Skip to main content

Pembuatan Game Top-Down Shooter 2D


BINUSx

Free

Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi Mata Kuliah

Top Down Shooter 2D ini bertujuan untuk melatih peserta agar dapat memahami konsep fundamental pengembangan game 2D yang diimplementasikan ke dalam bentuk bentuk micro game Top Down Shooter 2D. Peserta yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan memiliki dasar logika matematika dan algoritma pemrograman. Materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini meliputi Single/Multiple Sprite, Vertical Tiled-Background, Enemy AI dan Win/Love Condition. Metode yang digunakan merupakan kombinasi antara modul, video, dan praktikum mandiri menggunakan “Predefined Game Project”. Asesmen pada mata kuliah adalah membuat project Top Down Shooter 2D yang hasilnya dievaluasi secara mandiri berdasarkan file “Completed Game Project”. 

Textbook: 

  1. ​​Halpern, J. (2019). Developing 2D Games with Unity: Independent Game Programming with C#. Berkeley: Apress. 
  2. Byl, P. d. (2015). Holistic Mobile Game Development with Unity. Burlington: Focal Press. 

Prerequisite mata kuliah: tidak ada.

Bobot sks: 2 (1 sks= 45 jam)

Model pembelajaran: Instructor-pace

Jenjang Pendidikan : Strata 1 - S1

Bidang ilmu: Game Technology

Tingkat mata kuliah: Basic

Technology dan sarana pembelajaran: 

  1. LMS Open Edx: untuk mengakses materi dan forum
  2. Discord: untuk kolaborasi dan komunikasi
  3. Zoom: untuk pertemuan virtual tatap muka
  4. Unity dan Visual Studio 2019 Community version: untuk game engine 
  5. Photon: untuk multiplayer sistem

Perangkat hardware dan software yang dibutuhkan dengan spesifikasi minimum adalah:

  • Laptop/PC 
  • OS : Windows 7, 64-bit versions only
  • CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
  • Graphics :  DX10, DX11, and DX12-capable GPUs
  • Unity version: 2019.x

Versi pengembangan mata kuliah: 1.1

Jadwal perkuliahan: 21 Agustus 2023 - 12 November 2023

Week 2 2 3 4 5 6 6 6 7 7 8 9 10 11 11 12 12 12 13
Sesi 1 2 3 4 5 6 7 Quiz 8 9 10 11 12 13 14 15 16 Quiz Final Project
Mode VC 1 OL OL OL OL OL VC 2 Quiz 1 VC 3 OL OL OL OL OL OL OL VC 4 Quiz2
                                       
Jadwal 21-Aug-23   28-Aug 4-Sep 11-Sep 18-Sep-23     25-Sep   2-Oct 9-Oct-23 16-Oct-23 23-Oct   30-Oct-23     6-Nov-23

 

Keterangan:

  1. VC: Video Conference
  2. OL: Self Learning
  3. Jadwal Video conference:
    1. VC1: 24 Agustus 2023, 11.20-13.00
    2. VC2: 25 September 2023, 11.20-13.00
    3. VC3: 28 September 2023, 11.20-13.00
    4. VC4: 02 November 2023, 11.20-13.00

Capaian Pembelajaran

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu:

  • Mahasiswa mampu melakukan mengimport Tileset Image pada project Unity 
  • Mahasiswa mampu menerapkan mekanisme enemy 
  • Mahasiswa mampu menerapkan mekanik: Top Down Shooter 2D 

Topik mata kuliah ini:

  • Import Sprite & Background 
  • Tilemap 
  • Create Player & Enemy Class 
  • Player Control 
  • Enemy Control & Movement Part 1
  • Enemy Control & Movement Part 2
  • Shooting Mechanism 
  • Bullet Pooling 
  • Bullet Collision & Damage Part 1
  • Bullet Collision & Damage Part 2
  • Score System 
  • Win/Lose Condition 

Evaluation:

Evaluation: Bobot
Tugas Individu 20%
Tugas Kelompok 10%
Progress exam 1 10%
Progress exam 2 10%
Poin Kehadiran 10%
Final Exam Course 20%
Project Capstone Alpha 20%
Total 100%

Syarat kelulusan untuk mata kuliah Top Down Shooter 2D harus mencapai nilai akhir evaluasi minimum 51.

Segala bentuk tindak PLAGIARISME akan mendapatkan konsekuensi NILAI 0!


 

Komunikasi dan interaksi:

Komunikasi dilakukan dengan aktif di forum diskusi yang akan dijawab dan dibalas oleh mentor setiap harinya kecuali Sabtu-Minggu, jam 9.00-18.00 WIB.


Dosen Pengampu

Francisco Maruli Panggabean, S.Kom., M.TI. 

email: [email protected] 

Francisco Maruli Panggabean merupakan dosen lulusan Universitas Bina Nusantara tahun 2014 yang saat ini bekerja di Universitas Bina Nusantara sebagai Subject Content Coordinator bidang Game Technology. Saat ini bekerja sebagai dosen, mengajar mata kuliah yang berhubungan dengan Game Programming dan 3D Modeling, dan memiliki research of interest di bidang game dan gamification. Francisco sudah mengenal dan menggunakan game engine Unity sejak tahun 2013 dan mulai menggunakan software tersebut untuk tugas kuliah, eksplorasi pribadi, pengerjaan project, sampai menjadi tools yang digunakan dalam mengajar sejak tahun 2015. Berbekal ketertarikannya pada bidang game, Francisco juga sempat mempelajari 3D Modeling dan mulai mengajar mata kuliah tersebut dan mengintegrasikan kedua bidang tersebut dalam pengembangan game dan pengajaran.


Mentor

Mentor 1: 

Ivan Sebastian Edbert, S.Kom., M.Kom 

Email: [email protected] 

Ivan Sebastian Edbert merupakan dosen pada Computer Science Program di BINUS University dengan pengalaman bekerja di Industri (IT Consultant dan Startup). Lulus S1 dari program Sistem Informasi dan lulus S2 pada program Teknik Informatika di BINUS University. Sebagai Alumni dari Apple Developer Academy – BINUS Batch 2. Terampil dalam pengembangan aplikasi mobile berbasis iOS dan Android, Artificial Intelligence khususnya pada Computer Vision, dan Gamification.  

 

Mentor 2:

Galih Dea Pratama, S.Kom, M.Kom. 

Email: [email protected] 

Galih Dea Pratama merupakan dosen pada Game Application and Technology Program di BINUS University, serta menyelesaikan studi S1 pada jurusan Teknik Informatika di Universitas Diponegoro dan studi S2 pada jurusan Teknik Informatika di BINUS University. Terampil dalam mengembangkan aplikasi berbasis web dan memiliki ketertarikan pada Game Design, Serious Games dan Gamification. 

  1. Course Number

    MCGP0004
  2. Enrollment Start

  3. Enrollment End

    Aug 15, 2023
  4. Class Start

  5. Class End

    Nov 30, 2023
  6. Estimated Effort

    5,5
  7. Language

    Indonesian
  8. Course Type

    Instructor Paced
  9. Quota

    None
  10. Price

    Free
  11. Level

    Beginner
  12. Programming
Courses from Same University
Recommended Courses
© 2024 ICE Institute. All rights reserved.