Deskripsi mata kuliah :
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali anda dengan berbagai macam materi seputar marketing public relations. Materi yang akan dibahas antara lain yaitu pembahasan perbedaan marketing dan marketing public relations, komunikasi yang dibangun dalam marketing public relations, brand awareness dan brand experience yang sangat penting dalam dunia MPR. Selain itu akan dibahas bagaimana melakukan perencanaan di dalam kegiatan marketing public relations, konsep psikologi dalam konten marketing public relations, penggunaan Bahasa dan identifikasi dalam marketing public relations hingga pembuatan konten marketing public relations mulai dari video, image, hingga podcast. Serta pembahasan UI/UX yang dapat dilakukan di dalam kegiatan marketing public relations.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
·CPMK-1 Mampu Menjabarkan Konsep Dasar Dari Marketing Public Relations
·CPMK-2 Mampu Memahami Cara Kerja Pada Marketing Public Relations
·CPMK-3 Mampu Memahami Jenis Pendekatan Konten Pada Marketing Public Relations
·CPMK-4 Mampu Membuat dan Menganalisis Konten Marketing PR Pada Sosial Media
Beban belajar : 3 SKS dengan tingkat kesulitan intermediate
Profil Tim Dosen Mata Kuliah Marketing Public Relations
Nama |
Menati Fajar Rizki, M.I.Kom |
Foto
|
|
Biografi Singkat
|
Menati fajar rizki atau akrab disapa bu mei, merupakan dosen dari Program Studi Hubungan Masyarakat Dan Komunikasi Digital Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. Ia mengambil jurusan magister marketing communications dan mendalami bidang marcomm. Bu mei aktif sebagai editor in chief jurnal Communicology: Jurnal ilmu komunikasi. |
|
|
Bidang kajian |
Marketing Public Relations; Marketing Communications; Komunikasi Bisnis; Riset Humas; Enterpreneurship |
Nama |
Mentari Anugrah Imsa, M.Si |
Foto
|
|
Biografi Singkat
|
Ibu mentari merupakan dosen dari Program Studi Hubungan Masyarakat Dan Komunikasi Digital Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta yang sangat aktif di kegiatan konferensi internasional. Ibu mentari berpengalaman pada bidang business development executive pada marketing research indonesia serta planning and scheduling pada SEA Today yang sangat terkait pada mata kuliah ini. |
|
|
Bidang kajian |
Digital PR, Videografi, Komunikasi Visual, Media PR |
|
|
Nama |
Abdul Kholik, M.I.Kom |
Foto
|
|
Biografi Singkat
|
Bapak Abdul Kholik merupakan dosen dari Program Studi Hubungan Masyarakat Dan Komunikasi Digital Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta yang sangat menyukai dunia web design. Beliau memiliki pengalaman sebagai marketing assistant dan coordinate examination and assessment processes. Bapak Abdul aktif sebagai pembina mahasiswa baik ormawa maupun opmawa. |
|
|
Bidang kajian |
Manajemen Event, Aplikasi Komputer, Komunikasi Visual, Digital Journalism |
Tabel 1. Format Penilaian Mata Kuliah Marketing Public Relations
PENILAIAN |
KETERANGAN |
Kuis |
Nilai latihan akan didapat dari soal pada beberapa sesi dengan total 25 % |
Tugas |
Nilai tugas akan didapat dari soal pada beberapa sesi dengan total 35 % |
Ujian Akhir |
Nilai ujian akhir akan didapat dari mengerjakan soal ujian akhir total 40 % |
Skema Kelulusan pada mata kuliah marketing public relations adalah 70% dari total Latihan, Tugas dan Ujian Akhir. Penjelasannya seperti pada tabel 5 di bawah ini;
Tabel 2. Nilai Kelulusan Mata Kuliah Marketing Public Relations
Gagal < 70 %
|
Jika nilai akhir yang Anda dapatkan kurang dari 70% berarti Anda gagal dalam mengikuti mata kuliah ini. |
Lulus > 70%
|
Jika nilai akhir yang Anda dapatkan Lebih dari 70% berarti Anda telah lulus dalam mengikuti mata kuliah ini dan mendapatkan Sertifikat Kelulusan. |