
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Building Microgame: Pong 2D ini bertujuan untuk melatih peserta agar dapat memahami konsep fundamental pengembangan game 2D yang diimplementasikan ke dalam bentuk bentuk micro game Pong 2D. Peserta yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan memiliki dasar logika matematika dan algoritma pemrograman. Materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini meliputi pemahaman konsep Sprite/Image, 2D game mechanic, Artificial Intelligence serta User Interface menggunakan aplikasi Unity 3D Game Engine. Metode yang digunakan merupakan kombinasi antara modul, video, dan praktikum mandiri menggunakan “Predefined Game Project”. Asesmen pada mata kuliah adalah membuat project Pong 2D yang hasilnya dievaluasi secara mandiri berdasarkan file “Completed Game Project”.
Textbook:
Lanzinger, F. (2019). Classic Game Design: From Pong to Pac-Man with Unity Second Edition
Bobot sks: 2 (1 sks= 45 Jam)
Model Pembelajaran: Instructor-pace
Jenjang Pendidikan : Strata 1 - S1
Bidang ilmu: Game Technology
Tingkat mata kuliah: Basic
Technology dan sarana pembelajaran:
- LMS Open Edx: untuk mengakses materi dan forum
- Discord: untuk kolaborasi dan komunikasi
- Zoom: untuk pertemuan virtual tatap muka
- Unity dan Visual Studio 2019 Community version: untuk game engine
- Photon: untuk multiplayer sistem
Perangkat hardware dan software yang dibutuhkan dengan spesifikasi minimum adalah:
- Laptop/PC
- OS : Windows 7, 64-bit versions only
- CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
- Graphics : DX10, DX11, and DX12-capable GPUs
- Unity version: 2019.x
Versi pengembangan mata kuliah: 1.1
Jadwal perkuliahan: 27 February 2023 - 22 April 2023
Week | 1 | 1 | 2 | 2 | 3 | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | 6 | 6 | 7 | 7 | 8 |
Sesi | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | Final project |
Mode | VC 1 | OL - 1 | OL - 2 | OL - 3 | OL - 4 | OL - 5 | VC 2 | VC 3 | OL - 6 | OL - 7 | OL - 8 | OL - 9 | OL - 10 | VC 4 | |
Quiz 1 | Quiz 2 | ||||||||||||||
Jadwal | 27-Feb-23 | 06-Mar | 13-Mar | 20-Mar | 27-Mar | 03-Apr | 10-Apr | 17-Apr |
Keterangan:
- VC: Video Conference
- OL: Self Learning
- Jadwal Video conference:
- VC1: 27 February 2023, 15.20-17.00
- VC2: 13 Maret 2023, 15.20-17.00
- VC3: 20 Maret 2023, 15.20-17.00
- VC4: 3 April 2023, 15.20-17.00
Capaian Pembelajaran
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu:
- Mahasiswa melakukan import Sprite/Image pada project Unity
- Mahasiswa membangun User Interace (UI) pada Canvas
- Mahasiswa menerapkan mekanik: PONG 2D
Topik-topik matakuliah ini:
- Sprite/Image
- Canvas Object
- User Interface Object
- PONG 2D Game Mechanic Part 1
- PONG 2D Game Mechanic Part 2
- PONG 2D Game Mechanic Part 3
- PONG 2D Game Mechanic Part 4
- Scoring System
- Win/Lose Condition Part 1
- Win/Lose Condition Part 2
Evaluation:
Evaluation: | Bobot |
Kuis 1 | 20% |
Kuis 2 | 20% |
Final Project | 60% |
Total | 100% |
Syarat kelulusan untuk mata kuliah Intro to Unity harus mencapai nilai akhir evaluasi minimum 51.
Segala bentuk tindak PLAGIARISME akan mendapatkan konsekuensi NILAI 0!
Komunikasi dan interaksi:
Komunikasi dilakukan dengan aktif di forum diskusi yang akan dijawab dan dibalas oleh mentor setiap harinya kecuali Sabtu-Minggu, jam 9.00-18.00 WIB.
Dosen Pengampu
Dimas Ramdhan, S.Kom., M.Kom
email: [email protected]
Dosen pada Program Game Application and Technology di BINUS University dengan pengalaman bekerja di industri (korporasi dan startup). Lulus S1 dari Program Game Application and Technologi serta lulus S2 pada Program Teknik Informatika di BINUS University. Terampil dalam pengembangan game khususnya pemodelan dan Animasi 3D, Desain Game dan mengkoordinasikan sebuah project. Aktif mengikuti kompetisi game development.
Mentor
Mentor 1:
Anderies, B.Eng., S.Kom., M.Kom.
Email: [email protected]
Anderies merupakan dosen di program Computer Science di BINUS University sekaligus tim Research Innovation Lab, Anderies memiliki pengalaman industri startup dalam pengembangan software (mobile application dan web application) berbasis service-oriented architecture. Lulus S1 program teknik informatika di Universitas Esa Unggul dan Nanjing Xiaozhuang University serta Lulus S2 pada program Teknik Informatika di BINUS University. Sekarang anderies berfokus pada bidang artificial intelligence pada desain game dan desain perangkat lunak.
Mentor 2:
Ivan Sebastian Edbert, S.Kom., M.Kom
Email: [email protected]
Ivan Sebastian Edbert merupakan dosen pada Computer Science Program di BINUS University dengan pengalaman bekerja di Industri (IT Consultant dan Startup). Lulus S1 dari program Sistem Informasi dan lulus S2 pada program Teknik Informatika di BINUS University. Sebagai Alumni dari Apple Developer Academy – BINUS Batch 2. Terampil dalam pengembangan aplikasi mobile berbasis iOS dan Android, Artificial Intelligence khususnya pada Computer Vision, dan Gamification.
Mentor 3:
Muhamad Keenan Ario, S.Kom., M.Kom.
Email: [email protected]
Muhamad Keenan Ario merupakan dosen Mobile Application and Technology di BINUS University dengan pengalaman industri sebagai mobile developer selama 7 tahun. Lulus S1 dari program Mobile Application and Technology dan lulus S2 pada program Teknik Informatika di BINUS University. Memiliki fokus dan keterampilan dalam pengembangan aplikasi berbasis mobile pada platform Android dan iOS. Serta berpengalaman dalam pengembangan gamifikasi pada aplikasi dan mobile game.
Mentor 4:
Risma Yulistiani, S.Kom., M.Kom.
Email: [email protected]
Risma Yulistiani merupakan dosen di program Computer Science Binus University, lulus S1 dari program Informatika di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta dan lulus S2 dari Magister Teknik Informatika Binus University. Fokus penelitian pada bidang Data Science, Kriptografi dan Artificial Intelligence khususnya pada signal processing dan Gamifikasi.
Mentor 5:
Alda Destiyana Fadhilah, S.Tr.Kom
Email: [email protected]
Alda Destiyana Fadhilah merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini bekerja sebagai sebagai Account Manager di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Marketing.
Mentor 6:
Rienesa Darmawan, S.Tr.Kom
Email: [email protected]
Rienesa Darmawan merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini bekerja sebagai sebagai Social Media Strategist di salah satu perusahaan teknologi nasional. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Marketing.
Mentor 7:
Salsabilla Noor Budi Astari, S.Tr.Kom
Email: [email protected]
Salsabilla Noor Budi Astari merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Berpengalaman menjadi Customer Relation di PT. Ruang Teknologi Kreatif Nusantara dan saat ini bekerja sebagai sebagai Branch Support Strategist di PT. Sigzacindo Nusantara. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Content Creation.