Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Game Mechanic ini bertujuan untuk melatih peserta agar dapat memahami konsep fundamental pengembangan game mechanic yang diimplementasikan ke dalam bentuk Game Design Document (GDD) dan Animasi Prototipe Game Mechanic. Peserta yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan memiliki dasar analisis dan literasi bahasa. Materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini meliputi Physics Calculation, Avatar Controlling, Internal Economy, Linear dan Branching Progression. Metode pembelajaran yang digunakan merupakan kombinasi antara modul, video, dan praktikum mandiri.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Peserta mampu menganalisis berbagai mekanik dalam game
- Peserta mampu merancang mekanik utama dalam game
- Peserta mampu mendokumentasikan hasil rancangan dalam bentuk dokumen
Bobot
- 4 SKS (1 SKS @45 Jam)
Model Pembelajaran
- Instructor-Pace
Assessment
- Kuis : 40%
- Final Project: 60%
Referensi
- Adams, Ernest, 2012, Game Mechanics: Advanced Game Design, New Riders
Profil Dosen
Tiara Radinska Deanda, S.Sn., M.Ds.
Tiara Radinska Deanda merupakan dosen DKV Telkom University yang fokus mendalami bidang seni, desain dan pop culture. Beberapa penelitiannya terkait dengan pengembangan game, visual novel dan ragam produk kreatif berbasis visual. Saat ini dia tergabung dalam kelompok keahlian Medcraft (Media & Craftmanship)
Email: [email protected]
Arief Budiman S.Sn., M.Sn.
Lahir di Minangkabau 1990. Studinya sarjana dan magisternya dilahirkan dari ISI Jogjakarta. Kini membangun fondasi ilmu dan pengetahuan di Program Studi Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Sumatera. Fokus kajian keilmuan mengambil sudut branding berbasis sosial-budaya. Selain menyukai bacaan dan kajian sejarah, antropologi dan psikologi, ia juga menulis tentang seni rupa dan desain. Kolom seninya bisa dinikmati di Harian Analisa Medan, Sumatera Utara. Selain itu ia juga terlibat dalam proyek-proyek kuratorial seni rupa dan Fokus karya dan kajian Branding, Antropologi dan Sosial Desain
Email: [email protected]
Amir Hasanudin Fauzi, S.T., M.T.
Seorang gamer avid yang sengaja menjadi dosen untuk mendukung aktivitas gaming-nya. Banyak beraktivitas dalam pengembangan game. Riset yang dia lakukan selama ini adalah bagaimana mengimplementasikan video game untuk mengajak pengguna mempelajari lebih lanjut tentang peninggalan sejarah, atau mengajak pengguna untuk belajar lebih banyak tentang spesies yang terancam punah, atau bagaimana menarik minat pengguna untuk mengunjungi tempat wisata..
Email: [email protected]
Bambang Pudjoatmodjo S.T., M.T.
Bambang Pudjoatmodjo telah bekerja sebagai dosen sejak tahun 2002. Di awal 2011, ia mulai belajar tentang film skenario. Setelah itu, dia mengembangkan skenarionya untuk level game dan interaktif perangkat seperti realitas virtual, augmented realitas. Bambang dianugerahi gelar Master di keandalan perangkat lunak Universitas Langlangbuana versi. Selanjutnya, pada tahun 2017, ia menempuh pendidikan Ph.D. di Universitas Teknikal Malaysia Melaka (UTeM).
Email: [email protected]
Rickman Roedavan
(Rikman Aherliwan Rudawan, S.T., M.Kom.)
Penulis Best Seller Unity & Construct2 Tutorial Game Engine. Dosen Pemrograman Aplikasi Permainan sekaligus Pembina Laboratorium Riset Multimedia Telkom University. Pernah berkolaborasi dalam tiset internasional bersama Universiti Teknologi Melaka Malaysia (UTEM) dan Multimedia University (MMU) dalam pengembangan produk Game-based Learning. Sebelumnya bekerja sebagai Senior Programmer dan System Analyst di bidang Wargaming System dan Flight Simulator di BUMN PT. Dirgantara Indonesia (Persero)
Email: [email protected]