Deskripsi Mata Kuliah
Manajemen Pemasaran Pariwisata merupakan mata kuliah yang menawarkan konsep, wawasan, dan contoh-contoh praktik manajemen pemasaran yang menjadi kompetensi kunci bagi mahasiswa yang mempelajari pengelolaan organisasi yang menyediakan produk dan layanan pariwisata maupun destinasi pariwisata. Manajemen Pemasaran Pariwisata menggambarkan cara organisasi yang bergerak dalam kepariwisataan (menyediakan produk/jasa pariwisata) dan destinasi wisata mencapai tujuan pemasaran dengan menentukan sasaran pasar wisatawan yang spesifik dan menggunakan sumber daya pemasaran untuk melayani sasaran pasar dengan baik. Pemasaran adalah suatu proses yang sistematis dan mendalam untuk menyusun rencana pasar. Semua proses dan upaya ini dilakukan lebih unggul dibandingkan pesaing dan dalam era perkembangan teknologi. Penekanan dalam mata kuliah Manajemen Pemasaran Pariwisata adalah pemahaman tentang nilai konsumen (customer value) dalam bentuk pengalaman berwisata dan bagaimana mengembangkan customer value tersebut menjadi market offering, yaitu produk wisata yang berkualitas, harga yang tepat, distribusi/penempatan produk wisata, promosi pariwisata, dan aspek bauran pemasaran pariwisata lainnya. Manajemen Pemasaran Pariwisata juga meliputi pemahaman terhadap situasi persaingan dan penciptaan market offering yang berorientasi pesaing.
Bobot : 3 SKS
Jenjang : S1
Durasi : 14 Minggu
Capaian Pembelajaran
1. Menyusun rencana pemasaran pariwisata termasuk penetapan biaya, branding, dan distribusi
2. Menguasai konsep manajemen pemasaran pada konteks pariwisata