
Deskripsi Mata Kuliah
tentang konsep dan praktik tata kelola dalam bidang pelayanan umum atau pelayanan publik. Berbeda dengan urusan lembaga privat atau swasta, pelayanan dalam urusan lembaga publik mempunyai fokus yang harus diutamakan, yaitu pemenuhan hak-hak publik. Pelayanan publik juga mempunyai tantangan tersendiri, yaitu bagaimana tata kelola manajemen untuk mengejar ketertinggalan dalam isu kenyamanan dan kepastian dalam pelayanan.
Untuk menjawab tantangan itu, mata kuliah ini berfokus pada beberapa pembahasan, yaitu pengantar tentang pelayanan publik, perkembangan teori pelayanan publik, praktik pengalamanan dalam pelayanan publik, dan masa depan pelayanan publik. Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dinamika dan permasalahan dalam pelayanan publik. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mempunyai modal dasar ketika menjadi peneliti atau praktisi pelayanan publik, yaitu pengetahuan konsep dan skill praktik dalam pelayanan publik.
Bobot sks: 3
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan-permasalahan manajemen pelayanan publik.
Dosen Pengampu
Dr. Siti Aisyah, M.Si.