
Selamat Datang di
Mata Kuliah Perilaku Konsumen dan Kewirausahaan
Capaian Pembelajaran:
Setelah menyelesaikan perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mahasiswa menguasai konsep dasar dan teori psikologi untuk menggambarkan dan menganalisis berbagai gejala psikologi pada individu, kelompok, dan organisasi sebagai konsumen.
- Mahasiswa mampu menganalisis dan menggambarkan gejala psikologi individu pada konteks entrepreneurship.
- Mahasiswa mampu menyusun pengkajian mengenai implikasi pengembangan atau implementasi prinsip-prinsip psikologi konsumen berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam menghasilkan solusi yang konstruktif.
- Mahasiswa mampu menganalisis isu-isu perilaku konsumen terkini, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya berdasarkan perspektif psikologi.
- Mahasiswa mampu menyusun konsep rencana bisnis dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
Silabus:
Modul 1
- Topik 1:Technology and Consumer Behavior
- Topik 2: Consumer Motivation and Personality
- Topik 3: Consumer Perception
- Topik 4: Consumer Learning
- Topik 5: Reference Group and Word-of-mouth
- Topik 6: Culture and Subculture Influence on Consumer Behavior
- Topik 7: Decision-Making, Innovation, and Marketing Ethics
- Topik 8: Consumer Research
Modul 2
- Topik 9: Consumer Attitude Formation and Change
Modul 3
- Topik 10: Segmentation, Targeting, and Positioning
- Topik 11: Persuading Consumer
- Topik 12: Social and Mobile Media Advertising
Modul 4
- Topik 13: Enterpreneurship and Business Plan
Topik 14: Proposal Kewirausahaan Mahasiswa
Mata Kuliah: Perilaku Konsumen dan Kewirausahaan
Universitas Penyelenggara: Universitas Pelita Harapan (UPH)
Rencana waktu untuk menyelesaikan modul: 8 minggu
Karakteristik Mata Kuliah : Self Paced
Kode Matakuliah : PSY 20202
Bidang Ilmu Mata Kuliah: Psikologi
Bobot SKS: 3 SKS
Kode Versi Pengembangan Mata Kuliah: 01010823
Jenjang : Strata 1
Dosen Pengampu

SAMUEL ADIPRASETYA ISAPUTRA, M.PSI., PSIKOLOG
Samuel is a psychology lecturer at Pelita Harapan University. He usually teaches Consumer Behavior, Entrepreneurship, and Organizational Behavior courses. His areas of interest include consumer behavior, financial technology, and communication within organizations and consumer contexts. He has a bachelor’s degree in psychology from Sanata Dharma University and master's degree in psychology from Gadjah Mada University. In addition, he is licensed as a psychologist, a member of the Indonesian Psychological Association and the Industrial and Organizational Psychology Association.