
Deskripsi
Mata Kuliah ini akan mempelajari pembuatan Games Side-Scrolling 2D Platformer dengan menggunakan tools Unity Game Engine. Materi di dalam mata kuliah ini akan membahas pembuatan game menggunakan Unity dari paling awal seperti membuat Objects dan memanipulasi Objects. Kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan cara untuk membuat simulasi gravitasi dan simulasi menggerakan Object karakter di dalam game menggunakan input pemain. Untuk membuat game lebih menarik, mata kuliah ini akan membawakan cara membuat animasi Objects menggunakan Asset yang sudah disediakan, health system sehingga pemain bisa kalah di dalam games, dan membuat enemy yang dapat menyerang pemain.
Capaian
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu memahami game side scrolling dan mempu memproduksi game side scrolling dengan menggunakan game engine Unity:
- Mahasiswa mampu menerapkan praktik terbaik pengembangan game
- Mahasiswa mampu membedakan prinsip dan dasar permainan
- Mahasiswa mampu menghasilkan game di mesin game
- Mahasiswa mampu membuat Platformer 2D gulir samping
Topik
- Introduction
- Player Movement
- Character Animation
- Character Jump
- Game Asset
- Projectile
- Camera Movement
- Health Systems
- Traps
- Pickups
- Enemy
- Game Level
Prasyarat | Tidak Ada |
Bobot SKS | 2 SKS (1 SKS @45 Jam) |
Model Pembelajaran | Instructor-Paced |
Jenjang Pendidikan | S1/D4 |
Bidang Ilmu | Game Technology |
Tingkat Mata Kuliah | Dasar |
Versi Pengembangan | Versi Mata Kuliah 3.0 |
Textbook
- Halpern, J. (2019). Developing 2D Games with Unity: Independent Game Programming with C#. Berkeley: Apress.
- Byl, P. d. (2015). Holistic Mobile Game Development with Unity. Burlington: Focal Press.
Teknologi & Sarana Pembelajaran
- LMS Open Edx: untuk mengakses materi dan forum
- Discord: untuk kolaborasi dan komunikasi
- Zoom: untuk pertemuan virtual tatap muka
- Unity dan Visual Studio 2019 Community version: untuk game engine
- Photon: untuk multiplayer sistem
Perangkat Keras & Perangkat Lunak
- Laptop/PC
- OS : Windows 7, 64-bit versions only
- CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
- Graphics : DX10, DX11, and DX12-capable GPUs
- Unity version: 2019.x, 2020.x, 2021.x
Profil Dosen Pengampu
Thomas Galih Satria, S.Kom., M.TI.
Thomas Galih Satria Saat ini bekerja di Universitas Bina Nusantara sebagai Subject Content Coordinator untuk Game Art and Design dan aktif sebagai Dosen dengan topik penelitian berkaitan dengan games, gamification, dan serious games termasuk images processing.
Email: [email protected]
Mentor
Ivan Sebastian Edbert, S.Kom., M.Kom Ivan Sebastian Edbert merupakan dosen pada Computer Science Program di BINUS University dengan pengalaman bekerja di Industri (IT Consultant dan Startup). Lulus S1 dari program Sistem Informasi dan lulus S2 pada program Teknik Informatika di BINUS University. Sebagai Alumni dari Apple Developer Academy – BINUS Batch 2. Terampil dalam pengembangan aplikasi mobile berbasis iOS dan Android, Artificial Intelligence khususnya pada Computer Vision, dan Gamification. Email: [email protected] | Galih Dea Pratama, S.Kom, M.Kom. Galih Dea Pratama merupakan dosen pada Game Application and Technology Program di BINUS University, serta menyelesaikan studi S1 pada jurusan Teknik Informatika di Universitas Diponegoro dan studi S2 pada jurusan Teknik Informatika di BINUS University. Terampil dalam mengembangkan aplikasi berbasis web dan memiliki ketertarikan pada Game Design, Serious Games dan Gamification. Email: [email protected] |
Course's Feedback
4.0/5
1 assessment(s)