Skip to main content

Perkembangan Peserta Didik


UNSx

Free

Enrollment is Closed

Mahasiswa dimanapun anda berada, selamat berjumpa dalam Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik, saya akan membimbing anda agar dapat lebih memahami materi-materi dalam mata kuliah ini. Agar dapat lebih saling mengenal, silahkan anda isi juga forum perkenalan dalam prasesi ini. Agar dapat sukses dalam pembelajaran online ini, silahkan Anda pahami dengan seksama setiap materi dan skenario pembelajaranl online. Tidak lupa, anda juga diharuskan untuk dapat belajar secara mandiri. Selamat mengikuti pembelajaran online mata kuliah Perkembangan Peserta Didik , selamat belajar dan salam sukses.

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Perkembangan Peserta Didik adalah mata kuliah yang akan memberikan pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa tentang ciri-ciri perkembangan peserta didik kebutuhan dan tugas perkembangan, lingkungan pendukung dan penghambat perkembangan gaya dan cara belajar, sikap dan penyesuaian diri peserta didik. Pembelajaran dilaksanakan dengan online earning, dengan berbagai model dan metode pembelajaran yang berorientasi pada student center learning, pembelajaran aktif dan kemandirian, seperti cooperative learning,case merhod, problem based learning, project based learning dan riset. Penilaian dilakukan baik secara individual dan kelompok dalam bentuk penugasan, portofolio, tes lisan dan tes tertulis.

Capaian Pembelajaran Akhir

Setelah mahasiswa mempelajari mata kuliah Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa mampu mengkaji, mendiskusikan, menganalisis, menyelesaikan permasalahan, mencari solusi, melakukan presentasi, melakukan riset, mengembangkan berbagai proyek yang sesuai tentang ciri-ciri perkembangan peserta didik kebutuhan dan tugas perkembangan, lingkungan pendukung dan penghambat perkembangan gaya dan cara belajar, sikap dan penyesuaian diri peserta didik.  Pembelajaran dilaksanakan dengan online earning, dengan berbagai model dan metode pembelajaran yang berorientasi pada student center learning, pembelajaran aktif dan kemandirian, seperti cooperative learning,case merhod, problem based learning, project based learning dan riset. Penilaian dilakukan baik secara individual dan kelompok dalam bentuk penugasan, portofolio, tes lisan dan tes tertulis.

Aktivitas Pembelajaran 

 

Kegiatan pembelajaran online ini akan dilaksanakan selama 16 (enam belas kali) dalam satu semester, yang terdiri dari 8 (delapan) materi sebelum Ujian Tengah Semester dan 8 (delapan) materi dan asesmen sebelum Ujian Akhir Semester. Sumber belajar dalam pembelajaran online adalah Buku, hasil penelitian, dan artikel ilmia ,  Oleh karena itu, sebelum Anda terlibat secara aktif pada kelas ini, Anda diharapkan telah mempelajari beberapa buku referensi yang sudah dituliskan dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS).

Setelah mempelajari mata kuliah Perkembangan Peserta Didik, Mahasiswa mampu mahasiswa mampu mengkaji, mendiskusikan, menganalisis, menyelesaikan permasalahan, mencari solusi, melakukan presentasi, melakukan riset, mengembangkan berbagai proyek yang sesuai tentang ciri-ciri perkembangan peserta didik kebutuhan dan tugas perkembangan, lingkungan pendukung dan penghambat perkembangan gaya dan cara belajar, sikap dan penyesuaian diri peserta didik.

Sumber Pembelajaran

  1. Chasiyah, Chadidjah, Edy Legowo. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Surakarta : UNS Press. 
  2. Deswita. 2005. Psikologi Perkembangan.
  3. Elvi Yuliana R. 2005. Psikologi Perkembangan.
  4. Sunarto Agung Hartono. 1994. Perkembangan Peserta Didik.
  5. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Peserta didik.
  6. Triyono. 2012. Perkembangan Peserta didik.

  1. Course Number

    02113132006
  2. Enrollment Start

  3. Enrollment End

    Jan 2, 2010
  4. Class Start

  5. Class End

    Jan 2, 2010
  6. Language

    Indonesian
  7. Course Type

    Instructor Paced
  8. Quota

    None
  9. Price

    Free
  10. Level

    Beginner
  11. Education
Courses from Same University
Recommended Courses
© 2024 ICE Institute. All rights reserved.