Skip to main content

Game Story


TELUx

Free

Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi

Mata kuliah Game Story ini bertujuan untuk melatih peserta agar dapat memahami konsep fundamental pengembangan game story dengan berbagai macam framework seperti Three-Act Structure, Freytag Pyramid atau Monomyth/Heroic Journey. Peserta yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan memiliki dasar analisis dan literasi bahasa. Metode pembelajaran yang digunakan merupakan kombinasi antara modul, video, dan praktikum mandiri. 

Capaian

  • Peserta mampu menganalisis alur cerita dalam game populer
  • Peserta mampu merancang cerita sesuai dengan framework storytelling
  • Peserta mampu mendokumentasikan hasil rancangan cerita dalam bentuk storyboard

Topik

  1. Game Story Introduction
  2. Pengenalan Game Storytelling
  3. Three Act Structure
  4. Freytag Pyramid
  5. Heroic Journey Call To Adventure
  6. Heroic Journey Supreme ordeal
  7. Game Designer Ideation
  8. Game Designer Premis
  9. Game Designer Transformation
  10. Game Designer Road Back
  11. Character Building
  12. World Building
  13. Implementasi Game Storytelling
  14. Studi Kasus: Eastern Storytelling
  15. Studi Kasus: Western Storytelling
  16. Game Story Evaluation
  17. Win/Lose Condition
PrasyaratTidak Ada
Bobot SKS2 SKS (1 SKS @45 Jam)
Model PembelajaranInstructor-Paced
Jenjang PendidikanS1/D4
Bidang IlmuTeknik Informatika
Tingkat Mata KuliahDasar
Versi PengembanganVersi Mata Kuliah 3.0

Textbook

  • Roedavan, R., 2018, Unity Tutorial Game Engine, Penerbit Informatika
  • Doran, John., 2015, Building an FPS Game With Unity, Packt

Teknologi & Sarana Pembelajaran

  1. LMS Open EDX: Untuk mengakses materi utama dan forum diskusi
  2. Discord: Untuk kolaborasi dan komunikasi
  3. Zoom: Untuk pertemuan virtual tatap muka
  4. Unity dan Visual Studio 2019 Community version: Untuk game engine 

Perangkat Keras & Perangkat Lunak

  1. Laptop/PC 
  2. OS : Windows 7, 64-bit versions only
  3. CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
  4. Graphics :  DX10, DX11, and DX12-capable GPUs
  5. Unity version: 2019.x, 2020.x, 2021.x 

Profil Dosen Pengampu

Tiara Radinska Deanda, S.Sn., M.Ds.

Tiara Radinska Deanda merupakan dosen DKV Telkom University yang fokus mendalami bidang seni, desain dan pop culture. Beberapa penelitiannya terkait dengan pengembangan game, visual novel dan ragam produk kreatif berbasis visual. Saat ini dia tergabung dalam kelompok keahlian Medcraft (Media & Craftmanship)

Email: [email protected]

 

Dosen Team Teaching

Arief Budiman S.Sn., M.Sn.

Lahir di Minangkabau 1990. Studinya sarjana dan magisternya dilahirkan dari ISI Jogjakarta. Kini membangun fondasi ilmu dan pengetahuan di Program Studi Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Sumatera. Fokus kajian keilmuan mengambil sudut branding berbasis sosial-budaya. Selain menyukai bacaan dan kajian sejarah, antropologi dan psikologi, ia juga menulis tentang seni rupa dan desain. Kolom seninya bisa dinikmati di Harian Analisa Medan, Sumatera Utara. Selain itu ia juga terlibat dalam proyek-proyek kuratorial seni rupa dan Fokus karya dan kajian Branding, Antropologi dan Sosial Desain

Email: [email protected]

Fattah Noor Prawita, S.T., M.T.
Dia merupakan dosen di Telkom University yang banyak melakukan riset dibidang Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Mixed Reality (MR). Merupakan salah satu pembina study grup yang berkaitan dengan aplikasi permainan dan software aplikasi. Saat ini dia menjabat sebagai Manager of Content Development di Center of eLearning and Open Education Telkom University. 

Email: [email protected]

Yahdi Siradj S.T., M.T.

Dia merupakan dosen di Telkom University yang banyak melakukan riset dibidang Aplikasi Permainan. Merupakan inisiator dalam pengembangan TeluCraft yaitu sebuat Metaverse Telkom University berbasis game Minceraft. Dia merupakan salah satu pembina study grup yang berkaitan dengan visualisasi digital 2D dan 3D. Saat ini dia menjabat sebagai Ketua Kelompok Keahlian di program studi Teknologi Rekayasa Multimedia (TRM). 

Email: [email protected]

Amir Hasanudin Fauzi, S.T., M.T.

Seorang gamer avid yang sengaja menjadi dosen untuk mendukung aktivitas gaming-nya. Banyak beraktivitas dalam pengembangan game. Riset yang dia lakukan selama ini adalah bagaimana mengimplementasikan video game untuk mengajak pengguna mempelajari lebih lanjut tentang peninggalan sejarah, atau mengajak pengguna untuk belajar lebih banyak tentang spesies yang terancam punah, atau bagaimana menarik minat pengguna untuk mengunjungi tempat wisata..

Email: [email protected]

 

Profil Mentor

Sritenaya Geovani Putri, S.Tr., Kom.

Alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) di PT. Ruang Teknologi Kreatif Nusantara (Cube Studio)  sekaligus Komisaris di PT. Parama Dimensi Kreatif Teknologi (Paradimensi). Menguasai konsep organisasi, leadership, bisnis plan dan entrepreneurship berbasis teknologi multimedia interaktif. Email: [email protected]

Alda Destiyana Fadhilah, S.Tr.Kom

Alda Destiyana Fadhilah merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini bekerja sebagai sebagai Account Manager di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Marketing. Email: [email protected]

Rienesa Darmawan, S.Tr.Kom

Rienesa Darmawan merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini bekerja sebagai sebagai Social Media Strategist di salah satu perusahaan teknologi nasional. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Marketing. Email: [email protected]

Salsabilla Noor Budi Astari, S.Tr.Kom

Salsabilla Noor Budi Astari merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Berpengalaman menjadi Customer Relation di PT. Ruang Teknologi Kreatif Nusantara dan saat ini bekerja sebagai sebagai Branch Support Strategist di PT. Sigzacindo Nusantara. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Content Creation. Email: [email protected] 

  1. Course Number

    MCGD0002
  2. Enrollment Start

  3. Enrollment End

    Dec 1, 2024
  4. Class Start

  5. Class End

    Dec 31, 2024
  6. Estimated Effort

    90 Hours at 16 Weeks
  7. Language

    Indonesian
  8. Course Type

    Instructor Paced
  9. Quota

    None
  10. Price

    Free
  11. Level

    Beginner
  12. IT
Courses from Same University
Recommended Courses
© 2024 ICE Institute. All rights reserved.