Skip to main content

Panduan Capstone Project PMGD


UIx

Free

Enrollment in this course is by invitation only

1. Deskripsi Mata Kuliah
Program Capstone Project ini merupakan inisiatif kolaboratif yang bertujuan untuk mengintegrasikan empat stream utama dalam kurikulum kami. Tujuan utama dari program ini adalah untuk memberikan pengalaman praktis kepada para mahasiswa dalam pengembangan game, sambil mendapatkan panduan dan bimbingan intensif dari mentor yang berpengalaman dalam industri game. Hasil akhir dari program ini adalah prototipe produk game yang dapat berfokus pada tiga jenis kategori utama: educational game, serious game, atau entertainment game. 

Dalam Capstone Project ini, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari dalam empat stream kurikulum, yaitu desain game, pemrograman, seni dan desain, serta manajemen proyek. Mereka akan bekerja sama secara tim, menggabungkan keahlian mereka untuk menciptakan game yang inovatif dan menarik. Mentor yang ditugaskan akan memberikan arahan yang mendalam, memastikan bahwa setiap langkah dalam pengembangan game dilakukan dengan baik, dan membantu mahasiswa mengatasi tantangan yang mungkin muncul selama proses pengembangan. Hasil akhir dari program ini, yakni prototipe produk game, akan mencerminkan dedikasi, kerja keras, dan kerja sama tim mahasiswa. Produk ini dapat berfungsi sebagai media pendidikan, alat simulasi atau pelatihan, atau game yang menghibur. Program Capstone Project ini tidak hanya memberikan pengalaman praktis yang berharga bagi mahasiswa, tetapi juga dapat menghasilkan produk yang memiliki potensi untuk memberikan dampak positif dalam berbagai konteks, baik pendidikan maupun industri hiburan.

2. Capaian Mata Kuliah

  • Peserta mampu membuat membangun sebuah project game lengkap dengan menggabungkan 4 keterampilan yaitu management, desain, art dan programmer
  • Peserta mampu membuat membangun sebuah rencana pengembangan bisnis berbasis game yang dikembangkan
  • Peserta mampu membangun portofolio game yang dipublikasikan melalui media internet

3. Textbook

  • Roedavan, R., 2018, Unity Tutorial Game Engine, Willey Brand
  • Rigby, Darrel., 2020, Doing Agile Right, Harcrad Bussiness Review Press

4. Mata Kuliah Prasyarat

  • Salah satu dari 5 Stream utama yaitu Stream Game Programmer, Stream Game Artist, Stream Game Designer, Stream Educational Game Developer atau Stream Game Project Management

5. Bobot SKS

  • 5 SKS (1 SKS @45 Jam)

6. Model Pembelajaran

  • Instructor-Paced

7. Jenjang Pendidikan

  • S1/D4

8. Bidang Ilmu

  • Teknik Informatika

9. Tingkat Mata Kuliah

  • Dasar

10. Teknologi & Sarana Pembelajaran

  • LMS Open EDX: Untuk mengakses materi utama dan forum diskusi
  • Discord: Untuk kolaborasi dan komunikasi
  • Zoom: Untuk pertemuan virtual tatap muka
  • Unity dan Visual Studio 2019 Community version: Untuk game engine 

11. Perangkat Keras & Perangkat Lunak

  • Laptop/PC 
  • OS : Windows 7, 64-bit versions only
  • CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
  • Graphics :  DX10, DX11, and DX12-capable GPUs
  • Unity version: 2019.x, 2020.x, 2021.x

12. Versi Pengembangan Mata Kuliah

  • Versi Mata Kuliah 3.0

13. Jadwal Perkuliahan

14. Topik Mata Kuliah

  •  
  • Sesi 1: Game Ideation
  • Sesi 2: Game Storytelling Building
  • Sesi 3: Game Character Building
  • Sesi 4: Game World Building
  • Sesi 5: Game Character Mechanic 
  • Sesi 6: Game Character Interaction 
  • Sesi 7: Game Development & Prototyping
  • Sesi 8: Game Testing
  • Sesi 9: Game Evaluation + Deployment

16. Syarat Kelulusan

  • Mahasiswa dapat lulus pada mata kuliah dengan minimal akumulasi nilai > 51

17. Informasi Plagiarisme

  • Segala bentuk PLAGIARISME akan mendapat konsekuensi  nilai = 0

18. Komunikasi dan Interaksi

  • Mahasiswa dapat menghubungi dosen pengampu melalui email ataupun channel discord pada hari kerja jam 08.00-17.00 WIB. Gunakan bahasa yang sopan, singkat, padat dan jelas. 

19. Profil Dosen Pengampu

Dosen Pengampu Telkom University

Rickman Roedavan
(Rikman Aherliwan Rudawan, S.T., M.Kom.)

fpo

Fery Prasetyanto, S.T., M.T.

Amir Hasanudin Fauzi, S.T., M.T.

Dosen Pengampu Pradita University

Nugroho Widya Prio Utomo, S.Sn., M.Sn.

Erick Dazki, S.Kom.,M.Kom.

Dosen Pengampu Binus University

A person wearing a graduation cap and gown
Description automatically generated with low confidence

 

Thomas Galih Satria, S.Kom., M.TI. 

Francisco Maruli Panggabean, S.Kom., M.TI. 

 

  1. Course Number

    CAPS-PMGD
  2. Enrollment Start

  3. Enrollment End

    Jan 1, 2030
  4. Class Start

  5. Class End

    Jan 31, 2025
  6. Estimated Effort

    200:00
  7. Language

    Indonesian
  8. Course Type

    Self Paced
  9. Quota

    None
  10. Price

    Free
  11. Level

    Beginner
  12. IT
Courses from Same University
Recommended Courses
© 2024 ICE Institute. All rights reserved.