Skip to main content

Interaksi Manusia dan Komputer


UPHx

Free

Enrollment in this course is by invitation only

 

Bidang Ilmu Mata Kuliah: Ilmu Komputer

Bobot SKS : 3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Interaksi Manusia Komputer merupakan bidang studi yang mempelajari aspek-aspek yang mempengaruhi interaksi antara manusia/user dan komputer (aspek: manusia, hardware, software, lingkungan), serta cara-cara untuk meningkatkan kemudahan penggunaan komputer oleh user (usability).

Mata kuliah ini akan fokus pada perancangan UI/UX Design. Mahasiswa akan mempelajari UI/UX Design dari awal hingga dapat mengerjakan project dengan menerapkan metode yang tepat dan sistematis.
Pembelajaran dalam mata kuliah ini dilakukan dengan self-paced.

 

Capaian Pembelajaran

  1. Mahasiswa memahami konsep dasar User Interface dan User Experience
  2. Mahasiswa memahami tahapan dalam Design Thinking
  3. Mahasiswa dapat membuat User Flow sebagai bagian dari proses UX Design
  4. Mahasiswa memahami Fundamental dari UI Design serta mampu membuat UI Design
  5. Mahasiswa dapat membuat Prototyping sebagai bagian dari proses UX Design
  6. Mahasiswa dapat memahami bagaimana melakukan Usability Testing sebagai bagian dari proses UX Design

 

Silabus

Modul 1 : Pengantar Intraksi Manusia dan Komputer

    • Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer
    • Pengantar UI dan UX
    • Pengantar HCD

Modul 2: Design Thinking

    • Tahapan Design Thinking
    • Pengenalan konsep Double Diamond
    • Pernyataan PoV
    • Pengenalan HMW

Modul 3 : Define & Ideate Process

    • Define Process
    • Ideate Process
    • Praktik Proses Define dengan Figma
    • Praktik Proses Ideate dengan Figma

Modul 4: User Flow & Wireframe

    • Pengantar User Flow
    • Pengantar Wireframe
    • Praktik User Flow
    • Praktik Wireframe

UTS

Modul 5: Fundamental of UI Designs & Design System

    • Fundamental of UI Designs

Modul 6: Design System & Praktik UI (Figma)

    • Pengantar Design System
    • Praktik membuat UI Style Guide (UI Kit)
    • Praktik Desain UI dengan Figma

Modul 7: Prototyping

    • Pengenalan Konsep Prototyping
    • Praktik Membuat Prototyping dengan Figma

Modul 8 : User Research

    • Pengenalan Konsep User Research
    • Macam-Macam Usability Metric
    • Persiapan Usability Testing

UAS

Course's Feedback

5.0/5

1 assessment(s)

  1. Course Number

    SYS07201-03103446101016
  2. Enrollment Start

  3. Enrollment End

    Sep 30, 2024
  4. Class Start

  5. Class End

    Dec 14, 2024
  6. Estimated Effort

    510 Menit
  7. Language

    English
  8. Course Type

    Self Paced
  9. Quota

    None
  10. Price

    Free
  11. Level

    Advanced
Courses from Same University
Recommended Courses
© 2024 ICE Institute. All rights reserved.