Deskripsi
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan dalam kelompok peminatan Psikologi Industri Organisasi. Mahasiswa diharapkan mampu memahami berbagai perilaku masyarakat yang muncul terhadap stimulasi yang diciptakan oleh pasar, serta mengetahui pemanfaatan strategi psikologi oleh industri dalam memprediksi dan mengelola perilaku konsumen. Perilaku konsumen pada masyarakat juga akan dikaitkan dengan perspektif kekekalan yang tidak bertolak belakang dengan perspektif wawasan Kristen Alkitabiah. Selain itu, akan dibahas pula aspek-aspek psikologis yang terlibat dalam pembentukan sifat kewirausahaan pada individu, pembuatan rencana bisnis (business plan), dan bagaimana mengatasi persoalan psikologis pada suatu usaha bisnis.
Bidang Ilmu Mata Kuliah: Psikologi
Bobot SKS: 3 SKS
Jenjang : Strata 1
Capaian Pembelajaran:
Setelah menyelesaikan perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mahasiswa menguasai konsep dasar dan teori psikologi untuk menggambarkan dan menganalisis berbagai gejala psikologi pada individu, kelompok, dan organisasi sebagai konsumen.
- Mahasiswa mampu menganalisis dan menggambarkan gejala psikologi individu pada konteks entrepreneurship.
- Mahasiswa mampu menyusun pengkajian mengenai implikasi pengembangan atau implementasi prinsip-prinsip psikologi konsumen berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam menghasilkan solusi yang konstruktif.
- Mahasiswa mampu menganalisis isu-isu perilaku konsumen terkini, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya berdasarkan perspektif psikologi.
- Mahasiswa mampu menyusun konsep rencana bisnis dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
Silabus:
Modul 1
- Topik 1:Technology and Consumer Behavior
- Topik 2: Consumer Motivation and Personality
- Topik 3: Consumer Perception
- Topik 4: Consumer Learning
- Topik 5: Reference Group and Word-of-mouth
- Topik 6: Culture and Subculture Influence on Consumer Behavior
- Topik 7: Decision-Making, Innovation, and Marketing Ethics
- Topik 8: Consumer Research
Modul 2
- Topik 9: Consumer Attitude Formation and Change
Modul 3
- Topik 10: Segmentation, Targeting, and Positioning
- Topik 11: Persuading Consumer
- Topik 12: Social and Mobile Media Advertising
Modul 4
- Topik 13: Enterpreneurship and Business Plan
- Topik 14: Proposal Kewirausahaan Mahasiswa
Course's Feedback
3.0/5
1 assessment(s)