
Deskripsi
Course Instructional Game Design adalah course daring yang ditujukan bagi para mahasiswa (S1) atau mereka yang berprofesi sebagai seorang game designer atau instructional designer yang memiliki passion dalam mendesain dan merancang game untuk Edukasi (Educational Game). Pada Course ini, mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dasar terkait game, element game, juga metode desain instruksional : gamifikasi/game-based learning yang dapat diterapkan untuk pembuatan sebuah Game Edukasi. Mahasiswa juga akan mempraktekkan bagaimana proses merancang game Edukasi dengan menggunakan pendekatan Desain Thinking. Mahasiswa akan berlatih merancang Game Design Document dan mengembangkan Low Fidelity Prototype untuk menunjukkan UI/UX dan game flow prototype game Edukasi yang menarik. Course ini merupakan mata kuliah daring berbasis project yang harus ditempuh selama kurang lebih 16 minggu (40 jam). Siswa akan belajar secara daring dengan panduan pengajar yang professional di bidangnya. Terdapat materi dan audio visual yang dapat diakses dan dipelajari secara mandiri oleh siswa. Pada akhirnya pengukuran kompetensi dilakukan melalui pengumpulan portfolio Game Design Document dan Low Fidelity Prototype yang menunjukkan UI/UX dan game flow dari Game Visual Novel yang dikembangkan sendiri oleh siswa.
TUJUAN PROGRAM
Modul pembelajaran Instructional Game Design ini memiliki tujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi untuk merancang UI dan UX Educational Game bertipe Visual Novel dengan memanfaatkan metode desain instruksional dan pendekatan design thinking.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM
Setelah mengikuti MK Instructional Game Design mahasiswa diharapkan dapat menjadi seorang lulusan yang kompeten untuk menerapkan desain instruksional dalam pembuatan Educational Game
CAPAIAN
Capaian pembelajaran mata kuliah ini adalah sebagai berikut:
- Memiliki pengetahuan tentang: metode dan strategi desain instruksional secara umum dan desain thinking secara khusus dalam merancang User Interface dan User Experience untuk pembuatan Educational Game
- Dapat menjelaskan perbedaan antara Educational Game dengan Entertainment Game, Game-based Learning dengan Gamification
- Memiliki keterampilan khusus dalam menuliskan narasi dan karakter yang relevan dan otentik sesuai dengan skenario yang dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran ke-dalam bentuk game design document (GDD) dan storyboard.
- Memiliki keterampilan umum dalam menganalisa permasalahan pembelajaran (critical thinking) untuk dapat dicarikan solusinya dengan dukungan gamifikasi
- Memiliki sikap: kritis, berwawasan terbuka, berempati dan kolaboratif
COURSE OUTLINE
- Topik 1: Educational vs Entertainment Game
- Topik 2: Aspect in Educational Game Development
- Topik 3: Instructional Game Design
- Topik 4: Story-based Learning
- Topik 5: Scenario-based Learning
- PROJECT INITIATION
- Topik 6: Design Thinking for Instructional Design, Phase 1 "Emphatize & Phase 2 "Define Problem
- Topik 7-1: Phase 3 "Ideate"
- Topik 7-2: Tutorial/Problem Solving Phase 1-3
- Topik 8: Phase 4 "Prototype"
- Topik 9-1: Phase 5 "Testing"
- Topik 9-2: Tutorial/Problem Solving Phase 4-5
Pengajar
Anita Suhendro, S.Kom., M.Pd
I am an Instructional Designer who have skills in designing the instruction for Online Learning courseware. I have passion in story telling, graphic design, designing UI|UX for learning object, multimedia and do gamification. As an educator, i try to implement and improves my skills through lecturing, trainings, provide workshops and mentoring sessions related to Instructional Design, Online and Blended Learning and Gamification.
Guest Speaker :
Dr. Rijanto Purbojo, S.Psi, M.Sc Dr. Rijanto Purbojo, M.Si. merupakan Dosen Program Studi Psikologi. Dia mengajar mata kuliah Psikologi Pendidikan, dan Psikodiagnostik 2: Teknik Observasi. Bidang minatnya meliputi online learning, psikologi penilaian, dan teknologi edukasi. Ia memperoleh gelar Sarjana dan Profesi Psikologi dari Universitas Padjajaran di Bandung, Master of Science in Education and Training System Design dan Doctor of Instructional Technology dari Universiteit Twente di Enschede, The Netherlands. Dia juga merupakan seorang Psikolog di bidang pendidikan dan teknologi pendidikan. | Stella Stefany, S.Sos., M.I.Kom Stella Stefany, S.Sos., M.I.Kom. merupakan Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Dia mengajar mata kuliah Teori Komunikasi, Desain Penelitian Kuantitatif, dan Pengantar Ilmu Komunikasi. Ia memperoleh gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dari Universitas Pelita Harapan, dan gelar Magister Ilmu Komunikasi dari Universitas Sumatera Utara. |
REFERENSI
- Boller, S., & Kapp, K. M. (2017). Play to Learn : Everything You Need to Know About Designing Effective Learning Games. Association For Talent Development.
- Chou, Y.-K. (2019). Actionable Gamification : Beyond Points, Badges, and Leaderboards. Packt Publishing.
- Daul, S. (2014). Game Design for Learning. American Society for Training & Development.
- Ennio De Nucci, & Adam Kramarzewski. (2018). Practical Game Design : Learn the Art of Game Design Through Applicable Skills and Cutting-edge Insights. Packt Publishing.
Tobias, S. (2011). Computer Games and Instruction. Information Age Publishing; ISBN : 9781617354083. 9781617354106. Accessed June 15, 2022. https://ezproxy.library.uph.edu:2110/login.aspx?direct=true&db=nlebk&AN=469781&site=ehost-live
Course's Feedback
5.0/5
4 assessment(s)