
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas konsep, fungsi permasaran, faktor-faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran produk pertanian, elastisitas dan value chain produk pertanian; transformasi pasar produk pertanian; fluktuasi harga produk pertanian, struktur pasar, hambatan tarif dan non tarif, infrastruktur dan sistem logistik produk pertanian serta pemasaran digital dan kebijakan-kebijakan yang terkait tataniaga pertanian.
Bobot : 3 SKS
Jenjang : S1
Durasi : 14 Minggu
Capaian Pembelajaran
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan :
- Mahasiswa mampu mengemukakan arti, ruang lingkup, fungsi dan pendekatan studi karakteristik produk pertanian
- Mahasiswa mampu menganalisis saluran dan lembaga tataniaga
- Mahasiswa mampu menerapkan teori permintaan dan penawaran hasil-hasil pertanian
- Mahasiswa mampu mengemukakan struktur pasar hasil-hasil pertanian
- Mahasiswa mampu mengemukakan harga – harga hasil pertanian
- Mahasiswa mampu menganalisis margin, biaya dan estimasi tataniaga
- Mahasiswa mampu menggunakan alat-alat analisis tataniaga sederhana
- Mahasiswa mampu menggambarkan permasalahan tataniaga yang dihadapi petani produsen dan beberapa usaha perbaikanny
- Mahasiswa mampu menganalisis pemasaran dan perdagangan internasional
Dosen Pengampu
Venty Fitriany, S.E., M.Si., M.Sc.
Email: [email protected]
Profil Dosen :
- Dosen Universitas Terbuka
- Menyelesaikan studi Double Degree Indonesia-Jerman dengan Beasiswa BU DIKTI