Deskripsi
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keahlian inti. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa akan memiliki sikap, pengetahuan, dan keteranpilan yang baik dalam menerapkan pembelajaran bilangan dan pengolahan data di SD. Perkuliahan ini akan membekali mahasiswa untuk memahami mengenai Definisi Matematika , Pembelajaran matematika di SD,Pembelajaran Etnomatematika Sunda ,Teori Belajar Matematika,Perkembangan Kurikulum Matematika SD,Bilangan cacah,Perpangkatan dan penarikan akar, Bilangan bulat, Bilangan Romawi,Bilangan Ganjl dan Genap,FPB dan KPK,Aritmetika Sosial,Pembelajaran Bilangan Rasional,Pengantar Statistika di SD dan Konsep pengolahan data . Kajian tersebut sangat penting bagi mahasiswa untuk dapat mengajar matematika kepada siswa SD sesuai dengan kurikulum SD.Proses pembelajaran yang dilakukan dengan ekspositori daring , diskusi, presentasi,tanya jawab dan penugasan. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan UTS, UAS, dan kuis.
Bobot = 3 SKS
Capaian Pembelajaran
S14 Bersikap dan berperilaku ilmiah, edukatif dan religius, serta silih asih, silih asah, silih asuh dalam lingkungan kerja dan kehidupan bermasyarakat
P7 Menguasai integrasi teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian, serta komunikasi dalam pembelajaran di SD
KU 11 Mampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi (learning and innovation skills), penguasaan informasi, media, dan teknologi (information, media, and technology skills), dan pengembangan karier dan kecakapan hidup (life and career skills)
KK3 Mampu memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran di SD
Dosen Pengampu
Supriadi