Skip to main content

Etika Profesi Pendidik


UBx

Free

Activate your account first to access this course.

Tentang Mata Kuliah ini

Selamat datang dalam mata kuliah ini! Etika profesi dalam pendidikan diperlihatkan dalam perilaku perorangan dalam menggerakkan fungsi administrasi pendidikan. Etika keprofesian memiliki kedudukan, peran, dan fungsi yang sangat penting dalam menopang keberadaan dan kelangsungan pendidikan. Matakuliah Etika Profesi Pendidik bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru/pendidik dalam etika dan moralitas pendidikan.

Kredit: 2 SKS

Jenjang: S1

Matakuliah Prasyarat: Tidak Ada

Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa secara umum memiliki kemampuan:

  1. Menjelaskan Hakikat etika profesi di dunia pendidikan dalam konteks Indonesia.
  2. Menjelaskan kompetensi guru berdasarkan Undang-Undang Guru dan Dosen.
  3. Menerapkan etika profesi guru di era 4.0 secara integratif.
  4. Mengkaji isu-isu terkait Pendidikan terbaru di Indonesia dengan Standar Pendidikan.

Pokok Bahasan

  1. Hakikat Etika Profesi.
  2. Profesi Guru di Era Digital.
  3. Kompetensi Guru Profesional.
  4. Pengembangan Profesi Pendidik.
  5. Profesionalisme Guru.
  6. Standar Nasional Pendidikan.
  7. Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Pustaka

  1. Perdani, Widya; Budiana, Nia & Indrowaty, Sri. 2019. Etika Profesi Pendidikan Generasi Milenial 4.0. Malang: UB Press
  2. Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif:Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: Diva Press.
  3. Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru danTenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta
  4. Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru danTenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta
  5. ____________. 2013. Etika & Moralita sPendidikan: Peluang dan Tantangan. Jakarta: Kencana
  6. Saroni, Mohammad. 2011. Personal Branding Guru: Meningkatkan Kualitas dan Profesionalitas Guru. Jogjakarta: AR-RUZZ Media
  7. Suyatno. 2008. Panduan Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Indeks
  8. Sa’ud, UdinSyaefudin. 2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Persyaratan Peserta

Informasi tentang keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan siswa untuk mengikuti kursus ini.

Dosen Pengampu

Course Staff Image #1

Dr. Putu Dian Danayanti Degeng, S.S., M.Pd

Dosen tetap program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Course Staff Image #2

Dr. Widya Caterine Perdhani, M.Pd

Dosen tetap program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Course Staff Image #2

Dian Novita Dewi, M.Li

Dosen tetap program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Course Staff Image #2

Wiranto Aji Dewandono, M.Pd.

Dosen tetap program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya.

  1. Course Number

    SPB60103
  2. Enrollment Start

  3. Enrollment End

    Aug 17, 2025
  4. Class Start

  5. Class End

    Dec 20, 2025
  6. Estimated Effort

    02:00
  7. Language

    Indonesian
  8. Course Type

    Self Paced
  9. Quota

    None
  10. Price

    Free
  11. Level

    Advanced
Courses from Same University
Recommended Courses
Enroll
© 2024 ICE Institute. All rights reserved.