Skip to main content

Perilaku Konsumen dan Kewirausahaan


UPHx

IDR 140,415.00

Enrollment is Closed

Selamat Datang di

Mata Kuliah Perilaku Konsumen dan Kewirausahaan

Mata Kuliah: Perilaku Konsumen dan Kewirausahaan

Universitas Penyelenggara: Universitas Pelita Harapan (UPH)

Rencana waktu untuk menyelesaikan modul: 8 minggu

Karakteristik Mata Kuliah : Self Paced

Kode Matakuliah : PSY 20202

Bidang Ilmu Mata Kuliah: Psikologi

Bobot SKS: 3 SKS

Kode Versi Pengembangan Mata Kuliah: 01010823

Jenjang : Strata 1

 

Capaian Pembelajaran:

Setelah menyelesaikan perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mahasiswa menguasai konsep dasar dan teori psikologi untuk menggambarkan dan menganalisis berbagai gejala psikologi pada individu, kelompok, dan organisasi sebagai konsumen.
  2. Mahasiswa mampu menganalisis dan menggambarkan gejala psikologi individu pada konteks entrepreneurship.
  3. Mahasiswa mampu menyusun pengkajian mengenai implikasi pengembangan atau implementasi prinsip-prinsip psikologi konsumen berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam menghasilkan solusi yang konstruktif.
  4. Mahasiswa mampu menganalisis isu-isu perilaku konsumen terkini, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya berdasarkan perspektif psikologi.
  5. Mahasiswa mampu menyusun konsep rencana bisnis dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.

 

Silabus:

Modul 1

  1. Topik 1:Technology and Consumer Behavior

     

  2. Topik 2: Consumer Motivation and Personality

     

  3. Topik 3: Consumer Perception

     

  4. Topik 4: Consumer Learning

     

  5. Topik 5: Reference Group and Word-of-mouth

     

  6. Topik 6: Culture and Subculture Influence on Consumer Behavior
  7. Topik 7: Decision-Making, Innovation, and Marketing Ethics

     

  8. Topik 8: Consumer Research

 

Modul 2

  1. Topik 9: Consumer Attitude Formation and Change

     

 

Modul 3

  1. Topik 10: Segmentation, Targeting, and Positioning

     

  2. Topik 11: Persuading Consumer

     

  3. Topik 12: Social and Mobile Media Advertising

     

 

Modul 4

  1. Topik 13: Enterpreneurship and Business Plan

     

  2. Topik 14: Proposal Kewirausahaan Mahasiswa

     

 

REFERENSI:

Schiffman, L.G. & Wisenblit. J.L. (2015). Consumer Behavior (11th Ed.). Boston : Pearson EducationHisrich, R.D., Peters, M.P., & Shepherd, D.A. (2017). Entrepreneurship (10th Ed.). New York: McGraw-Hill EducationFarradinna, S. & Winbaktianur (2022). Psikologi Kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Salemba HumanikaAs'ad, M. (2008). Psikologi industri: Seri ilmu sumber daya manusia. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta


 

  1. Course Number

    PSY20202
  2. Enrollment Start

  3. Enrollment End

    Feb 28, 2025
  4. Class Start

  5. Class End

    Jun 30, 2025
  6. Language

    Indonesian
  7. Course Type

    Self Paced
  8. Quota

    None
  9. Price

    IDR 140,415.00
  10. Level

    Advanced
Courses from Same University
Recommended Courses
© 2024 ICE Institute. All rights reserved.