
Deskripsi
Program Capstone Project ini merupakan inisiatif kolaboratif yang bertujuan untuk mengintegrasikan empat stream utama dalam kurikulum kami. Tujuan utama dari program ini adalah untuk memberikan pengalaman praktis kepada para mahasiswa dalam pengembangan game, sambil mendapatkan panduan dan bimbingan intensif dari mentor yang berpengalaman dalam industri game. Hasil akhir dari program ini adalah prototipe produk game yang dapat berfokus pada tiga jenis kategori utama: educational game, serious game, atau entertainment game.
Dalam Capstone Project ini, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari dalam empat stream kurikulum, yaitu desain game, pemrograman, seni dan desain, serta manajemen proyek. Mereka akan bekerja sama secara tim, menggabungkan keahlian mereka untuk menciptakan game yang inovatif dan menarik. Mentor yang ditugaskan akan memberikan arahan yang mendalam, memastikan bahwa setiap langkah dalam pengembangan game dilakukan dengan baik, dan membantu mahasiswa mengatasi tantangan yang mungkin muncul selama proses pengembangan. Hasil akhir dari program ini, yakni prototipe produk game, akan mencerminkan dedikasi, kerja keras, dan kerja sama tim mahasiswa. Produk ini dapat berfungsi sebagai media pendidikan, alat simulasi atau pelatihan, atau game yang menghibur. Program Capstone Project ini tidak hanya memberikan pengalaman praktis yang berharga bagi mahasiswa, tetapi juga dapat menghasilkan produk yang memiliki potensi untuk memberikan dampak positif dalam berbagai konteks, baik pendidikan maupun industri hiburan.
Capaian
Peserta mampu membuat membangun sebuah project game lengkap dengan menggabungkan 4 keterampilan yaitu management, desain, art dan programmer
- Peserta mampu membuat membangun sebuah rencana pengembangan bisnis berbasis game yang dikembangkan
- Peserta mampu membangun portofolio game yang dipublikasikan melalui media internet
Prasyarat | Salah satu dari 5 Stream utama yaitu Stream Game Programmer, Stream Game Artist, Stream Game Designer, Stream Educational Game Developer atau Stream Game Project Management |
Bobot SKS | 5 SKS (1 SKS @45 Jam) |
Model Pembelajaran | Instructor-Paced |
Jenjang Pendidikan | S1/D4 |
Bidang Ilmu | Teknik Informatika |
Tingkat | Dasar |
Versi Pengembangan | Versi Mata Kuliah 3.0 |
Teknologi & Sarana Pembelajaran
- LMS Open EDX: Untuk mengakses materi utama dan forum diskusi
- Discord: Untuk kolaborasi dan komunikasi
- Zoom: Untuk pertemuan virtual tatap muka
- Unity dan Visual Studio 2019 Community version: Untuk game engine
Perangkat Keras & Perangkat Lunak
- Laptop/PC
- OS : Windows 7, 64-bit versions only
- CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
- Graphics : DX10, DX11, and DX12-capable GPUs
Unity version: 2019.x, 2020.x, 2021.x
Topik Mata Kuliah
- Sesi 1: Game Ideation
- Sesi 2: Game Storytelling Building
- Sesi 3: Game Character Building
- Sesi 4: Game World Building
- Sesi 5: Game Character Mechanic
- Sesi 6: Game Character Interaction
- Sesi 7: Game Development & Prototyping
- Sesi 8: Game Testing
- Sesi 9: Game Evaluation + Deployment
Profil Dosen Pengampu
Dosen Pengampu Telkom University
Rickman Roedavan, S.T., M.Kom. | Fery Prasetyanto, S.T., M.T. | Amir Hasanudin Fauzi, S.T., M.T. |
Dosen Pengampu Pradita University
Nugroho Widya Prio Utomo, S.Sn., M.Sn. | Erick Dazki, S.Kom.,M.Kom. |
Dosen Pengampu Binus University
Thomas Galih Satria, S.Kom., M.TI. | Francisco Maruli Panggabean, S.Kom., M.TI. |