
Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah Introduction to Unity bertujuan untuk memperkenalkan Unity Game Engine secara konsep hingga praktek implementasi. Peserta diharapkan agar dapat memahami interface hingga fungsi dari setiap aspek pada Unity. Adapun mata kuliah ini akan membahas pegenalan Unity Interface, Pengenalan Gameobject, Asset Management, Package Manager hingga Build Project. Assestment pada mata kuliah ini ialah membuat File Executable Berbasis PC.
Textbook:
- Borromeo, N. A. (2020). Hands-on unity 2020 game development ed.
- Lavieri, E. (2018). Getting Started with Unity 2018: A Beginner's Guide to 2D and 3D game development with Unity. Packt Publishing Ltd.
- Thorn, A., Doran, J. P., Zucconi, A., & Palacios, J. (2019). Complete Unity 2018 Game Development: Explore techniques to build 2D/3D applications using real-world examples. Packt Publishing Ltd.
- Lanzinger, F. (2020). 2D Game Development with Unity. CRC+Press.
- Buttfield-Addison, P., Manning, J., & Nugent, T. (2019). Unity game development cookbook: essentials for every game. O'Reilly Media.
Prerequisite mata kuliah: tidak ada.
Bobot sks: 3 (1 sks= 45 Jam)
Model Pembelajaran: Instructor-pace
Jenjang Pendidikan : Strata 1 - S1
Bidang ilmu: Game Technology
Tingkat mata kuliah: Basic
Technology dan sarana pembelajaran:
- LMS Open Edx: untuk mengakses materi dan forum
- Discord: untuk kolaborasi dan komunikasi
- Zoom: untuk pertemuan virtual tatap muka
- Unity dan Visual Studio 2019 Community version: untuk game engine
- Photon: untuk multiplayer sistem
Perangkat hardware dan software yang dibutuhkan dengan spesifikasi minimum adalah:
- Laptop/PC
- OS : Windows 7, 64-bit versions only
- CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
- Graphics : DX10, DX11, and DX12-capable GPUs
- Unity version: 2019.x
Versi pengembangan mata kuliah: 1.1
Jadwal perkuliahan: 20 February 2023 - 22 April 2023
Week | 1 | 1 | 1 | 2 | 3 | 4 | 4 | 5 | 5 | 6 | 7 | 8 | 8 | 8 | 9 |
Sesi | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | Final project |
Mode | VC 1 | OL | VC 2 | VC 3 | OL | OL | OL | OL | OL | OL | OL | OL | OL | VC 4 | |
Quiz 1 | Quiz 2 | ||||||||||||||
Jadwal | 20-Feb | 27-Feb | 06-Mar | 13-Mar | 20-Mar | 27-Mar | 03-Apr | 10-Apr | 17-Apr |
Keterangan:
- VC: Video Conference
- OL: Self Learning
- Jadwal Video conference:
- VC1: 20 Feb 2023, 11.20 - 13.00
- VC2: 22 Feb 2023, 15.20 - 17.00
- VC3: 27 Feb 2023, 11.20 - 13.00
- VC4: 10 April 2023, 11.20 - 13.00
Capaian Pembelajaran
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu:
- Mahasiswa melakukan import Asset multimedia pada Unity Engine
- Mahasiswa membuat gameobject 2D dan 3D pada Unity Engine
- Mahasiswa membuat file executable berbasis PC/Desktop pada Unity Engine
Topik-topik matakuliah ini:
- Introduction to Unity Interface Part A
- Introduction to Unity Interface Part B
- Working with 2D Imported Assets
- Working with 3D Imported Assets
- Working with Scene and UI
- Working with 2D Game objects
- Working with 3D Game objects
- Unity Project Organizations
- Unity Package Manager
- Building The Project
Evaluation:
Evaluation: | Bobot |
Kuis 1 | 20% |
Kuis 2 | 20% |
Final Project | 60% |
Total | 100% |
Syarat kelulusan untuk mata kuliah Intro to Unity harus mencapai nilai akhir evaluasi minimum 51.
Segala bentuk tindak PLAGIARISME akan mendapatkan konsekuensi NILAI 0!
Komunikasi dan interaksi:
Komunikasi dilakukan dengan aktif di forum diskusi yang akan dijawab dan dibalas oleh mentor setiap harinya kecuali Sabtu-Minggu, jam 9.00-18.00 WIB.
Dosen Pengampu
Muhamad Fajar, S.Kom., M.Kom
email : [email protected]
Muhamad Fajar merupakan tenaga Pengajar pada Program Studi Game Application and Technology di Binus University. Telah menyelesaikan studi S1 dari Program Studi Game Application and Technology di School of Computer Science, Binus University. Pernah mendapatkan kesempatan beasiwa S2 pada pada Program Studi Teknik Informatika di Binus Graduate Program, Binus University. Terlibat langsung dalam mengerjakan projek-projek Virtual Reality, Augmented Reality dan Game Development di Institusi Pendidikan hingga BUMN. Serta, berpengalaman dalam berkolaborasi pada projek-projek multimedia seperti Graphic Design , UI/UX Design hingga Video Editing.
Mentor
Mentor 1:
Anderies, B.Eng., S.Kom., M.Kom.
Email: [email protected]
Anderies merupakan dosen di program Computer Science di BINUS University sekaligus tim Research Innovation Lab, Anderies memiliki pengalaman industri startup dalam pengembangan software (mobile application dan web application) berbasis service-oriented architecture. Lulus S1 program teknik informatika di Universitas Esa Unggul dan Nanjing Xiaozhuang University serta Lulus S2 pada program Teknik Informatika di BINUS University. Sekarang anderies berfokus pada bidang artificial intelligence pada desain game dan desain perangkat lunak.
Mentor 2:
Ivan Sebastian Edbert, S.Kom., M.Kom
Email: [email protected]
Ivan Sebastian Edbert merupakan dosen pada Computer Science Program di BINUS University dengan pengalaman bekerja di Industri (IT Consultant dan Startup). Lulus S1 dari program Sistem Informasi dan lulus S2 pada program Teknik Informatika di BINUS University. Sebagai Alumni dari Apple Developer Academy – BINUS Batch 2. Terampil dalam pengembangan aplikasi mobile berbasis iOS dan Android, Artificial Intelligence khususnya pada Computer Vision, dan Gamification.
Mentor 3:
Muhamad Keenan Ario, S.Kom., M.Kom.
Email: [email protected]
Muhamad Keenan Ario merupakan dosen Mobile Application and Technology di BINUS University dengan pengalaman industri sebagai mobile developer selama 7 tahun. Lulus S1 dari program Mobile Application and Technology dan lulus S2 pada program Teknik Informatika di BINUS University. Memiliki fokus dan keterampilan dalam pengembangan aplikasi berbasis mobile pada platform Android dan iOS. Serta berpengalaman dalam pengembangan gamifikasi pada aplikasi dan mobile game.
Mentor 4:
Risma Yulistiani, S.Kom., M.Kom.
Email: [email protected]
Risma Yulistiani merupakan dosen di program Computer Science Binus University, lulus S1 dari program Informatika di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta dan lulus S2 dari Magister Teknik Informatika Binus University. Fokus penelitian pada bidang Data Science, Kriptografi dan Artificial Intelligence khususnya pada signal processing dan Gamifikasi.
Mentor 5:
Alda Destiyana Fadhilah, S.Tr.Kom
Email: [email protected]
Alda Destiyana Fadhilah merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini bekerja sebagai sebagai Account Manager di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Marketing.
Mentor 6:
Rienesa Darmawan, S.Tr.Kom
Email: [email protected]
Rienesa Darmawan merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini bekerja sebagai sebagai Social Media Strategist di salah satu perusahaan teknologi nasional. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Marketing.
Mentor 7:
Salsabilla Noor Budi Astari, S.Tr.Kom
Email: [email protected]
Salsabilla Noor Budi Astari merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Berpengalaman menjadi Customer Relation di PT. Ruang Teknologi Kreatif Nusantara dan saat ini bekerja sebagai sebagai Branch Support Strategist di PT. Sigzacindo Nusantara. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Content Creation.