PENELITIAN SESUAI BIDANG ILMU DAN PERKEMBANGAN IPTEKS, ETIKA ILMIAH, SERTA LUARAN YANG BERDAMPAK
ICEIx
Free
Tentang Course
Salam, Selamat Datang pada Course "Penelitian sesuai Bidang Ilmu dan Perkembangan IPTEKS, Etika Ilmiah, serta Luaran yang Berdampak"
Modul ini hadir sebagai panduan komprehensif bagi dosen dan akademisi dalam merancang dan melaksanakan penelitian yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga relevan, beretika, dan berdampak nyata. Modul ini menekankan tiga pilar fundamental yang saling terkait. Pertama, penelitian harus memiliki fondasi keilmuan yang kuat, ditandai dengan kajian mutakhir, identifikasi celah penelitian (research gap), unsur kebaruan (novelty), dan metodologi yang rigor. Kedua, integritas etika ilmiah harus diterapkan secara konsisten dalam seluruh tahapan penelitian, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga publikasi, untuk menjaga kredibilitas dan kepercayaan dunia akademik. Ketiga, penelitian harus dirancang dengan orientasi luaran yang strategis dan berdampak luas, melampaui sekadar publikasi ilmiah.
Luaran penelitian tidak lagi dipandang semata sebagai produk akhir akademik, tetapi sebagai katalis untuk perubahan. Modul ini memperkenalkan spektrum luaran yang luas, mencakup luaran akademik (seperti publikasi bereputasi internasional), luaran inovatif (seperti HKI dan prototipe), luaran kebijakan (sebagai dasar evidence-based policy), serta luaran sosial-ekonomi (seperti model pemberdayaan masyarakat). Untuk mencapainya, diperlukan strategi yang mencakup kolaborasi lintas disiplin dan sektor, pemanfaatan Big Data untuk analisis dan prediksi dampak, serta penyelarasan perencanaan luaran dengan target dan skema pendanaan, baik dari pemerintah maupun industri. Melalui adopsi kerangka perencanaan seperti Theory of Change dan Logic Model, peneliti dapat memetakan pathway to impact yang jelas dan terukur. Pada akhirnya, modul ini mengajak para peserta untuk mentransformasikan peran mereka dari sivitas akademika menjadi agen pembangunan yang menghubungkan menara gading ilmu pengetahuan dengan tantangan nyata di masyarakat, sehingga setiap penelitian tidak hanya mencerdaskan kehidupan bangsa, tetapi juga secara langsung berkontribusi pada terwujudnya pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.
Capaian Pembelajaran (Course Learning Outcome, CLO)
Merancang penelitian sesuai bidang ilmu dan perkembangan IPTEKS, serta luarannya yang berdampak (C6 Creating)
Menerapkan etika ilmiah dalam melaksanakan penelitian dan publikasi (C3 Applying)
Menjelaskan dan merencanakan luaran penelitian yang berdampak (seperti publikasi, paten, kebijakan, atau produk) sesuai dengan proposal yang disusun (C2-6, Understanding-Creating)
Alokasi Waktu: 3 Jam Pembelajran (JP), 1 JP durasi 50 menit
Sasaran Pembelajar: Dosen peserta pelatihan PEKERTI
Persyaratan Course: Program ini direkomendasikan untuk Dosen, Peneliti, Tenaga Kependidikan, atau Akademisi yang ingin meningkatkan ketrampilan dalam menyusun Proposal Riset yang Berdampak. Tidak diperlukan latar belakang khusus untuk mengikuti program ini.
Course Terdiri: Tahap pre-test, materi pembelajaran (video interaktif dan modul digital), yang dibagi dalam 3 babak, studi kasus, tes formatif, dan post-test.
Komponen Penilaian:
Course ini mencakup 5 (lima) jenis aktivitas penilaian dengan bobot sebagai berikut.
| Komponen Penilaian | Persentase |
| Pre-test | 20 |
| Kuis Pada Babak 1 | 20 |
| Kuis Pada Babak 2 | 20 |
| Kuis Pada Babak 3 | 20 |
| Post-Test | 20 |
| Total Keseluruhan Bobot Penilaian | 100 % |
Ketentuan Nilai: Peserta dinyatakan lulus apabila memperoleh nilai akhir minimal 76. Nilai akhir dihitung berdasarkan total bobot seluruh komponen penilaian.
Tim Pengembang
Prof. Dr. Loeki Enggar Fitri, dr., M.Kes Sp.ParK. adalah Dosen tetap di Program Doktor Program Studi Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB), menyelesaikan studi sarjana kedokteran dan profesi dokter di FKUB (1990), lulus S2 dalam bidang Ilmu Kedokteran Tropis, dari Universitas Gadjah Mada (1997), dan S3 dari Program Pascasarjana UB (2004). Beliua pernah menjabat sebagai Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Universitas Brawijaya (2023 – 2024) dan Direktur Direktorat Inovasi dan Pengembangan Pendidikan (DIPP) UB (2024 – 2025). Beliau juga aktif sebagai pemateri dan fasilitator dalam Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan Applied Approach (AA) di UB (2023 – sekarang), pengembangan modul digital berbasis teknologi dan inovasi pedagogik yang digunakan dalam pelatihan PEKERTI dan AA, mengembangkan Platform Massive Open Online Course (MOOC) UBx, tim penyusun Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), reviewer Kurikulum Outcome Based Education/OBE, tim penyusun Sistem Informasi Manajemen Kurikulum OBE dan ketua tim penyusun Buku Kurikulum OBE Tahun 2021 di jenjang S3 Ilmu Kedokteran FKUB. Di tingkat nasional pengalaman beliau adalah sebagai Ketua Konsorsium Ilmu Biomedik Indonesia Tahun 2022 – 2023 dan sebagai penyusun Modul digital Diagnostik Malaria untuk Kementerian Kesehatan tahun 2025. Aktivitas di tingkat nasional adalah sebagai narasumber lokakarya pengembangan kurikulum S1, S2 dan S3 Ilmu Biomedik di berbagai institusi. Email: [email protected].
Dr. Putu Dian Danayanti Degeng, S.S., M.Pd adalah dosen tetap di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Brawijaya (UB). Lulus program sarjana (2006) dan Magister (2010), dan Doktor (2015) dari Universitas Negeri Malang dengan bidang keahlian Sastra Inggris. Tahun 2021-sekarang menjabat sebagai KKJF bidang Pengembangan Aktivitas Pembelajaran di Direktorat Inovasi dan Pengembangan Pendidikan (DIPP), reviewer jurnal, fasilitator dan pengembang materi dalam program PEKERTI dan Applied Approach (AA). Email: [email protected].
Maharani Pertiwi Koentjoro, Ph.D, mendapat gelar Sarjana Sains (S.Si.) dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya (2009), Gelar Master of Biotechnology (M. Biotech) dari Program Studi Bioteknologi, Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (2012), dan meraih gelar Doctor of Philosophy (Ph,D.) dalam bidang Kristalografi Makromolekul (Regulation of Biological Function) di Gifu University, Japan (2018). Selain mengajar, beliau juga aktif melakukan penelitian dan karya-karya penelitiannya telah dipublikasikan di jurnal ilmiah dalam negeri maupun internasional. Email: [email protected].