
Selamat Datang di
Mata Kuliah Perilaku Konsumen dan Kewirausahaan
Mata Kuliah: Perilaku Konsumen dan Kewirausahaan
Universitas Penyelenggara: Universitas Pelita Harapan (UPH)
Rencana waktu untuk menyelesaikan modul: 8 minggu
Karakteristik Mata Kuliah : Self Paced
Kode Matakuliah : PSY 20202
Bidang Ilmu Mata Kuliah: Psikologi
Bobot SKS: 3 SKS
Kode Versi Pengembangan Mata Kuliah: 01010823
Jenjang : Strata 1
Capaian Pembelajaran:
Setelah menyelesaikan perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mahasiswa menguasai konsep dasar dan teori psikologi untuk menggambarkan dan menganalisis berbagai gejala psikologi pada individu, kelompok, dan organisasi sebagai konsumen.
- Mahasiswa mampu menganalisis dan menggambarkan gejala psikologi individu pada konteks entrepreneurship.
- Mahasiswa mampu menyusun pengkajian mengenai implikasi pengembangan atau implementasi prinsip-prinsip psikologi konsumen berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam menghasilkan solusi yang konstruktif.
- Mahasiswa mampu menganalisis isu-isu perilaku konsumen terkini, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya berdasarkan perspektif psikologi.
- Mahasiswa mampu menyusun konsep rencana bisnis dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
Silabus:
Modul 1
Topik 1:Technology and Consumer Behavior
Topik 2: Consumer Motivation and Personality
Topik 3: Consumer Perception
Topik 4: Consumer Learning
Topik 5: Reference Group and Word-of-mouth
- Topik 6: Culture and Subculture Influence on Consumer Behavior
Topik 7: Decision-Making, Innovation, and Marketing Ethics
- Topik 8: Consumer Research
Modul 2
Topik 9: Consumer Attitude Formation and Change
Modul 3
Topik 10: Segmentation, Targeting, and Positioning
Topik 11: Persuading Consumer
Topik 12: Social and Mobile Media Advertising
Modul 4
Topik 13: Enterpreneurship and Business Plan
Topik 14: Proposal Kewirausahaan Mahasiswa
REFERENSI:
Schiffman, L.G. & Wisenblit. J.L. (2015). Consumer Behavior (11th Ed.). Boston : Pearson EducationHisrich, R.D., Peters, M.P., & Shepherd, D.A. (2017). Entrepreneurship (10th Ed.). New York: McGraw-Hill EducationFarradinna, S. & Winbaktianur (2022). Psikologi Kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Salemba HumanikaAs'ad, M. (2008). Psikologi industri: Seri ilmu sumber daya manusia. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta