
Deskripsi Mata Kuliah
Course Advanced RenPy Programming merupakan course daring lanjutan mengenai fitur-fitur Ren’Py di tingkat lanjutan.
Dalam mata kuliah ini, siswa akan mempelajari bagaimana menggunakan fitur-fitur Ren’Py tingkat lanjut dan mengimplementasikan dalam game yang telah dibuat.
Fitur-fitur yang akan diajarkan melingkupi bagaimana membuat assessment pembelajaran dalam game, fitur-fitur GUI tingkat lanjut, dan bagaimana membangun aplikasi Ren’Py untuk berbagai platform.
Course ini merupakan mata kuliah daring berbasis project yang harus ditempuh selama kurang lebih 30 jam pembelajaran.
Siswa akan belajar secara daring dengan panduan pengajar yang professional di bidangnya.
Terdapat materi dan audio visual berupa tutorial yang dapat diakses dan dipelajari secara mandiri oleh siswa.
Pada akhirnya pengukuran kompetensi dilakukan melalui pengumpulan portfolio proyek game yang dikembangkan sendiri oleh siswa dengan menggunakan RenPy.
Capaian Mata Kuliah
- Siswa mampu merancang modul assessment dalam game menggunakan fitur tingkat lanjut Ren’Py;
- Siswa mampu mengkreasikan elemen dan komponen GUI khusus dalam Ren’Py;
- Siswa mampu membangun game Ren’Py dalam berbagai macam platform.
Mata Kuliah Prasyarat: Tidak ada mata kuliah prasyarat.
Bobot SKS: 5
Model Pembelajaran: Instructor-paced
Jenjang Pendidikan: S1
Bidang Ilmu: Ilmu Komputer
Tingkat Mata Kuliah: Mudah
Teknologi & Sarana Pembelajaran: Online vicon via Teams dan asynchronous via LMS
Perangkat Hardware & Software:
- Laptop/PC yang terinstall Ren'Py 8.1.1 (https://renpy.org/latest.html) bagi yang komputernya 64-bit atau Ren'Py 7.6.1 (https://renpy.org/latest-7.html) bagi yang komputernya 32-bit.
- Contoh game untuk mata kuliah ini Gems Of Nusantara 3 (For PC) untuk Windows dan Linux atau Gems Of Nusantara 3 (For Mac) untuk Mac
Versi Pengembangan Mata Kuliah: 1.0
Topik Mata Kuliah
- Penggunaan Developer Mode dalam RenPy (Vicon)
- Penggunaan persistent data dalam RenPy
- Pembuatan mekanisme point and click dalam RenPy
- Pembuatan mekanisme drag and drop dalam RenPy
- Pembuatan mekanisme Quick Time Event dalam RenPy
- Penggunaan Developer Mode dan Check Script untuk membantu pemrograman game mechanics (Vicon)
- Pembuatan bank soal untuk kuis
- Pembuatan randomisasi soal dan jawaban
- Pembuatan variasi randomisasi soal dan jawaban
- Pembuatan batas waktu untuk kuis
- Pembuatan kuis dengan timer, bank soal yang dapat dirandomisasi dan memiliki variasi soal serta jawaban (Vicon)
- Pembuatan game RenPy dengan target untuk dimainkan di PC (Windows dan Linux)
- Pembuatan game RenPy dengan target untuk dimainkan di PC (Macintosh)
- Pembuatan game RenPy dengan target untuk dimainkan di Web
- Pembuatan game RenPy dengan target untuk dimainkan di Android
- Penyelesaian masalah pembuatan game Ren'Py untuk berbagai platform (Vicon)
Profil Dosen Pengampu:
![]() |
Kusno Prasetya, Ph.D. ([email protected]) merupakan Dosen Program Studi Sistem Informasi. Bidang minatnya meliputi sistem informasi, kecerdasan artificial, analisis data, dan jaringan untuk massive multiplayer online gaming (MMOG). Ia memperoleh gelar S1 Sarjana Komputer dari Sekolah Tinggi Teknik Surabaya, gelar Master of Information Technology (Hons) dan Doctor of Philosophy in Information Technology (PhD) dari Bond University di Australia. |
![]() ![]() |
Dr. Louis Khrisna Putera Suryapranata, S.Kom., M.TI. ([email protected]) merupakan dosen Program Studi Teknik Informatika. Bidang minatnya meliputi pengembangan game dan gamifikasi. Ia memperoleh gelar S1 Teknik Informatika, S2 Teknik Informatika, dan S3 Computer Science dari Univeristas Bina Nusantara. Ia juga merupakan seorang Game Developer di Eterna Palace Games. |