
Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah ini akan mempelajari pembuatan Games Side-Scrolling 2D Platformer dengan menggunakan tools Unity Game Engine. Materi di dalam mata kuliah ini akan membahas pembuatan game menggunakan Unity dari paling awal seperti membuat Objects dan memanipulasi Objects. Kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan cara untuk membuat simulasi gravitasi dan simulasi menggerakan Object karakter di dalam game menggunakan input pemain. Untuk membuat game lebih menarik, mata kuliah ini akan membawakan cara membuat animasi Objects menggunakan Asset yang sudah disediakan, health system sehingga pemain bisa kalah di dalam games, dan membuat enemy yang dapat menyerang pemain.
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat membuat game 2D side-scroller dengan fitur-fitur seperti: animasi, graphics, character movement, enemies, dan pick-ups.
Textbook:
- Halpern, J. (2019). Developing 2D Games with Unity: Independent Game Programming with C#. Berkeley: Apress.
- Byl, P. d. (2015). Holistic Mobile Game Development with Unity. Burlington: Focal Press.
Bobot sks: 2 (1 sks= 45 jam)
Model pembelajaran: Instructor-pace
Jadwal perkuliahan:
Week | 1 | 1 | 2 | 2 | 3 | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | 6 | 6 | 7 | 7 | 8 |
Sesi | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | Final project |
Mode | VC 1 | OL | OL | OL | OL | OL | VC 2 | VC 3 | OL | OL | OL | OL | OL | VC 4 | |
Quiz 1 | Quiz 2 | ||||||||||||||
Jadwal | 21-Feb-22 | 28-Feb-22 | 7-Mar-22 | 14-Mar-22 | 21-Mar-22 | 28-Mar-22 | 4-Apr-22 | 11-Apr-22 |
Keterangan:
- VC: Video Conference
- OL: Self Learning
Capaian Pembelajaran
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu memahami game side scrolling dan mempu memproduksi game side scrolling dengan menggunakan game engine Unity:
- Mahasiswa mampu menerapkan praktik terbaik pengembangan game
- Mahasiswa mampu membedakan prinsip dan dasar permainan
- Mahasiswa mampu menghasilkan game di mesin game
- Mahasiswa mampu membuat Platformer 2D gulir samping
Evaluation:
Evaluation: | Bobot |
Kuis | 40% |
Final Project | 60% |
Dosen Pengampu
Dosen 1 :
Thomas Galih Satria, S.Kom., M.TI.
email: [email protected]
Thomas Galih Satria merupakan lulusan Teknik Informatika – Sistem Multimedia dari Universitas Bina Nusantara pada tahun 2014 dengan topik Multiplayer Games menggunakan Game Engine Unity dan melanjutkan Magister Teknik Informatika – Software Engineering di Universitas Bina Nusantara yang selesai pada tahun 2016 dengan topik penelitan kontribusi game untuk anak autis menggunakan system dynamics.
Saat ini bekerja di Universitas Bina Nusantara sebagai Subject Content Coordinator untuk Game Art and Design dan aktif sebagai Dosen dengan topik penelitian berkaitan dengan games, gamification, dan serious games termasuk images processing.
Sejak 2016 aktif mengikuti kegiatan Worldskills Competition sebagai Expert di bidang Web Technologies dengan Training Center Kemendikbud dan Kemenaker. Pernah berkontribusi membawa medali emas di Worldskills Asia Abu-Dhabi tahun 2018 sebagai expert di bidang Web Design and Development.
Dosen 2:
Francisco Maruli Panggabean, S.Kom., M.TI.
email: [email protected]
Francisco Maruli Panggabean merupakan dosen lulusan Universitas Bina Nusantara tahun 2014 yang saat ini bekerja di Universitas Bina Nusantara sebagai Subject Content Coordinator bidang Game Technology. Saat ini bekerja sebagai dosen, mengajar mata kuliah yang berhubungan dengan Game Programming dan 3D Modeling, dan memiliki research of interest di bidang game dan gamification. Fransisco sudah mengenal dan menggunakan game engine Unity sejak tahun 2013 dan mulai menggunakan software tersebut untuk tugas kuliah, eksplorasi pribadi, pengerjaan project, sampai menjadi tools yang digunakan dalam mengajar sejak tahun 2015. Berbekal ketertarikannya pada bidang game, Francisco juga sempat mempelajari 3D Modeling dan mulai mengajar mata kuliah tersebut dan mengintegrasikan kedua bidang tersebut dalam pengembangan game dan pengajaran.