Skip to main content

Mastering IT Service Management with ITIL: History, Framework, and Key Concepts in Service Strategy, Design, Transition, Operation, and Continual Service Improvement


TELUx

IDR 254023.50

Activate your account first to access this course.

Deskripsi

Course ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai manajemen layanan teknologi informasi (TI) dan konsep umum dari framework IT Infrastructure Library (ITIL). Mahasiswa akan mempelajari sejarah, konsep, dan tinjauan manajemen layanan TI, serta memahami struktur dan siklus hidup layanan ITIL. Dengan fokus pada lima tahap siklus hidup layanan ITIL, yaitu service strategy, service design, service transition, service operation, dan continual service improvement, mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan mendalam mengenai proses, fungsi, dan prinsip kunci yang relevan dalam setiap tahap.

Capaian Pembelajaran Course:

  1. Memahami Pengertian dan Konsep Umum Manajemen Layanan TI dan ITIL:
    1. Mahasiswa mampu menjelaskan tinjauan, sejarah, dan konsep manajemen layanan teknologi informasi.
    2. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep ITIL Framework dan ITIL Service Lifecycle.
  2. Memahami Struktur dan Siklus Hidup Layanan ITIL:
    1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan struktur ITIL Service Lifecycle.
    2. Mahasiswa mampu menjelaskan maksud, tujuan, dan cakupan lima lifecycle ITIL (service strategy, service design, service transition, service operation, dan continual service improvement).
  3. Memahami Tahap Service Strategy:
    1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep proses dan fungsi, definisi kunci, dan prinsip kunci dalam service strategy.
  4. Memahami Tahap Service Design:
    1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep proses dan fungsi, definisi kunci, dan prinsip kunci dalam service design.
  5. Memahami Tahap Service Transition:
    1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep proses dan fungsi, definisi kunci, dan prinsip kunci dalam service transition.
  6. Memahami Tahap Service Operation:
    1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep proses dan fungsi, definisi kunci, dan prinsip kunci dalam service operation.
  7. Memahami Tahap Continual Service Improvement:
    1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep proses dan fungsi, definisi kunci, dan prinsip kunci dalam continual service improvement.

Dengan mengikuti course ini, mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola layanan TI secara efektif dan efisien, menggunakan pendekatan dan best practice dari ITIL framework.

 

Credit:2 SKS
Durasi:42 Jam Selama 7 Minggu
Prerequisite:Tidak ada

 

Pengembang

NOVIAN ANGGIS SUWASTIKA

NOVIAN ANGGIS SUWASTIKA, S.T., M.T

Dosen Universitas Telkom

Email : [email protected]

Add the content you want students to see on this page.

  1. Course Number

    ITH2M3
  2. Enrollment Start

  3. Enrollment End

    Sep 16, 2025
  4. Class Start

  5. Class End

    Sep 16, 2025
  6. Estimated Effort

    42 Hours
  7. Language

    Indonesian
  8. Course Type

    Self Paced
  9. Quota

    None
  10. Price

    IDR 254023.50
  11. Level

    Beginner
Courses from Same University
Recommended Courses
Enroll
© 2024 ICE Institute. All rights reserved.