Skip to main content

Instructional Game Design


UPHx

Free

Enrollment in this course is by invitation only

SELAMAT DATANG DI COURSE INSTRUCTIONAL GAME DESIGN

Course Instructional Game Design adalah course daring yang ditujukan bagi para mahasiswa atau mereka yang berprofesi sebagai seorang game designer atau instructional designer yang memiliki passion dalam mendesain dan merancang game untuk Edukasi (Educational Game). Pada course ini, mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dasar terkait game, element game, juga metode desain instruksional : gamifikasi/game-based learning yang dapat diterapkan untuk pembuatan sebuah Game Edukasi. Mahasiswa juga akan mempraktekkan bagaimana proses merancang game Edukasi dengan menggunakan pendekatan Desain Thinking. Mahasiswa akan berlatih membuat Game Design Document dan Storyboard visual untuk menghasilkan UI/UX prototype game Edukasi berbentuk Visual Novel yang menarik. Course ini merupakan mata kuliah daring berbasis project yang harus ditempuh selama kurang lebih 25 jam pembelajaran. Siswa akan belajar secara daring dengan panduan pengajar yang professional di bidangnya. Terdapat materi dan audio visual berupa video lecture yang dapat diakses dan dipelajari secara mandiri oleh siswa. Pada akhirnya pengukuran kompetensi dilakukan melalui pengumpulan portfolio Game Design Document dan Storyboard yang menunjukkan perancangan UI/UX atau game flow dari Game Visual Novel yang dikembangkan sendiri oleh siswa.

Bobot sks : 3

Pre-requirement : Mengikuti Course Pedagogy for Educational Game
 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa mampu menjabarkan konsep dasar gamifikasi dan game-based learning;
  2. Siswa mampu menelaah dan menemukan elemen gamifikasi dalam materi ajar;
  3. Siswa mampu mengkreasikan sebuah desain game bertipe visual novel dalam bentuk game design document dan visual storyboard dengan mengintegrasikan konsep dan element gamifikasi.

 

COURSE OUTLINE

INTRODUCTION

Topik 1: Educational vs Entertainment Game

Topik 2: Aspect in Educational Game Development

Topik 3:  Instructional Game Design

Topik 4: Story-based Learning

Topik 5: Scenario-based Learning

PROJECT INITIATION

Topik 6: Design Thinking for Instructional Design,

               Phase 1 "Emphatize & Phase 2 "Define Problem"

Topik 7-1: Phase 3 "Ideate"

Topik 7-2: Tutorial/Problem Solving Phase 1-3

Topik 8: Phase 4 "Prototype"

Topik 9-1: Phase 5 "Testing"

Topik 9-2: Tutorial/Problem Solving Phase 4-5

 

Pengajar

Anita Suhendro, S.Kom., M.Pd

[email protected]

I am an Instructional Designer who have skills in designing the instruction for Online Learning courseware. I have passion in story telling, graphic design, designing UI|UX for learning object, multimedia and do gamification. As an educator, i try to implement and improves my skills through lecturing, trainings, provide workshops and mentoring sessions related to Instructional Design, Online and Blended Learning and Gamification.

 

 

 

 

REFERENSI

Boller, S., & Kapp, K. M. (2017). Play to Learn : Everything You Need to Know About Designing Effective Learning Games. Association For Talent Development.

Chou, Y.-K. (2019). Actionable Gamification : Beyond Points, Badges, and Leaderboards. Packt Publishing.

Daul, S. (2014). Game Design for Learning. American Society for Training & Development.

Ennio De Nucci, & Adam Kramarzewski. (2018). Practical Game Design : Learn the Art of Game Design Through Applicable Skills and Cutting-edge Insights. Packt Publishing.

Tobias, S. (2011). Computer Games and Instruction. Information Age Publishing; ISBN : 9781617354083. 9781617354106. Accessed June 15, 2022. https://ezproxy.library.uph.edu:2110/login.aspx?direct=true&db=nlebk&AN=469781&site=ehost-live

  1. Course Number

    MCED0005
  2. Enrollment Start

  3. Enrollment End

  4. Class Start

  5. Class End

    Nov 30, 2023
  6. Estimated Effort

    10
  7. Language

    Indonesian
  8. Course Type

    Instructor Paced
  9. Quota

    None
  10. Price

    Free
  11. Level

    Beginner
Courses from Same University
Recommended Courses
© 2024 ICE Institute. All rights reserved.