Skip to main content

Introduction to RenPy Game Programming


UPHx

Free

Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi Mata Kuliah

Course Introduction to Ren'Py Programming merupakan course daring mengenai pengenalan pada Ren’Py.
Dalam mata kuliah ini, siswa akan mempelajari bagaimana cara untuk melakukan instalasi dan konfigurasi dengan baik dan benar agar siap untuk digunakan dalam pembuatan game.
Dalam mata kuliah ini juga akan diajarkan konsep dasar pemrograman menggunakan Ren’Py dan menerapkannya dalam membuat game sederhana.
Course ini merupakan mata kuliah daring berbasis project yang harus ditempuh selama kurang lebih 30 jam pembelajaran.
Siswa akan belajar secara daring dengan panduan pengajar yang professional di bidangnya.
Terdapat materi dan audio visual berupa tutorial yang dapat diakses dan dipelajari secara mandiri oleh siswa.
Pada akhirnya pengukuran kompetensi dilakukan melalui pengumpulan portfolio proyek game yang dikembangkan sendiri oleh siswa dengan menggunakan Ren'Py.

Capaian Mata Kuliah

  • Siswa mampu melakukan instalasi dan konfigurasi Ren’Py;
  • Siswa mampu menjelaskan konsep dasar pemrograman menggunakan Ren’Py;
  • Siswa mampu menggunakan Ren’Py untuk menciptakan game sederhana yang bertipe visual novel;

Textbook: "Game Development with Ren’Py: Introduction to Visual Novel Games Using Ren’Py, TyranoBuilder, and Twine", Robert Ciesla, 2019.

Mata Kuliah Prasyarat: Tidak ada mata kuliah prasyarat.

Bobot SKS: 2

Model Pembelajaran: Instructor-paced

Jenjang Pendidikan: S1

Bidang Ilmu: Ilmu Komputer

Tingkat Mata Kuliah: Mudah

10 Teknologi & Sarana Pembelajaran: Online vicon via Teams dan asynchronous via LMS

11 Perangkat Hardware & Software:

12 Versi Pengembangan Mata Kuliah: 1.0

Topik Mata Kuliah

  • Instalasi dan pengenalan Ren'Py launcher (Vicon)
  • Membuat dan setting project baru
  • Membuat dan mengatur dialog
  • Pemasangan gambar latar dalam scene
  • Pemasangan gambar karakter dalam scene
  • Membuat skenario sederhana dalam game (Vicon)
  • Pemasangan suara latar dalam scene
  • Pemasangan efek suara dalam scene
  • Penggunaan variable dalam game
  • Penggunaan list dalam game
  • Pembuatan skenario yang memiliki suara serta mengimplementasikan variabel dan list (Vicon)
  • Penerapan perintah Menu dalam game
  • Penggunaan operator aritmatika dalam game
  • Penggunaan operator logika dalam game
  • Pemasangan splashscreen dalam game
  • Pembuatan game sederhana dengan splashscreen dan percabangan cerita (Vicon)

 

Syarat Kelulusan: Minimal nilai 60 untuk mata kuliah ini

Informasi Plagiarisme: Segala bentuk plagiarisme akan memberikan nilai 0.

 

Profil Dosen Pengampu:

Kusno Prasetya, Ph.D. ([email protected]) merupakan Dosen Program Studi Sistem Informasi. Bidang minatnya meliputi sistem informasi, kecerdasan artificial, analisis data, dan jaringan untuk massive multiplayer online gaming (MMOG). Ia memperoleh gelar S1 Sarjana Komputer dari Sekolah Tinggi Teknik Surabaya, gelar Master of Information Technology (Hons) dan Doctor of Philosophy in Information Technology (PhD) dari Bond University di Australia.

 

Dr. Louis Khrisna Putera Suryapranata, S.Kom., M.TI. ([email protected]) merupakan dosen Program Studi Teknik Informatika. Bidang minatnya meliputi pengembangan game dan gamifikasi. Ia memperoleh gelar S1 Teknik Informatika, S2 Teknik Informatika, dan S3 Computer Science dari Univeristas Bina Nusantara. Ia juga merupakan seorang Game Developer di Eterna Palace Games.

  1. Course Number

    MCED0001
  2. Enrollment Start

    ?
  3. Enrollment End

  4. Class Start

  5. Class End

    Dec 31, 2024
  6. Estimated Effort

    12
  7. Language

    Indonesian
  8. Course Type

    Instructor Paced
  9. Quota

    None
  10. Price

    Free
  11. Level

    Beginner
  12. Programming
Courses from Same University
Recommended Courses
© 2024 ICE Institute. All rights reserved.