
Deskripsi
Top Down Shooter 2D ini bertujuan untuk melatih peserta agar dapat memahami konsep fundamental pengembangan game 2D yang diimplementasikan ke dalam bentuk bentuk micro game Top Down Shooter 2D. Peserta yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan memiliki dasar logika matematika dan algoritma pemrograman. Materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini meliputi Single/Multiple Sprite, Vertical Tiled-Background, Enemy AI dan Win/Love Condition. Metode yang digunakan merupakan kombinasi antara modul, video, dan praktikum mandiri menggunakan “Predefined Game Project”. Asesmen pada mata kuliah adalah membuat project Top Down Shooter 2D yang hasilnya dievaluasi secara mandiri berdasarkan file “Completed Game Project”.
Capaian
- Mahasiswa mampu melakukan mengimport Tileset Image pada project Unity
- Mahasiswa mampu menerapkan mekanisme enemy
- Mahasiswa mampu menerapkan mekanik: Top Down Shooter 2D
Topik
- Import Sprite & Background
- Tilemap
- Create Player & Enemy Class
- Player Control
- Enemy Control & Movement Part 1
- Enemy Control & Movement Part 2
- Shooting Mechanism
- Bullet Pooling
- Bullet Collision & Damage Part 1
- Bullet Collision & Damage Part 2
- Score System
- Win/Lose Condition
Prasyarat | Tidak Ada |
Bobot SKS | 2 SKS (1 SKS @45 Jam) |
Model Pembelajaran | Instructor-Paced |
Jenjang Pendidikan | S1/D4 |
Bidang Ilmu | Game Technology |
Tingkat Mata Kuliah | Dasar |
Versi Pengembangan | Versi Mata Kuliah 3.0 |
Textbook
- Halpern, J. (2019). Developing 2D Games with Unity: Independent Game Programming with C#. Berkeley: Apress.
- Byl, P. d. (2015). Holistic Mobile Game Development with Unity. Burlington: Focal Press.
Teknologi & Sarana Pembelajaran
- LMS Open Edx: untuk mengakses materi dan forum
- Discord: untuk kolaborasi dan komunikasi
- Zoom: untuk pertemuan virtual tatap muka
- Unity dan Visual Studio 2019 Community version: untuk game engine
- Photon: untuk multiplayer sistem
Perangkat Keras & Perangkat Lunak
- Laptop/PC
- OS : Windows 7, 64-bit versions only
- CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
- Graphics : DX10, DX11, and DX12-capable GPUs
- Unity version: 2019.x, 2020.x, 2021.x
Profil Dosen Pengampu
Francisco Maruli Panggabean, S.Kom., M.TI.
Francisco Maruli Panggabean merupakan dosen lulusan Universitas Bina Nusantara tahun 2014 yang saat ini bekerja di Universitas Bina Nusantara sebagai Subject Content Coordinator bidang Game Technology. Saat ini bekerja sebagai dosen, mengajar mata kuliah yang berhubungan dengan Game Programming dan 3D Modeling, dan memiliki research of interest di bidang game dan gamification. Francisco sudah mengenal dan menggunakan game engine Unity sejak tahun 2013 dan mulai menggunakan software tersebut untuk tugas kuliah, eksplorasi pribadi, pengerjaan project, sampai menjadi tools yang digunakan dalam mengajar sejak tahun 2015. Berbekal ketertarikannya pada bidang game, Francisco juga sempat mempelajari 3D Modeling dan mulai mengajar mata kuliah tersebut dan mengintegrasikan kedua bidang tersebut dalam pengembangan game dan pengajaran.
Email: [email protected]
Mentor
Ivan Sebastian Edbert, S.Kom., M.Kom Ivan Sebastian Edbert merupakan dosen pada Computer Science Program di BINUS University dengan pengalaman bekerja di Industri (IT Consultant dan Startup). Lulus S1 dari program Sistem Informasi dan lulus S2 pada program Teknik Informatika di BINUS University. Sebagai Alumni dari Apple Developer Academy – BINUS Batch 2. Terampil dalam pengembangan aplikasi mobile berbasis iOS dan Android, Artificial Intelligence khususnya pada Computer Vision, dan Gamification. Email: [email protected] | Galih Dea Pratama, S.Kom, M.Kom. Galih Dea Pratama merupakan dosen pada Game Application and Technology Program di BINUS University, serta menyelesaikan studi S1 pada jurusan Teknik Informatika di Universitas Diponegoro dan studi S2 pada jurusan Teknik Informatika di BINUS University. Terampil dalam mengembangkan aplikasi berbasis web dan memiliki ketertarikan pada Game Design, Serious Games dan Gamification. Email: [email protected] |
Course's Feedback
4.0/5
1 assessment(s)