Skip to main content

Perilaku Konsumen dan Kewirausahaan


UPHx

IDR 140415.00

Enrollment is Closed

Deskripsi

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan dalam kelompok peminatan Psikologi Industri Organisasi. Mahasiswa diharapkan mampu memahami berbagai perilaku masyarakat yang muncul terhadap stimulasi yang diciptakan oleh pasar, serta mengetahui pemanfaatan strategi psikologi oleh industri dalam memprediksi dan mengelola perilaku konsumen. Perilaku konsumen pada masyarakat juga akan dikaitkan dengan perspektif kekekalan yang tidak bertolak belakang dengan perspektif wawasan Kristen Alkitabiah. Selain itu, akan dibahas pula aspek-aspek psikologis yang terlibat dalam pembentukan sifat kewirausahaan pada individu, pembuatan rencana bisnis (business plan), dan bagaimana mengatasi persoalan psikologis pada suatu usaha bisnis.

Bidang Ilmu Mata Kuliah: Psikologi

Bobot SKS: 3 SKS

Jenjang : Strata 1

 

Capaian Pembelajaran:

Setelah menyelesaikan perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mahasiswa menguasai konsep dasar dan teori psikologi untuk menggambarkan dan menganalisis berbagai gejala psikologi pada individu, kelompok, dan organisasi sebagai konsumen.
  2. Mahasiswa mampu menganalisis dan menggambarkan gejala psikologi individu pada konteks entrepreneurship.
  3. Mahasiswa mampu menyusun pengkajian mengenai implikasi pengembangan atau implementasi prinsip-prinsip psikologi konsumen berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam menghasilkan solusi yang konstruktif.
  4. Mahasiswa mampu menganalisis isu-isu perilaku konsumen terkini, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya berdasarkan perspektif psikologi.
  5. Mahasiswa mampu menyusun konsep rencana bisnis dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.

 

Silabus:

Modul 1

  1. Topik 1:Technology and Consumer Behavior
  2. Topik 2: Consumer Motivation and Personality
  3. Topik 3: Consumer Perception
  4. Topik 4: Consumer Learning
  5. Topik 5: Reference Group and Word-of-mouth
  6. Topik 6: Culture and Subculture Influence on Consumer Behavior
  7. Topik 7: Decision-Making, Innovation, and Marketing Ethics
  8. Topik 8: Consumer Research

 

Modul 2

  1. Topik 9: Consumer Attitude Formation and Change

     

Modul 3

  1. Topik 10: Segmentation, Targeting, and Positioning
  2. Topik 11: Persuading Consumer
  3. Topik 12: Social and Mobile Media Advertising

     

Modul 4

  1. Topik 13: Enterpreneurship and Business Plan
  2. Topik 14: Proposal Kewirausahaan Mahasiswa

Course's Feedback

3.0/5

1 assessment(s)

  1. Course Number

    PSY20202
  2. Enrollment Start

  3. Enrollment End

    Sep 30, 2024
  4. Class Start

  5. Class End

    Dec 14, 2024
  6. Language

    Indonesian
  7. Course Type

    Self Paced
  8. Quota

    None
  9. Price

    IDR 140415.00
  10. Level

    Advanced
Courses from Same University
Recommended Courses
© 2024 ICE Institute. All rights reserved.