MCGP0001 - Introduction to Unity Game Engine
Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah Introduction to Unity bertujuan untuk memperkenalkan Unity Game Engine secara konsep hingga praktek implementasi. Peserta diharapkan agar dapat memahami interface hingga fungsi dari setiap aspek pada Unity. Adapun mata kuliah ini akan membahas pegenalan Unity Interface, Pengenalan Gameobject, Asset Management, Package Manager hingga Build Project. Assestment pada mata kuliah ini ialah membuat File Executable Berbasis PC.
Textbook:
-
- Borromeo, N. A. (2020). Hands-on unity 2020 game development ed.
- Lavieri, E. (2018). Getting Started with Unity 2018: A Beginner's Guide to 2D and 3D game development with Unity. Packt Publishing Ltd.
- Thorn, A., Doran, J. P., Zucconi, A., & Palacios, J. (2019). Complete Unity 2018 Game Development: Explore techniques to build 2D/3D applications using real-world examples. Packt Publishing Ltd.
- Lanzinger, F. (2020). 2D Game Development with Unity. CRC+Press.
- Buttfield-Addison, P., Manning, J., & Nugent, T. (2019). Unity game development cookbook: essentials for every game. O'Reilly Media.
Prerequisite mata kuliah: tidak ada.
Bobot sks: 3 (1 sks= 45 Jam)
Model Pembelajaran: Instructor-pace
Jenjang Pendidikan : Strata 1 - S1
Bidang ilmu: Game Technology
Tingkat mata kuliah: Basic
Technology dan sarana pembelajaran:
-
- LMS Open Edx: untuk mengakses materi dan forum
- Discord: untuk kolaborasi dan komunikasi
- Zoom: untuk pertemuan virtual tatap muka
- Unity dan Visual Studio 2019 Community version: untuk game engine
- Photon: untuk multiplayer sistem
Perangkat hardware dan software yang dibutuhkan dengan spesifikasi minimum adalah:
-
- Laptop/PC
- OS : Windows 7, 64-bit versions only
- CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
- Graphics : DX10, DX11, and DX12-capable GPUs
- Unity version: 2019.x
Versi pengembangan mata kuliah: 1.1
Jadwal perkuliahan: 6 September - 8 Desember 2024
Week | 1 | 1 | 1 | 2 | 2 | 3 | 4 | 5 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 12 | 12 | 13 |
Sesi | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | Quiz | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | Quiz | Final Project |
Mode | VC 1 | OL | VC 2 | VC 3 | OL | OL | OL | Quiz 1 | OL | OL | OL | OL | OL | OL | OL | OL | VC 4 | Quiz2 | |
Jadwal | 9 - 15 Sept 2024 | 16 - 22 Sept 2024 | 23 - 29 Sept 2024 | 30 Sep - 6 Okt 2024 | 7 - 13 Okt 2024 | 14 - 20 Okt 2024 | 21 - 27 Okt 2024 | 28 Okt - 3 Nov 2024 | 4 - 10 Nov 2024 | 11 - 17 Nov 2024 | 18 - 24 Nov 2024 | 25 nov - 1 des 2024 | 2 - 8 Des 2024 |
Keterangan:
- VC: Video Conference
- OL: Self Learning
- Jadwal Video conference:
- VC1: 9 September 2024
- VC2: 12 September 2024
- VC3: 16 September 2024
- VC4: 25 November 2024
Capaian Pembelajaran
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu:
- Mahasiswa melakukan import Asset multimedia pada Unity Engine
- Mahasiswa membuat gameobject 2D dan 3D pada Unity Engine
- Mahasiswa membuat file executable berbasis PC/Desktop pada Unity Engine
Topik-topik matakuliah ini:
- Introduction to Unity Interface Part A
- Introduction to Unity Interface Part B
- Working with 2D Imported Assets
- Working with 3D Imported Assets
- Working with Scene and UI
- Working with 2D Game objects
- Working with 3D Game objects
- Unity Project Organizations
- Unity Package Manager
- Building The Project
- Metaverse 101
- eXtended Reality
Evaluation:
Evaluation: | Bobot |
Tugas Individu | 20% |
Tugas Kelompok | 10% |
Progress exam 1 | 10% |
Progress exam 2 | 10% |
Poin Kehadiran | 10% |
Final Exam Course | 20% |
Project Capstone Alpha | 20% |
Total | 100% |
Syarat kelulusan untuk mata kuliah Intro to Unity harus mencapai nilai akhir evaluasi minimum 51.
Segala bentuk tindak PLAGIARISME akan mendapatkan konsekuensi NILAI 0!
Komunikasi dan interaksi:
Komunikasi dilakukan dengan aktif di forum diskusi yang akan dijawab dan dibalas oleh mentor setiap harinya kecuali Sabtu-Minggu, jam 9.00-18.00 WIB.
Dosen Pengampu
Muhamad Fajar, S.Kom., M.Kom
email : [email protected]
Muhamad Fajar merupakan tenaga Pengajar pada Program Studi Game Application and Technology di Binus University. Telah menyelesaikan studi S1 dari Program Studi Game Application and Technology di School of Computer Science, Binus University. Pernah mendapatkan kesempatan beasiwa S2 pada pada Program Studi Teknik Informatika di Binus Graduate Program, Binus University. Terlibat langsung dalam mengerjakan projek-projek Virtual Reality, Augmented Reality dan Game Development di Institusi Pendidikan hingga BUMN. Serta, berpengalaman dalam berkolaborasi pada projek-projek multimedia seperti Graphic Design , UI/UX Design hingga Video Editing.
Mentor
Mentor 1:
Ivan Sebastian Edbert, S.Kom., M.Kom
Email: [email protected]
Ivan Sebastian Edbert merupakan dosen pada Computer Science Program di BINUS University dengan pengalaman bekerja di Industri (IT Consultant dan Startup). Lulus S1 dari program Sistem Informasi dan lulus S2 pada program Teknik Informatika di BINUS University. Sebagai Alumni dari Apple Developer Academy – BINUS Batch 2. Terampil dalam pengembangan aplikasi mobile berbasis iOS dan Android, Artificial Intelligence khususnya pada Computer Vision, dan Gamification.
Mentor 2:
Galih Dea Pratama, S.Kom, M.Kom.
Email: [email protected]
Galih Dea Pratama merupakan dosen pada Game Application and Technology Program di BINUS University, serta menyelesaikan studi S1 pada jurusan Teknik Informatika di Universitas Diponegoro dan studi S2 pada jurusan Teknik Informatika di BINUS University. Terampil dalam mengembangkan aplikasi berbasis web dan memiliki ketertarikan pada Game Design, Serious Games dan Gamification.