Skip to main content

Template GP-TPS


TELUX

Free

Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Pembuatan Game Third Person Shooter (TPS) 3D ini bertujuan untuk melatih peserta agar dapat memahami konsep fundamental pengembangan game 3D yang diimplementasikan ke dalam bentuk bentuk micro-game TPS 3D. Peserta yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan memiliki dasar logika matematika dan algoritma pemrograman. Materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini meliputi Terrain System, Third Person Movement, Camera Rotation, dan Character Animation. Metode pembelajaran yang digunakan merupakan kombinasi antara modul, video, dan praktikum mandiri menggunakan “Predefined Game Project”. 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
Peserta mampu membuat pergerakan TPS berbasis PC
Peserta mampu mengelola animasi karakter berdasarkan input user
Peserta mampu membangun mekanik game bergenre TOS 3D

Bobot

  • 2 SKS (1 SKS @45 Jam)

Model Pembelajaran

  • Instructor-Pace

Jadwal Perkuliahan

  • Week 1: Materi Sesi 1-Sesi 2 (21 Feb 2022) : VC1
  • Week 2: Materi Sesi 3 (28 Feb 2022) : OL
  • Week 3: Materi Sesi 4 (7 Mar 2022) : OL
  • Week 4: Materi Sesi 5-Sesi 6 (14 Mar 2022) : VC2
  • Week 5: Materi Sesi 7-Sesi 8 (21 Mar 2022) : VC3
  • Week 6: Materi Sesi 9 (28 Mar 2022) : OL
  • Week 7: Materi Sesi 10 (4 Apr 2022) : OL
  • Week 8: Persiapan Final Project (5 Apr 2022) : VC4

Keterangan: VC (Video Conference/Synchronus), OL (Online/ASynchronus)

Assessment

  • Kuis : 40%
  • Final Project: 60%

Referensi

  • Roedavan, R., 2018, Unity Tutorial Game Engine, Penerbit Informatika
  • Eng, Lee Z., 2015, Building a Game with Unity and Blender, Packt

Profil Dosen

Rickman Roedavan
(Rikman Aherliwan Rudawan, S.T., M.Kom.)

Penulis Best Seller Unity & Construct2 Tutorial Game Engine. Dosen Pemrograman Aplikasi Permainan sekaligus Pembina Laboratorium Riset Multimedia Telkom University. Pernah berkolaborasi dalam tiset internasional bersama Universiti Teknologi Melaka Malaysia (UTEM) dan Multimedia University (MMU) dalam pengembangan produk Game-based Learning. Sebelumnya bekerja sebagai Senior Programmer dan System Analyst di bidang Wargaming System dan Flight Simulator di BUMN PT. Dirgantara Indonesia (Persero) 

Email: [email protected]

  1. Course Number

    MCGP0006
  2. Enrollment Start

  3. Enrollment End

    Feb 2, 2022
  4. Class Start

  5. Class End

    Feb 2, 2022
  6. Estimated Effort

    08:00
  7. Language

    Indonesian
  8. Course Type

    Instructor Paced
  9. Quota

    None
  10. Price

    Free
  11. Level

    Beginner
  12. IT
Courses from Same University
Recommended Courses
© 2024 ICE Institute. All rights reserved.