
Deskripsi Mata Kuliah
Top Down Shooter 2D ini bertujuan untuk melatih peserta agar dapat memahami konsep fundamental pengembangan game 2D yang diimplementasikan ke dalam bentuk bentuk micro game Top Down Shooter 2D. Peserta yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan memiliki dasar logika matematika dan algoritma pemrograman. Materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini meliputi Single/Multiple Sprite, Vertical Tiled-Background, Enemy AI dan Win/Love Condition. Metode yang digunakan merupakan kombinasi antara modul, video, dan praktikum mandiri menggunakan “Predefined Game Project”. Asesmen pada mata kuliah adalah membuat project Top Down Shooter 2D yang hasilnya dievaluasi secara mandiri berdasarkan file “Completed Game Project”.
Textbook:
- Halpern, J. (2019). Developing 2D Games with Unity: Independent Game Programming with C#. Berkeley: Apress.
- Byl, P. d. (2015). Holistic Mobile Game Development with Unity. Burlington: Focal Press.
Bobot sks: 2 (1 sks= 45 jam)
Model pembelajaran: Instructor-pace
Jadwal perkuliahan:
Week | 1 | 1 | 2 | 2 | 3 | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | 6 | 6 | 7 | 7 | 8 |
Sesi | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | Final project |
Mode | VC 1 | OL | OL | OL | OL | OL | VC 2 | VC 3 | OL | OL | OL | OL | OL | VC 4 | |
Quiz 1 | Quiz 2 | ||||||||||||||
Jadwal | 5-Sep-22 | 12-Sep | 19-Sep | 26-Sep | 3-Oct | 10-Oct | 17-Oct | 24-Oct |
Keterangan:
- VC: Video Conference
- OL: Self Learning
Capaian Pembelajaran
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu:
- Mahasiswa mampu melakukan mengimport Tileset Image pada project Unity
- Mahasiswa mampu menerapkan mekanisme enemy
- Mahasiswa mampu menerapkan mekanik: Top Down Shooter 2D
Evaluation:
Evaluation: | Bobot |
Kuis 1 | 20% |
Kuis 2 | 20% |
Final Project | 60% |
Total | 100% |
Dosen Pengampu
Dosen 1 :
Francisco Maruli Panggabean, S.Kom., M.TI.
email: [email protected]
Francisco Maruli Panggabean merupakan dosen lulusan Universitas Bina Nusantara tahun 2014 yang saat ini bekerja di Universitas Bina Nusantara sebagai Subject Content Coordinator bidang Game Technology. Saat ini bekerja sebagai dosen, mengajar mata kuliah yang berhubungan dengan Game Programming dan 3D Modeling, dan memiliki research of interest di bidang game dan gamification. Francisco sudah mengenal dan menggunakan game engine Unity sejak tahun 2013 dan mulai menggunakan software tersebut untuk tugas kuliah, eksplorasi pribadi, pengerjaan project, sampai menjadi tools yang digunakan dalam mengajar sejak tahun 2015. Berbekal ketertarikannya pada bidang game, Francisco juga sempat mempelajari 3D Modeling dan mulai mengajar mata kuliah tersebut dan mengintegrasikan kedua bidang tersebut dalam pengembangan game dan pengajaran.
Dosen 2:
Thomas Galih Satria, S.Kom., M.TI.
email: [email protected]
Thomas Galih Satria merupakan lulusan Teknik Informatika – Sistem Multimedia dari Universitas Bina Nusantara pada tahun 2014 dengan topik Multiplayer Games menggunakan Game Engine Unity dan melanjutkan Magister Teknik Informatika – Software Engineering di Universitas Bina Nusantara yang selesai pada tahun 2016 dengan topik penelitan kontribusi game untuk anak autis menggunakan system dynamics.
Saat ini bekerja di Universitas Bina Nusantara sebagai Subject Content Coordinator untuk Game Art and Design dan aktif sebagai Dosen dengan topik penelitian berkaitan dengan games, gamification, dan serious games termasuk images processing.
Sejak 2016 aktif mengikuti kegiatan Worldskills Competition sebagai Expert di bidang Web Technologies dengan Training Center Kemendikbud dan Kemenaker. Pernah berkontribusi membawa medali emas di Worldskills Asia Abu-Dhabi tahun 2018 sebagai expert di bidang Web Design and Development.