaran yang digunakan merupakan kombinasi antara modul, video, dan praktikum mandiri menggunakan “Predefined Game Project”..

Capaian

  1. Peserta mampu membuat pergerakan TPS berbasis PC
  2. Peserta mampu mengelola animasi karakter berdasarkan input user
  3. Peserta mampu membangun mekanik game bergenre TPS 3D

Topik

  1. Pengenalan Terrain System
  2. Sistem Ruang 3D
  3. Pegerakan Third Person
  4. Implementasi Mouse Orbit
  5. Character & Animation
  6. Humanoid Animation
  7. Humanoid Bone Structure
  8. Animation State
  9. Attack System
  10. Enemy Chase
  11. Typology Utama (Configure)
  12. Typology Alternatif (Obtain)
PrasyaratTidak Ada
Bobot SKS2 SKS (1 SKS @45 Jam)
Model PembelajaranInstructor-Paced
Jenjang PendidikanS1/D4
Bidang IlmuTeknik Informatika
Tingkat Mata KuliahDasar
Versi PengembanganVersi Mata Kuliah 3.0

Textbook

  • Roedavan, R., 2018, Unity Tutorial Game Engine, Penerbit Informatika
  • Doran, John., 2015, Building an FPS Game With Unity, Packt

Teknologi & Sarana Pembelajaran

  1. LMS Open EDX: Untuk mengakses materi utama dan forum diskusi
  2. Discord: Untuk kolaborasi dan komunikasi
  3. Zoom: Untuk pertemuan virtual tatap muka
  4. Unity dan Visual Studio 2019 Community version: Untuk game engine 

Perangkat Keras & Perangkat Lunak

  1. Laptop/PC 
  2. OS : Windows 7, 64-bit versions only
  3. CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
  4. Graphics :  DX10, DX11, and DX12-capable GPUs
  5. Unity version: 2019.x, 2020.x, 2021.x

Profil Dosen Pengampu

 

 

Fery Prasetyanto, S.T., M.T.

Dosen Virtual Reality sekaligus Pemrograman Web di Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia. Pernah berkolaborasi dalam riset militer untuk pengembangan game dan simulator berbasis Unity Game Engine...  

Email: [email protected]

Dosen Team Teaching

Fattah Noor Prawita, S.T., M.T.
Email: [email protected]

Yahdi Siradj S.T., M.T.

Email: [email protected]

Amir Hasanudin Fauzi, S.T., M.T.
Email: [email protected]

 

Profil Mentor

Sritenaya Geovani Putri, S.Tr., Kom.

Alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) di PT. Ruang Teknologi Kreatif Nusantara (Cube Studio)  sekaligus Komisaris di PT. Parama Dimensi Kreatif Teknologi (Paradimensi). Menguasai konsep organisasi, leadership, bisnis plan dan entrepreneurship berbasis teknologi multimedia interaktif. Email: [email protected]

Alda Destiyana Fadhilah, S.Tr.Kom

Alda Destiyana Fadhilah merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini bekerja sebagai sebagai Account Manager di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Marketing. Email: [email protected]

Rienesa Darmawan, S.Tr.Kom

Rienesa Darmawan merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini bekerja sebagai sebagai Social Media Strategist di salah satu perusahaan teknologi nasional. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Marketing. Email: [email protected]

 

Salsabilla Noor Budi Astari, S.Tr.Kom

Salsabilla Noor Budi Astari merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Berpengalaman menjadi Customer Relation di PT. Ruang Teknologi Kreatif Nusantara dan saat ini bekerja sebagai sebagai Branch Support Strategist di PT. Sigzacindo Nusantara. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Content Creation. Email: 

Course's Feedback

4.0/5

1 assessment(s)

  1. Course Number

    MCGP0006
  2. Enrollment Start

  3. Enrollment End

    Sep 1, 2024
  4. Class Start

  5. Class End

    Dec 31, 2024
  6. Estimated Effort

    90 Hours at 16 Weeks
  7. Language

    Indonesian
  8. Course Type

    Instructor Paced
  9. Quota

    None
  10. Price

    Free
  11. Level

    Beginner
  12. Programming
Courses from Same University
Recommended Courses
© 2024 ICE Institute. All rights reserved.