
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Building Microgame: Pong 2D ini bertujuan untuk melatih peserta agar dapat memahami konsep fundamental pengembangan game 2D yang diimplementasikan ke dalam bentuk bentuk micro game Pong 2D. Peserta yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan memiliki dasar logika matematika dan algoritma pemrograman. Materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini meliputi pemahaman konsep Sprite/Image, 2D game mechanic, Artificial Intelligence serta User Interface menggunakan aplikasi Unity 3D Game Engine. Metode yang digunakan merupakan kombinasi antara modul, video, dan praktikum mandiri menggunakan “Predefined Game Project”. Asesmen pada mata kuliah adalah membuat project Pong 2D yang hasilnya dievaluasi secara mandiri berdasarkan file “Completed Game Project”.
Textbook:
Lanzinger, F. (2019). Classic Game Design: From Pong to Pac-Man with Unity Second Edition
Bobot sks: 2 (1 sks= 45 Jam)
Model Pembelajaran: Instructor-pace
Jadwal perkuliahan:
Week | 1 | 1 | 2 | 2 | 3 | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | 6 | 6 | 7 | 7 | 8 |
Sesi | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | Final project |
Mode | VC 1 | OL | OL | OL | OL | OL | VC 2 | VC 3 | OL | OL | OL | OL | OL | VC 4 | |
Quiz 1 | Quiz 2 | ||||||||||||||
Jadwal | 21-Feb-22 | 28-Feb-22 | 7-Mar-22 | 14-Mar-22 | 21-Mar-22 | 28-Mar-22 | 4-Apr-22 | 11-Apr-22 |
Keterangan:
- VC: Video Conference
- OL: Self Learning
Capaian Pembelajaran
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu:
- Mahasiswa melakukan import Sprite/Image pada project Unity
- Mahasiswa membangun User Interace (UI) pada Canvas
- Mahasiswa menerapkan mekanik: PONG 2D
Evaluation:
Evaluation | Bobot |
Kuis | 40% |
Final project | 60% |
Dosen Pengampu
Dosen 1
Dimas Ramdhan, S.Kom.
email: [email protected]
Dosen pada Program Game Application and Technology di BINUS University dengan pengalaman bekerja di industri (korporasi dan startup). Lulus S1 dari Program Game Application and Technologi serta lulus S2 pada Program Teknik Informatika di BINUS University. Terampil dalam pengembangan game khususnya pemodelan dan Animasi 3D, Desain Game dan mengkoordinasikan sebuah project. Aktif mengikuti kompetisi game development.
Dosen 2
Muhamad Fajar, S.Kom.
email : [email protected]
Tenaga Pengajar pada Program Studi Game Application and Technology di Binus University. Telah menyelesaikan studi S1 dari Program Studi Game Application and Technology di School of Computer Science, Binus University. Pernah mendapatkan kesempatan beasiwa S2 pada pada Program Studi Teknik Informatika di Binus Graduate Program, Binus University. Terlibat langsung dalam mengerjakan projek-projek Virtual Reality, Augmented Reality dan Game Development di Institusi Pendidikan hingga BUMN. Serta, berpengalaman dalam berkolaborasi pada projek-projek multimedia seperti Graphic Design , UI/UX Design hingga Video Editing.