MCGP0002 - Pembuatan Game Pong 2D
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Building Microgame: Pong 2D ini bertujuan untuk melatih peserta agar dapat memahami konsep fundamental pengembangan game 2D yang diimplementasikan ke dalam bentuk bentuk micro game Pong 2D. Peserta yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan memiliki dasar logika matematika dan algoritma pemrograman. Materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini meliputi pemahaman konsep Sprite/Image, 2D game mechanic, Artificial Intelligence serta User Interface menggunakan aplikasi Unity 3D Game Engine. Metode yang digunakan merupakan kombinasi antara modul, video, dan praktikum mandiri menggunakan “Predefined Game Project”. Asesmen pada mata kuliah adalah membuat project Pong 2D yang hasilnya dievaluasi secara mandiri berdasarkan file “Completed Game Project”.
Textbook:
Lanzinger, F. (2019). Classic Game Design: From Pong to Pac-Man with Unity Second Edition
Prerequisite mata kuliah: tidak ada.
Bobot sks: 2 (1 sks= 45 Jam)
Model Pembelajaran: Instructor-pace
Jenjang Pendidikan : Strata 1 - S1
Bidang ilmu: Game Technology
Tingkat mata kuliah: Basic
Technology dan sarana pembelajaran:
- LMS Open Edx: untuk mengakses materi dan forum
- Discord: untuk kolaborasi dan komunikasi
- Zoom: untuk pertemuan virtual tatap muka
- Unity dan Visual Studio 2019 Community version: untuk game engine
- Photon: untuk multiplayer sistem
Perangkat hardware dan software yang dibutuhkan dengan spesifikasi minimum adalah:
- Laptop/PC
- OS : Windows 7, 64-bit versions only
- CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
- Graphics : DX10, DX11, and DX12-capable GPUs
- Unity version: 2019.x
Versi pengembangan mata kuliah: 1.1
Jadwal perkuliahan: 6 September - 8 Desember 2024
Week | 2 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 6 | 6 | 7 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 11 | 12 | 12 | 12 | 13 |
Sesi | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | Quiz | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | Quiz | Final Project |
Mode | VC 1 | OL | OL | OL | OL | OL | VC 2 | Quiz 1 | VC 3 | OL | OL | OL | OL | OL | OL | OL | VC 4 | Quiz2 | |
Jadwal | 16 - 22 Sept 2024 | 23 - 29 Sept 2024 | 30 Sep - 6 Okt 2024 | 7 - 13 Okt 2024 | 14 - 20 Okt 2024 | 21 - 27 Okt 2024 | 28 Okt - 3 Nov 2024 | 4 - 10 Nov 2024 | 11 - 17 Nov 2024 | 18 - 24 Nov 2024 | 25 nov - 1 des 2024 | 2 - 8 Des 2024 |
Keterangan:
- VC: Video Conference
- OL: Self Learning
- Jadwal Video conference:
- VC1: 20 September 2024
- VC2: 18 Oktober 2024
- VC3: 25 Oktober 2024
- VC4: 29 November 2024
Capaian Pembelajaran
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu:
- Mahasiswa melakukan import Sprite/Image pada project Unity
- Mahasiswa membangun User Interace (UI) pada Canvas
- Mahasiswa menerapkan mekanik: PONG 2D
Topik-topik matakuliah ini:
-
- Sprite/Image
- Canvas Object
- User Interface Object
- PONG 2D Game Mechanic Part 1
- PONG 2D Game Mechanic Part 2
- PONG 2D Game Mechanic Part 3
- PONG 2D Game Mechanic Part 4
- PONG 2D Game Mechanic Part 5
- Configure Timer System
- Configure Scoring System
- Win/Lose Condition Part 1
- Win/Lose Condition Part 2
Evaluation:
Evaluation: | Bobot |
Tugas Individu | 20% |
Tugas Kelompok | 10% |
Progress exam 1 | 10% |
Progress exam 2 | 10% |
Poin Kehadiran | 10% |
Final Exam Course | 20% |
Project Capstone Alpha | 20% |
Total | 100% |
Syarat kelulusan untuk mata kuliah Pembuatan Game Pong 2D harus mencapai nilai akhir evaluasi minimum 51.
Segala bentuk tindak PLAGIARISME akan mendapatkan konsekuensi NILAI 0!
Komunikasi dan interaksi:
Komunikasi dilakukan dengan aktif di forum diskusi yang akan dijawab dan dibalas oleh mentor setiap harinya kecuali Sabtu-Minggu, jam 9.00-18.00 WIB.
Dosen Pengampu
Dosen
Dimas Ramdhan, S.Kom., M.Kom
email: [email protected]
Dimas Ramdhan merupakan dosen pada Program Game Application and Technology di BINUS University dengan pengalaman bekerja di industri (korporasi dan startup). Lulus S1 dari Program Game Application and Technologi serta lulus S2 pada Program Teknik Informatika di BINUS University. Terampil dalam pengembangan game khususnya pemodelan dan Animasi 3D, Desain Game dan mengkoordinasikan sebuah project. Aktif mengikuti kompetisi game development.
Mentor
Mentor 1:
Ivan Sebastian Edbert, S.Kom., M.Kom
Email: [email protected]
Ivan Sebastian Edbert merupakan dosen pada Computer Science Program di BINUS University dengan pengalaman bekerja di Industri (IT Consultant dan Startup). Lulus S1 dari program Sistem Informasi dan lulus S2 pada program Teknik Informatika di BINUS University. Sebagai Alumni dari Apple Developer Academy – BINUS Batch 2. Terampil dalam pengembangan aplikasi mobile berbasis iOS dan Android, Artificial Intelligence khususnya pada Computer Vision, dan Gamification.
Mentor 2:
Galih Dea Pratama, S.Kom, M.Kom.
Email: [email protected]
Galih Dea Pratama merupakan dosen pada Game Application and Technology Program di BINUS University, serta menyelesaikan studi S1 pada jurusan Teknik Informatika di Universitas Diponegoro dan studi S2 pada jurusan Teknik Informatika di BINUS University. Terampil dalam mengembangkan aplikasi berbasis web dan memiliki ketertarikan pada Game Design, Serious Games dan Gamification.