Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini tentang Bisnis Berkelanjutan. Salah satu topik kekinian dalam dunia bisnis. Perusahaan di saat ini memerlukan konsep keberlanjutan yang dapat mempertahankan keberadaan perusahaan dalam persaingan di pasar. Dunia bisnis berubah dengan sangat cepat. Globalisasi dan digitalisasi merupakan tantangan nyata yang dihadapi perusahaan saat ini. Hal ini tentunya memerlukan kompetensi dan kemahiran dalam menyikapi lingkungan internal dan eksternal perusahaan tersebut. Perusahaan yang mampu menerapkan konsep keberlanjutan akan mendapatkan banyak manfaat. Sehingga konsep keberlanjutan sangat penting dalam perusahaan. Pada intinya konsep keberlanjutan menyelaraskan hubungan lingkungan, manusia dan sosial. Dimana masa depan perusahaan akan bergantung pada tindakan saat ini.
Mata kuliah ini menyajikan konsep bisnis berkelanjutan dari sudut pandang manajemen. Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep bisnis berkelanjutan, mampu mengembangkan kompetensi dan kemahiran yang dibutuhkan dalam mengelola perusahaan dengan konsep berkelanjutan, memiliki wawasan global dan wawasan manajerial serta mampu menerapkannya di kehidupan nyata di tempat kerja dan yang terpenting juga dapat mengintegrasikan konsep keberlanjutan ke dalam fungsi bisnis inti perusahaan.
Bobot sks: 4
Prerequisite mata kuliah: tidak ada
Jenjang: S1
Durasi perkuliahan: 180 jam
Model pembelajaran: Self-Paced
Textbook:
- Nada R. Sanders and John D. Wood, (2019). Foundations of sustainable business: Theory, Function, and Strategy. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons. 2nd Edition. Wiley. ISBN: 978-1-119-57755
Capaian Pembelajaran
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendefinisikan keberlanjutan dan relevansinya dengan bisnis
- Mengidentifikasi peran kerangka hukum, keuangan. dan akuntansi dalam keberlanjutan perusahaan
- Mengkaji strategi bisnis untuk pembangunan berkelanjutan
- Menerapkan konsep keberlanjutan ke dalam strategi bisnis organisasi
Evaluation
Evaluation |
Bobot |
Post-test | 50% |
Final Assignment | 50% |
Syarat kelulusan untuk mata kuliah ini harus mencapai nilai akhir evaluasi minimum 70.
Dosen pengampu
Lianna Wijaya, A.Md., S.E., M.MSI
Email: [email protected]
Lianna Wijaya merupakan dosen Jurusan Manajemen, BINUS Online, Universitas Bina Nusantara. Memiliki kemampuan dalam manajemen strategis, manajemen perubahan, mengelola inovasi dan keberlanjutan bisnis. Ia memulai karir sebagai praktisi di industri perhotelan dan pariwisata selama 15 tahun. Beliau lulus dengan predikat Cumlaude dari program Doktor Ilmu Ekonomi konsentrasi pada Manajemen Jasa di Universitas Trisakti. Minat penelitiannya meliputi manajemen, pemasaran, pariwisata, kecerdasan buatan perhotelan, internet of things dan pendidikan. Beliau menjadi Technical Committee di beberapa conference internasional yaitu ICCMB 2024 dan ICBIR 2024.
Course's Feedback
3.75/5
2 assessment(s)