Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Pembuatan Game First Person Shooter (FPS) 3D ini bertujuan untuk melatih peserta agar dapat memahami konsep fundamental pengembangan game 3D yang diimplementasikan ke dalam bentuk micro-game FPS 3D. Peserta yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan memiliki dasar logika matematika dan algoritma pemrograman. Materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini meliputi POV Movement, Shooting Projectile, Scoring System dan Win/Love Condition. Metode yang digunakan merupakan kombinasi antara modul, video, dan praktikum mandiri menggunakan “Predefined Game Project”.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Peserta mampu membuat pergerakan First Person Shooter (FPS) berbasis PC
- Peserta mampu membuat mekanisme projectile 3D
- Peserta mampu membangun mekanik game bergenre FPS 3D
Bobot
- 2 SKS (1 SKS @45 Jam)
Model Pembelajaran
- Instructor-Pace
Jadwal Perkuliahan
- Week 1: Materi Sesi 1-Sesi 2 (21 Feb 2022) : VC1
- Week 2: Materi Sesi 3 (28 Feb 2022) : OL
- Week 3: Materi Sesi 4 (7 Mar 2022) : OL
- Week 4: Materi Sesi 5-Sesi 6 (14 Mar 2022) : VC2
- Week 5: Materi Sesi 7-Sesi 8 (21 Mar 2022) : VC3
- Week 6: Materi Sesi 9 (28 Mar 2022) : OL
- Week 7: Materi Sesi 10 (4 Apr 2022) : OL
- Week 8: Persiapan Final Project (5 Apr 2022) : VC4
Keterangan: VC (Video Conference/Synchronus), OL (Online/ASynchronus)
Assessment
- Kuis : 40%
- Final Project: 60%
Referensi
- Roedavan, R., 2018, Unity Tutorial Game Engine, Penerbit Informatika
- Doran, John., 2015, Building an FPS Game With Unity, Packt
Profil Dosen
Rickman Roedavan
(Rikman Aherliwan Rudawan, S.T., M.Kom.)
Penulis Best Seller Unity & Construct2 Tutorial Game Engine. Dosen Pemrograman Aplikasi Permainan sekaligus Pembina Laboratorium Riset Multimedia Telkom University. Pernah berkolaborasi dalam tiset internasional bersama Universiti Teknologi Melaka Malaysia (UTEM) dan Multimedia University (MMU) dalam pengembangan produk Game-based Learning. Sebelumnya bekerja sebagai Senior Programmer dan System Analyst di bidang Wargaming System dan Flight Simulator di BUMN PT. Dirgantara Indonesia (Persero)
Email: [email protected]
Fattah Noor Prawita, S.T., M.T.
Dia merupakan dosen di Telkom University yang banyak melakukan riset dibidang Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Mixed Reality (MR). Merupakan salah satu pembina study grup yang berkaitan dengan aplikasi permainan dan software aplikasi. Saat ini dia menjabat sebagai Manager of Content Development di Center of eLearning and Open Education Telkom University.
Email: [email protected]
Yahdi Siradj S.T., M.T.
Dia merupakan dosen di Telkom University yang banyak melakukan riset dibidang Aplikasi Permainan. Merupakan inisiator dalam pengembangan TeluCraft yaitu sebuat Metaverse Telkom University berbasis game Minceraft. Dia merupakan salah satu pembina study grup yang berkaitan dengan visualisasi digital 2D dan 3D. Saat ini dia menjabat sebagai Ketua Kelompok Keahlian di program studi Teknologi Rekayasa Multimedia (TRM).
Email: [email protected]
Amir Hasanudin Fauzi, S.T., M.T.
Seorang gamer avid yang sengaja menjadi dosen untuk mendukung aktivitas gaming-nya. Banyak beraktivitas dalam pengembangan game. Riset yang dia lakukan selama ini adalah bagaimana mengimplementasikan video game untuk mengajak pengguna mempelajari lebih lanjut tentang peninggalan sejarah, atau mengajak pengguna untuk belajar lebih banyak tentang spesies yang terancam punah, atau bagaimana menarik minat pengguna untuk mengunjungi tempat wisata..
Email: [email protected]