
Deskripsi
Mata kuliah Pembuatan Game Third Person Shooter (TPS) 3D ini bertujuan untuk melatih peserta agar dapat memahami konsep fundamental pengembangan game 3D yang diimplementasikan ke dalam bentuk bentuk micro-game TPS 3D. Peserta yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan memiliki dasar logika matematika dan algoritma pemrograman. Materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini meliputi Terrain System, Third Person Movement, Camera Rotation, dan Character Animation. Metode pembelajaran yang digunakan merupakan kombinasi antara modul, video, dan praktikum mandiri menggunakan “Predefined Game Project”..
Capaian
- Peserta mampu membuat pergerakan TPS berbasis PC
- Peserta mampu mengelola animasi karakter berdasarkan input user
- Peserta mampu membangun mekanik game bergenre TPS 3D
Topik
- Pengenalan Terrain System
- Sistem Ruang 3D
- Pegerakan Third Person
- Implementasi Mouse Orbit
- Character & Animation
- Humanoid Animation
- Humanoid Bone Structure
- Animation State
- Attack System
- Enemy Chase
- Typology Utama (Configure)
- Typology Alternatif (Obtain)
Prasyarat | Tidak Ada |
Bobot SKS | 2 SKS (1 SKS @45 Jam) |
Model Pembelajaran | Instructor-Paced |
Jenjang Pendidikan | S1/D4 |
Bidang Ilmu | Teknik Informatika |
Tingkat Mata Kuliah | Dasar |
Versi Pengembangan | Versi Mata Kuliah 3.0 |
Textbook
- Roedavan, R., 2018, Unity Tutorial Game Engine, Penerbit Informatika
- Doran, John., 2015, Building an FPS Game With Unity, Packt
Teknologi & Sarana Pembelajaran
- LMS Open EDX: Untuk mengakses materi utama dan forum diskusi
- Discord: Untuk kolaborasi dan komunikasi
- Zoom: Untuk pertemuan virtual tatap muka
- Unity dan Visual Studio 2019 Community version: Untuk game engine
Perangkat Keras & Perangkat Lunak
- Laptop/PC
- OS : Windows 7, 64-bit versions only
- CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
- Graphics : DX10, DX11, and DX12-capable GPUs
- Unity version: 2019.x, 2020.x, 2021.x
Profil Dosen Pengampu
Fery Prasetyanto, S.T., M.T.
Dosen Virtual Reality sekaligus Pemrograman Web di Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia. Pernah berkolaborasi dalam riset militer untuk pengembangan game dan simulator berbasis Unity Game Engine...
Email: [email protected]
Dosen Team Teaching
Fattah Noor Prawita, S.T., M.T. | Yahdi Siradj S.T., M.T. Email: [email protected] | Amir Hasanudin Fauzi, S.T., M.T. |
Profil Mentor
Sritenaya Geovani Putri, S.Tr., Kom. Alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) di PT. Ruang Teknologi Kreatif Nusantara (Cube Studio) sekaligus Komisaris di PT. Parama Dimensi Kreatif Teknologi (Paradimensi). Menguasai konsep organisasi, leadership, bisnis plan dan entrepreneurship berbasis teknologi multimedia interaktif. Email: [email protected] | Alda Destiyana Fadhilah, S.Tr.Kom Alda Destiyana Fadhilah merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini bekerja sebagai sebagai Account Manager di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Marketing. Email: [email protected] |
Rienesa Darmawan, S.Tr.Kom Rienesa Darmawan merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini bekerja sebagai sebagai Social Media Strategist di salah satu perusahaan teknologi nasional. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Marketing. Email: [email protected] |
Salsabilla Noor Budi Astari, S.Tr.Kom Salsabilla Noor Budi Astari merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Berpengalaman menjadi Customer Relation di PT. Ruang Teknologi Kreatif Nusantara dan saat ini bekerja sebagai sebagai Branch Support Strategist di PT. Sigzacindo Nusantara. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Content Creation. Email: |
Course's Feedback
4.0/5
1 assessment(s)