
Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah Introduction to Unity bertujuan untuk memperkenalkan Unity Game Engine secara konsep hingga praktek implementasi. Peserta diharapkan agar dapat memahami interface hingga fungsi dari setiap aspek pada Unity. Adapun mata kuliah ini akan membahas pegenalan Unity Interface, Pengenalan Gameobject, Asset Management, Package Manager hingga Build Project. Assestment pada mata kuliah ini ialah membuat File Executable Berbasis PC.
Textbook:
- Borromeo, N. A. (2020). Hands-on unity 2020 game development ed.
- Lavieri, E. (2018). Getting Started with Unity 2018: A Beginner's Guide to 2D and 3D game development with Unity. Packt Publishing Ltd.
- Thorn, A., Doran, J. P., Zucconi, A., & Palacios, J. (2019). Complete Unity 2018 Game Development: Explore techniques to build 2D/3D applications using real-world examples. Packt Publishing Ltd.
- Lanzinger, F. (2020). 2D Game Development with Unity. CRC+Press.
- Buttfield-Addison, P., Manning, J., & Nugent, T. (2019). Unity game development cookbook: essentials for every game. O'Reilly Media.
Bobot sks: 3 (1 sks= 45 Jam)
Model Pembelajaran: Instructor-pace
Jadwal perkuliahan:
Week | 1 | 1 | 1 | 2 | 3 | 4 | 4 | 5 | 5 | 6 | 7 | 8 | 8 | 8 | 9 |
Sesi | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | Final project |
Mode | VC 1 | OL | OL | OL | OL | OL | VC 2 | VC 3 | OL | OL | OL | OL | OL | VC 4 | |
Quiz 1 | Quiz 2 | ||||||||||||||
Jadwal | 15-Feb-2022 | 21-Feb-2022 | 28-Feb-2022 | 7-Mar-2022 | 14-Mar-2022 | 21-Mar-2022 | 28-Mar-2022 | 4-Apr-2022 | 11-Apr-2022 |
Keterangan:
- VC: Video Conference
- OL: Self Learning
Capaian Pembelajaran
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu:
- Mahasiswa melakukan import Asset multimedia pada Unity Engine
- Mahasiswa membuat gameobject 2D dan 3D pada Unity Engine
- Mahasiswa membuat file executable berbasis PC/Desktop pada Unity Engine
Evaluation:
Evaluation | Bobot |
Kuis | 40% |
Final project | 60% |
Dosen Pengampu
Dosen 1
Muhamad Fajar, S.Kom.
email : [email protected]
Muhanad Fajar merupakan tenaga Pengajar pada Program Studi Game Application and Technology di Binus University. Telah menyelesaikan studi S1 dari Program Studi Game Application and Technology di School of Computer Science, Binus University. Pernah mendapatkan kesempatan beasiwa S2 pada pada Program Studi Teknik Informatika di Binus Graduate Program, Binus University. Terlibat langsung dalam mengerjakan projek-projek Virtual Reality, Augmented Reality dan Game Development di Institusi Pendidikan hingga BUMN. Serta, berpengalaman dalam berkolaborasi pada projek-projek multimedia seperti Graphic Design , UI/UX Design hingga Video Editing.
Dosen 2
Dimas Ramdhan, S.Kom.
email: [email protected]
Dosen pada Program Game Application and Technology di BINUS University dengan pengalaman bekerja di industri (korporasi dan startup). Lulus S1 dari Program Game Application and Technologi serta lulus S2 pada Program Teknik Informatika di BINUS University. Terampil dalam pengembangan game khususnya pemodelan dan Animasi 3D, Desain Game dan mengkoordinasikan sebuah project. Aktif mengikuti kompetisi game development.