
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Game Story ini bertujuan untuk melatih peserta agar dapat memahami konsep fundamental pengembangan game story dengan berbagai macam framework seperti Three-Act Structure, Freytag Pyramid atau Monomyth/Heroic Journey. Peserta yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan memiliki dasar analisis dan literasi bahasa. Metode pembelajaran yang digunakan merupakan kombinasi antara modul, video, dan praktikum mandiri.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Peserta mampu menganalisis alur cerita dalam game populer
- Peserta mampu merancang cerita sesuai dengan framework storytelling
- Peserta mampu mendokumentasikan hasil rancangan cerita dalam bentuk storyboard
Bobot
- 2 SKS (1 SKS @45 Jam)
Model Pembelajaran
- Instructor-Pace
Jadwal Perkuliahan
- Week 1: Materi Sesi 1-Sesi 2 (14 Feb 2022) : VC1
- Week 2: Materi Sesi 3 (21 Feb 2022) : OL
- Week 3: Materi Sesi 4 (28 Feb 2022) : OL
- Week 4: Materi Sesi 5-Sesi 6 (7 Mar 2022) : VC2
- Week 5: Materi Sesi 7-Sesi 8 (14 Mar 2022) : VC3
- Week 6: Materi Sesi 9 (21 Mar 2022) : OL
- Week 7: Materi Sesi 10 (28 Mar 2022) : OL
- Week 8: Persiapan Final Project (4 Apr 2022) : VC4
Keterangan: VC (Video Conference/Synchronus), OL (Online/ASynchronus)
Assessment
- Kuis : 40%
- Final Project: 60%
Referensi
- Skolnick, Evan, 2014, Video Game Storytelling: What Every Developer Needs to Know about Narrative Techniques, Watson-Guptill
Profil Dosen
Rickman Roedavan
(Rikman Aherliwan Rudawan, S.T., M.Kom.)
Penulis Best Seller Unity & Construct2 Tutorial Game Engine. Dosen Pemrograman Aplikasi Permainan sekaligus Pembina Laboratorium Riset Multimedia Telkom University. Pernah berkolaborasi dalam tiset internasional bersama Universiti Teknologi Melaka Malaysia (UTEM) dan Multimedia University (MMU) dalam pengembangan produk Game-based Learning. Sebelumnya bekerja sebagai Senior Programmer dan System Analyst di bidang Wargaming System dan Flight Simulator di BUMN PT. Dirgantara Indonesia (Persero)
Email: [email protected]