Deskripsi
Mata kuliah ini membekali mahasiswa calon guru dan tenaga kependidikan tentang kurikulum dan pembelajaran yang meliputi hakikat kurikulum (kedudukan, pengertian, fungsi, dan peranan kurikulum); komponen-komponen kurikulum; landasan-landasan pengembangan kurikulum; prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; pendekatan dan model kurikulum; evaluasi dan inovasi kurikulum; hakekat belajar dan pembelajaran; komponen-komponen pembelajaran; prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran; model pembelajaran; dan inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran menekankan pada aktivitas mahasiswa melalui kegiatan diskusi atau pemecahan masalah dan mengoptimalkan penelusuran sumber-sumber belajar yang relevan dan mutakhir, termasuk hasil browsing pada situs-situs di internet. Pembahasan permasalahan dilakukan secara bersama-sama oleh dosen dan mahasiswa, diakhiri dengan elaborasi mengenai materi perkuliahan oleh dosen pengampu mata kuliah.
Bobot = 2 SKS
Capaian Pembelajaran
S. 6 bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S. 9 menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pembelajaran secara mandiri.
P.5 menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan;
KU.1 mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU.7 mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
KK 1. memberikan layanan pembelajaran yang mendidik kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya;
Dosen Pengampu
Dr. H. Rudi Susilana, M.Si.
Dr. H. Asep Herry Hernawan, M.Pd.
Dr. Laksmi Dewi, M.Pd.
Dadi Mulyadi, M.T.
Ardiansah, M.I.Kom.