Skip to main content

Pembuatan Game Top-Down Shooter 2D


BINUSx

Free

Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi

Top Down Shooter 2D ini bertujuan untuk melatih peserta agar dapat memahami konsep fundamental pengembangan game 2D yang diimplementasikan ke dalam bentuk bentuk micro game Top Down Shooter 2D. Peserta yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan memiliki dasar logika matematika dan algoritma pemrograman. Materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini meliputi Single/Multiple Sprite, Vertical Tiled-Background, Enemy AI dan Win/Love Condition. Metode yang digunakan merupakan kombinasi antara modul, video, dan praktikum mandiri menggunakan “Predefined Game Project”. Asesmen pada mata kuliah adalah membuat project Top Down Shooter 2D yang hasilnya dievaluasi secara mandiri berdasarkan file “Completed Game Project”.

Capaian

  1. Mahasiswa mampu melakukan mengimport Tileset Image pada project Unity
  2. Mahasiswa mampu menerapkan mekanisme enemy 
  3. Mahasiswa mampu menerapkan mekanik: Top Down Shooter 2D 

Topik

  1. Import Sprite & Background 
  2. Tilemap 
  3. Create Player & Enemy Class 
  4. Player Control 
  5. Enemy Control & Movement Part 1
  6. Enemy Control & Movement Part 2
  7. Shooting Mechanism 
  8. Bullet Pooling 
  9. Bullet Collision & Damage Part 1
  10. Bullet Collision & Damage Part 2
  11. Score System 
  12. Win/Lose Condition 
PrasyaratTidak Ada
Bobot SKS2 SKS (1 SKS @45 Jam)
Model PembelajaranInstructor-Paced
Jenjang PendidikanS1/D4
Bidang IlmuGame Technology
Tingkat Mata KuliahDasar
Versi PengembanganVersi Mata Kuliah 3.0

Textbook

  • Halpern, J. (2019). Developing 2D Games with Unity: Independent Game Programming with C#. Berkeley: Apress. 
  • Byl, P. d. (2015). Holistic Mobile Game Development with Unity. Burlington: Focal Press.

Teknologi & Sarana Pembelajaran

  1. LMS Open Edx: untuk mengakses materi dan forum
  2. Discord: untuk kolaborasi dan komunikasi
  3. Zoom: untuk pertemuan virtual tatap muka
  4. Unity dan Visual Studio 2019 Community version: untuk game engine 
  5. Photon: untuk multiplayer sistem

Perangkat Keras & Perangkat Lunak

  1. Laptop/PC 
  2. OS : Windows 7, 64-bit versions only
  3. CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
  4. Graphics :  DX10, DX11, and DX12-capable GPUs
  5. Unity version: 2019.x, 2020.x, 2021.x

Profil Dosen Pengampu

 

 

Francisco Maruli Panggabean, S.Kom., M.TI.

Francisco Maruli Panggabean merupakan dosen lulusan Universitas Bina Nusantara tahun 2014 yang saat ini bekerja di Universitas Bina Nusantara sebagai Subject Content Coordinator bidang Game Technology. Saat ini bekerja sebagai dosen, mengajar mata kuliah yang berhubungan dengan Game Programming dan 3D Modeling, dan memiliki research of interest di bidang game dan gamification. Francisco sudah mengenal dan menggunakan game engine Unity sejak tahun 2013 dan mulai menggunakan software tersebut untuk tugas kuliah, eksplorasi pribadi, pengerjaan project, sampai menjadi tools yang digunakan dalam mengajar sejak tahun 2015. Berbekal ketertarikannya pada bidang game, Francisco juga sempat mempelajari 3D Modeling dan mulai mengajar mata kuliah tersebut dan mengintegrasikan kedua bidang tersebut dalam pengembangan game dan pengajaran.  

Email: [email protected]

  

Mentor

Ivan Sebastian Edbert, S.Kom., M.Kom

Ivan Sebastian Edbert merupakan dosen pada Computer Science Program di BINUS University dengan pengalaman bekerja di Industri (IT Consultant dan Startup). Lulus S1 dari program Sistem Informasi dan lulus S2 pada program Teknik Informatika di BINUS University. Sebagai Alumni dari Apple Developer Academy – BINUS Batch 2. Terampil dalam pengembangan aplikasi mobile berbasis iOS dan Android, Artificial Intelligence khususnya pada Computer Vision, dan Gamification. 

Email: [email protected]

Galih Dea Pratama, S.Kom, M.Kom.

Galih Dea Pratama merupakan dosen pada Game Application and Technology Program di BINUS University, serta menyelesaikan studi S1 pada jurusan Teknik Informatika di Universitas Diponegoro dan studi S2 pada jurusan Teknik Informatika di BINUS University. Terampil dalam mengembangkan aplikasi berbasis web dan memiliki ketertarikan pada Game Design, Serious Games dan Gamification.  

Email: [email protected] 

Course's Feedback

4.0/5

1 assessment(s)

  1. Course Number

    MCGP0004
  2. Enrollment Start

  3. Enrollment End

    Sep 1, 2024
  4. Class Start

  5. Class End

    Dec 31, 2024
  6. Estimated Effort

    90 Hours at 16 Weeks
  7. Language

    Indonesian
  8. Course Type

    Instructor Paced
  9. Quota

    None
  10. Price

    Free
  11. Level

    Beginner
  12. Programming
Courses from Same University
Recommended Courses
© 2024 ICE Institute. All rights reserved.