
Deskripsi
Course Pedagogy for Educational Game merupakan course daring mengenai pedagogi dalam pembuatan gim pendidikan. Dalam course ini, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan pengatahuan pedagogi dalam pembuatan game pendidikan. Mahasiswa akan mempelajari pedagogi dan andragogi, teori-teori pembelajaran, teknik penilaian, peenggunaan teknologi dalam pembelajaran, dan pengembangan game pendidikan. Course ini merupakan mata kuliah daring berbasis project dan merupakan bagian dari Educational Game Developer. Mahasiswa akan belajar secara daring dengan panduan pengajar yang professional di bidangnya. Terdapat materi dan audio visual berupa tutorial yang dapat diakses dan dipelajari secara mandiri oleh peserta. Pada akhirnya pengukuran kompetensi dilakukan melalui pengumpulan esai terkait penerapan gamifikasi pada materi ajar K12..
TUJUAN PROGRAM
Modul pembelajaran Pedagogy for Educational Game ini memiliki tujuan sebagai berikut:
- Memberikan pengetahuan bagi individu pembelajar tentang teori-teori pendidikan dan pembelajaran;
- Memberikan keterampilan bagi individu pembelajar dalam menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran dalam pengembanngan game pendidikan.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM
Setelah mengikuti MK Pedagogy for Educational Game mahasiswa diharapkan dapat menjadi seorang lulusan yang kompeten untuk menerapkan pengetahuan pedagogi dalam pembuatan gim pendidikan
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH / COURSE
Capaian pembelajaran mata kuliah ini adalah sebagai berikut
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pedagogi
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian andragogi dan membandingkannya dengan pedagogi
- Mahasiswa dapat menjelaskan materi pedagogi dan andragogi dalam pembuatan gim pendidikan
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori behaviorisme dan kognitivisme
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori kontruktivisme dan teori konektivisme
- Mahasiwa dapat memilih strategi dan teknik pembelajaran yang sesuai untuk materi tertentu
- Mahasiswa dapat merancang penilaian dan pemberian umpan balik
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori e-learning dan peluang serta tantangannya
- Mahasiswa dapat menjelaskan materi konstruktivisme dan konektivisme dalam pembuatan gim pendidikan
- Mahasiswa dapat menjelaskan tiga prinsip penggunaan teknologi dalam pembelajaran
- Mahasiswa dapat menjelaskan pembelajaran berbasis game; dan menganalisis pembelajaran berbasis game yang menstimulus emosional, intelektual, dan psikomotor
Mahasiswa dapat menjabarkan konsep dasar, perbedaan dan contoh dari gamifikasi dan game-based learning.
COURSE OUTLINE
Pedagogi
Andragogi
Behaviorisme
Kontruktivisme
Kognivisme
Konektivisme
Strategi dan Teknik Pembelajaran
Teknik Penilaian
E-Learning
Prinsip Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran
Pembelajaran Berbasis Game
Dosen
Sendi Ramdhani Email : [email protected] Profil Dosen : Dr. Sendi Ramdhani, M.Pd. merupakan Dosen Program Studi Magister Pendidikan Dasar Universitas Terbuka. Bidang minatnya meliputi Pembelajaran Matematika, Aplikasi Teknologi dalam Pembelajaran Matematika, dan Evaluasi Pembelajaran. Ia memperoleh gelar S1 Sarjana Pendidikan Matemarika di UIN SGD Bandung, gelar Magister dan Doktor Pendidikan Matematika di Universitas Pendidikan Indonesia. | Dr. Tuti Purwoningsih, S.Pd., M.Sc. Email : [email protected] Profil Dosen : Dr. Tuti Purwoningsih adalah dosen pada program studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan dan Keguruan Universitas Terbuka (FKIP-UT), Indonesia. Meraih gelar Sarjana Pendidikan Fisika dari Universitas Negeri Jakarta (2002), gelar Magister Ilmu Fisika dari Universitas Gadjah Mada (2011), dan Doktor Ilmu Komputer di Universitas Indonesia (2022). Sekembalinya dari studi doktoral, ia ditugaskan sebagai Koordinator Bidang Evaluasi Program dan Akreditasi pada Kantor Wakil Rektor Bidang Akademik. Minat penelitiannya adalah data science, machine learning dan learning analytics pada bidang Pendidikan. |