Skip to main content

Asesmen Pembelajaran Daring


ICEIx

Free

Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi Mata Kuliah

Halo! Selamat datang peserta sekalian di MOOCs Asesmen Pembelajaran Daring.

Semua pasti setuju kalau asesmen adalah tahapan penting dalam proses pembelajaran. Bahkan mungkin paling penting. Dengan asesmen, kita dapat melihat sejauh mana pencapaian kompetensi dari peserta yang sedang belajar. Kita dapat menggunakan beragam teknik asesmen untuk melihat perkembangan peserta.

Namun, apakah asesmen dalam pembelajaran daring sama dengan pembelajaran tatap muka.?

Atau adakah teknik-teknik lain yang dapat dimanfaatkan?

Melalui MOOCs ini, kami dari tim instruktur akan membahas mengenai prinsip dan implementasi asesmen pada pembelajaran daring. Modul ini mengelaborasi langkah pengembangan dan desain berbagai instrumen asesmen dan penerapannya pada learning management system seperti Moodle atau Open edX.

MOOC ini disampaikan dalam Bahasa Indonesia secara self-paced.

Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti MOOCs ini, peserta diharapkan menguasai berbagai kompetensi dalam penyusunan asesmen pembelajaran daring.

Sesuai dengan capaian pembelajaran di atas, terdapat berbagai materi yang kita bahas dalam MOOC ini.

Course Staff

About course

1. Prof. Diantha Soemantri, MMedEd, PhD

Diantha Soemantri adalah seorang profesor di bidang pendidikan kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Beliau lulus sebagai dokter dari FKUI pada tahun 2005, memperoleh gelar Master of Medical Education dari University of Dundee pada tahun 2007, dan gelar PhD di bidang yang sama dari University of Melbourne pada tahun 2013. Saat ini beliau menjabat sebagai ketua Program Studi Magister Pendidikan Kedokteran di Universitas Indonesia dan juga bertanggung jawab atas pendidikan multiprofesional dan interprofesional di Health Sciences Cluster Universitas Indonesia. Sejak tahun 2018 beliau ditunjuk sebagai Wakil Direktur Pendidikan Kedokteran di Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI) FKUI. Minat penelitian beliau meliputi asesmen peserta didik, refleksi dan umpan balik, interprofessional education and collaborative practice, serta pengembangan profesionalisme. Lebih dari 50 artikel beliau telah terpublikasi dalam jurnal nasional dan internasional. Beliau juga merupakan salah satu anggota Karolinska Institutet Prize for Research in Medical Education (KIPRIME) tahun 2023.

email: [email protected] 

About course

2. drg. Nadia Greviana, MPdKed

Nadia Greviana saat ini berafilitasi sebagai dosen akademik di Departemen Pendidikan Kedokteran Universitas Indonesia. Dengan berlatar belakang sebagai praktisi gigi, ia meraih gelar Magister Pendidikan Kedokteran dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) pada tahun 2019. Nadia memulai perjalanan sebagai peneliti di bidang pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan pada tahun 2019 ketika bergabung dengan Medical Education Center (MedEC) di Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI) FKUI sebagai asisten peneliti dan peneliti junior. Saat ini ia juga berperan aktif sebagai peneliti di Medical Education Center (MedEC) dan Medical Education Collaboration Cluster (MECC) IMERI FKUI. Minat utamanya dalam penelitian pendidikan kedokteran meliputi asesmen profesionalisme, technology enhanced learning, wellbeing, dan student support. Pada tahun 2022, ia menerima penghargaan "Excellent Scholar in Medical & Health Professions Education" dari Indonesian College of Health Professions Education (IAMHPE).

email: [email protected] 

About course

3. F.A. Triatmoko H.S, M.Si

Bekerja di bidang pembelajaran daring pendidikan tinggi. Saat ini bertugas menjadi Kepala Sub Direktorat Peningkatan Reputasi Akademik, Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran UI. Mengelola inovasi teknologi pembelajaran dan program peningkatan reputasi akademik. Alumni Fakultas Psikologi UI, dengan peminatan di bidang psikologi pendidikan dan teknologi. Profil lengkap dapat dilihat di https://www.linkedin.com/in/fatriatmokohs/ 

email: [email protected] 

  1. Course Number

    APD
  2. Enrollment Start

  3. Enrollment End

    Dec 1, 2024
  4. Class Start

  5. Class End

    Dec 30, 2024
  6. Estimated Effort

    6
  7. Language

    Indonesian
  8. Course Type

    Self Paced
  9. Quota

    None
  10. Price

    Free
  11. Level

    Advanced
  12. Education
Courses from Same University
Recommended Courses
© 2024 ICE Institute. All rights reserved.