DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membekali mahasiswa calon guru dan tenaga kependidikan tentang kurikulum dan pembelajaran yang meliputi hakikat kurikulum (kedudukan, pengertian, fungsi, dan peranan kurikulum) ; komponen-komponen kurikulum; landasan-landasan pengembangan kurikulum; prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; pendekatan dan model kurikulum; evaluasi dan inovasi kurikulum; hakekat belajar dan pembelajaran; komponen-komponen pembelajaran; prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran; model pembelajaran; dan inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran menekankan pada aktivitas mahasiswa melalui kegiatan diskusi atau pemecahan masalah dan mengoptimalkan penelusuran sumber-sumber belajar yang relevan dan mutakhir, termasuk hasil browsing pada situs-situs di internet. Pembahasan permasalahan dilakukan secara bersama-sama oleh dosen dan mahasiswa, diakhiri dengan elaborasi mengenai materi perkuliahan oleh dosen pengampu mata kuliah.
Capaian Pembelajaran Program Studi (CPPS)
S1 : Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2 : Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
S3 : Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S8 : Menjaga pola hidup, taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S10 : Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
P2 : Konsep teoretis teknologi pendidikan secara mendalam meliputi aspek perancangan, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi teknologi pendidikan);
KU1 : Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi IPTEK yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian teknologi pendidikan, kurikulum dan pembelajaran;
KU5: Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahlian teknologi pendidikan , kurikulum dan pembelajaran berdasarkan hasil analisis informasi dan latar;
KK1 : Memformulasikan penyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang teknologi pendidikan Melalui analisis teori pendidikan, kurikulum dan pembelajaran secara umum.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH (CPM)
S1 : Menunjukkan sikap religi
S2 : Memiliki toleransi terhadap teman lain
S3 : Menunjukkan sikap dan perilaku yang baik dan beretika
S8 : Memiliki kedisiplinan dan taat hukum terhdap peraturan yang disepakati dalam proses pembelajaran
S10 : Memiliki sikap tanggungjawab terhadap tugas dan peran yang diberikan sebagai mahasiswa dan calon teknolog pendidikan
P2 : Konsep teoretis teknologi pendidikan secara mendalam meliputi aspek perancangan, pengembangan,
pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi teknologi pendidikan
KU1 : Mengembangkan kemampuan menulis ilmiah berdasarkan hasil kajian pustaka dan kajian lapangan
KU5 : Mengelola dan memelihara jejaring dibidang kepustakawanan dengan perpustakaan yang ada di lingkungan sekitar
KK5 : Menyelesaikan permasalahan Melalui analisis teori tentang kajian etika profesi teknologi pendidikan
PETUNJUK BELAJAR
Perkulihan dilaksanakan secara daring (online) sebanyak atau setara dengan 16 kali pertemuan termasuk ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Dalam pembelajaran daring ini mahasiswa didorong untuk lebih aktif baik dalam kegiatan di ruang belajar tatap maya (sinkronus) maupun dalam kegiatan di ruang belajar mandiri dan kelompok (asinkronus) seperti pencarian informasi yang berhubungan dengan materi perkuliahan, mengerjakan kuis, dan mengerjakan penugasan-penugasan lain baik bersifat individu maupun kelompok.
Kontak
Angga Hadiapurwa
[email protected]