Deskripsi Mata Kuliah
Course Implementing Creative Game System for RenPy merupakan course daring mengenai penerapan konsep gamifikasi pada pembelajaran yang difasilitasi dengan pembuatan game edukasi dengan menggunakan Ren’Py.
Dalam course ini, siswa diharapkan dapat membuat sebuah educational game dengan mengaplikasikan tahapan rancangan pembuatan game untuk materi ajar melalui program Ren’Py.
Siswa akan dikenalkan mengenai basic GUI dalam Ren'Py untuk memasukkan materi atau bahan ajar kedalam game yang dirancang. Siswa akan belajar untuk membuat kuis sederhana denga tipe soal pilihan ganda dan isian singkat.
Siswa juga akan belajar menganimasikan konten dalam game dengan bahasa pemrograman bawaan Ren'Py. Course ini merupakan mata kuliah daring berbasis project yang harus ditempuh selama kurang lebih 30 jam pembelajaran.
Siswa akan belajar secara daring dengan panduan pengajar yang professional di bidangnya. Terdapat materi dan audio visual berupa tutorial yang dapat diakses dan dipelajari secara mandiri oleh siswa.
Pada akhirnya pengukuran kompetensi dilakukan melalui pengumpulan portfolio proyek game yang dikembangkan sendiri oleh siswa dengan menggunakan RenPy.
Capaian Mata Kuliah
- Siswa mampu melakukan instalasi dan konfigurasi Ren’Py;
- Siswa mampu menjelaskan konsep dasar pemrograman menggunakan Ren’Py;
- Siswa mampu menggunakan Ren’Py untuk menciptakan game sederhana yang bertipe visual novel;
Bobot SKS: 3
Model Pembelajaran: Instructor-paced
Jenjang Pendidikan: S1
Bidang Ilmu: Ilmu Komputer
Tingkat Mata Kuliah: Mudah
Teknologi & Sarana Pembelajaran: Online vicon via Teams dan asynchronous via LMS.
Perangkat Hardware & Software:
- Laptop/PC yang terinstall Ren'Py 8.1.1 (https://renpy.org/latest.html) bagi yang komputernya 64-bit atau Ren'Py 7.6.1 (https://renpy.org/latest-7.html) bagi yang komputernya 32-bit.
- Contoh game untuk mata kuliah ini Gems Of Nusantara 2 (For PC) untuk Windows dan Linux atau Gems Of Nusantara 2 (For Mac) untuk Mac
Versi Pengembangan Mata Kuliah: 1.0
Jadwal Perkuliahan: Vicon setiap Selasa dan Jumat 13:00-14:40, mulai 1 September 2023 sampai 12 September 2023
Topik Mata Kuliah
- Penggunaan screen dalam RenPy (Vicon)
- Penerapan elemen Button dalam game
- Penerapan elemen Textbutton dalam game
- Penerapan elemen Imagebutton dalam game
- Penerapan elemen Vbox dalam game
- Penerapan elemen Hbox dalam game
- Penerapan elemen Grid dalam game
- Pembuatan desain UI untuk penyajian materi ajar (Vicon)
- Pembuatan soal pilihan ganda dalam game
- Penerapan perintah Input dalam game
- Pembuatan soal jawaban singkat dalam game
- Penerapan sistem reward & punishment dalam game
- Pembuatan kuis sederhana dengan reward & punishment dalam RenPy (Vicon)
- Penerapan elemen Imagemap dalam game
- Penerapan Animation & Transformation Language dalam RenPy
- Penggunaan imagemap dan ATL untuk penyajian materi ajar (Vicon)
Profil Dosen Pengampu:
Kusno Prasetya, Ph.D. ([email protected]) merupakan Dosen Program Studi Sistem Informasi. Bidang minatnya meliputi sistem informasi, kecerdasan artificial, analisis data, dan jaringan untuk massive multiplayer online gaming (MMOG). Ia memperoleh gelar S1 Sarjana Komputer dari Sekolah Tinggi Teknik Surabaya, gelar Master of Information Technology (Hons) dan Doctor of Philosophy in Information Technology (PhD) dari Bond University di Australia. |
Dr. Louis Khrisna Putera Suryapranata, S.Kom., M.TI. ([email protected]) merupakan dosen Program Studi Teknik Informatika. Bidang minatnya meliputi pengembangan game dan gamifikasi. Ia memperoleh gelar S1 Teknik Informatika, S2 Teknik Informatika, dan S3 Computer Science dari Univeristas Bina Nusantara. Ia juga merupakan seorang Game Developer di Eterna Palace Games. |