Skip to main content

Pembuatan Game PONG 2D


BINUSx

Free

Enrollment in this course is by invitation only

MCGP0002 - Pembuatan Game Pong 2D

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Building Microgame: Pong 2D ini bertujuan untuk melatih peserta agar dapat memahami konsep fundamental pengembangan game 2D yang diimplementasikan ke dalam bentuk bentuk micro game Pong 2D. Peserta yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan memiliki dasar logika matematika dan algoritma pemrograman. Materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini meliputi pemahaman konsep Sprite/Image, 2D game mechanic, Artificial Intelligence serta User Interface menggunakan aplikasi Unity 3D Game Engine. Metode yang digunakan merupakan kombinasi antara modul, video, dan praktikum mandiri menggunakan “Predefined Game Project”. Asesmen pada mata kuliah adalah membuat project Pong 2D yang hasilnya dievaluasi secara mandiri berdasarkan file “Completed Game Project”.

Textbook:

Lanzinger, F. (2019). Classic Game Design: From Pong to Pac-Man with Unity Second Edition

Prerequisite mata kuliah: tidak ada. 

Bobot sks: 2 (1 sks= 45 Jam)

Model Pembelajaran: Instructor-pace

Jenjang Pendidikan : Strata 1 - S1

Bidang ilmu: Game Technology

Tingkat mata kuliah: Basic

Technology dan sarana pembelajaran: 

  1. LMS Open Edx: untuk mengakses materi dan forum
  2. Discord: untuk kolaborasi dan komunikasi
  3. Zoom: untuk pertemuan virtual tatap muka
  4. Unity dan Visual Studio 2019 Community version: untuk game engine 
  5. Photon: untuk multiplayer sistem

Perangkat hardware dan software yang dibutuhkan dengan spesifikasi minimum adalah:

  • Laptop/PC
  • OS : Windows 7, 64-bit versions only
  • CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
  • Graphics :  DX10, DX11, and DX12-capable GPUs
  • Unity version: 2019.x

Versi pengembangan mata kuliah: 1.1

Jadwal perkuliahan: 6 September - 8 Desember 2024

Week 2 2 3 4 5 6 6 6 7 7 8 9 10 11 11 12 12 12 13
Sesi 1 2 3 4 5 6 7 Quiz 8 9 10 11 12 13 14 15 16 Quiz Final Project
Mode VC 1 OL OL OL OL OL VC 2 Quiz 1 VC 3 OL OL OL OL OL OL OL VC 4 Quiz2
                                       
Jadwal 16 - 22 Sept 2024   23 - 29 Sept 2024 30 Sep - 6 Okt 2024 7 - 13 Okt 2024 14 - 20 Okt 2024     21 - 27 Okt 2024   28 Okt - 3 Nov 2024  4 - 10 Nov 2024 11 - 17 Nov 2024 18 - 24 Nov 2024   25 nov - 1 des 2024 2 - 8 Des 2024

 

Keterangan:

  1. VC: Video Conference
  2. OL: Self Learning
  3. Jadwal Video conference:
    1. VC1: 20 September 2024
    2. VC2: 18 Oktober 2024
    3. VC3: 25 Oktober 2024
    4. VC4: 29 November 2024

Capaian Pembelajaran

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu:

  • Mahasiswa melakukan import Sprite/Image pada project Unity
  • Mahasiswa membangun User Interace (UI) pada Canvas
  • Mahasiswa menerapkan mekanik: PONG 2D

Topik-topik matakuliah ini:​​​

    •  
  • Sprite/Image
  • Canvas Object
  • User Interface Object
  • PONG 2D Game Mechanic Part 1
  • PONG 2D Game Mechanic Part 2
  • PONG 2D Game Mechanic Part 3
  • PONG 2D Game Mechanic Part 4
  • PONG 2D Game Mechanic Part 5
  • Configure Timer System
  • Configure Scoring System
  • Win/Lose Condition Part 1
  • Win/Lose Condition Part 2

Evaluation:

Evaluation: Bobot
Tugas Individu 20%
Tugas Kelompok 10%
Progress exam 1 10%
Progress exam 2 10%
Poin Kehadiran 10%
Final Exam Course 20%
Project Capstone Alpha 20%
Total 100%

Syarat kelulusan untuk mata kuliah Pembuatan Game Pong 2D harus mencapai nilai akhir evaluasi minimum 51.

Segala bentuk tindak PLAGIARISME akan mendapatkan konsekuensi NILAI 0!


Komunikasi dan interaksi:

Komunikasi dilakukan dengan aktif di forum diskusi yang akan dijawab dan dibalas oleh mentor setiap harinya kecuali Sabtu-Minggu, jam 9.00-18.00 WIB.


Dosen Pengampu

Dosen 

Dimas Ramdhan, S.Kom., M.Kom

email: [email protected]

Dimas Ramdhan merupakan dosen pada Program Game Application and Technology di BINUS University dengan pengalaman bekerja di industri (korporasi dan startup). Lulus S1 dari Program Game Application and Technologi serta lulus S2 pada Program Teknik Informatika di BINUS University. Terampil dalam pengembangan game khususnya pemodelan dan Animasi 3D, Desain Game dan mengkoordinasikan sebuah project. Aktif mengikuti kompetisi game development.

 


Mentor

Mentor 1: 

Ivan Sebastian Edbert, S.Kom., M.Kom 

Email: [email protected] 

Ivan Sebastian Edbert merupakan dosen pada Computer Science Program di BINUS University dengan pengalaman bekerja di Industri (IT Consultant dan Startup). Lulus S1 dari program Sistem Informasi dan lulus S2 pada program Teknik Informatika di BINUS University. Sebagai Alumni dari Apple Developer Academy – BINUS Batch 2. Terampil dalam pengembangan aplikasi mobile berbasis iOS dan Android, Artificial Intelligence khususnya pada Computer Vision, dan Gamification.  

 

Mentor 2:

Galih Dea Pratama, S.Kom, M.Kom. 

Email: [email protected] 

Galih Dea Pratama merupakan dosen pada Game Application and Technology Program di BINUS University, serta menyelesaikan studi S1 pada jurusan Teknik Informatika di Universitas Diponegoro dan studi S2 pada jurusan Teknik Informatika di BINUS University. Terampil dalam mengembangkan aplikasi berbasis web dan memiliki ketertarikan pada Game Design, Serious Games dan Gamification. 

  1. Course Number

    MCGP0002
  2. Enrollment Start

  3. Enrollment End

    Sep 1, 2024
  4. Class Start

  5. Class End

    Dec 31, 2024
  6. Estimated Effort

    5,5
  7. Language

    Indonesian
  8. Course Type

    Instructor Paced
  9. Quota

    None
  10. Price

    Free
  11. Level

    Beginner
  12. Programming
Courses from Same University
Recommended Courses
© 2024 ICE Institute. All rights reserved.