Tentang Mata Kuliah
Pada mata kuliah ini, Anda akan disajikan teori dan praktek pengembangan pembelajaran online mulai dari konsep dasar, pengelolaan pengetahuan melalui E-learning (knowledge management), apersepsi E-learning, instalasi, pengaturan dan editing LMS (Learning Management System) sampai pada proses evaluasi pembelajaran online. Rangkaian materi pada mata kuliah pembelajaran online/e-learning bertujuan agar rekan-rekan pembelajar dapat mengaplikasikan, mengkaji, membuat desain, memanfaatkan IPTEKS, serta menyelesaikan masalah terkait pelaksanaan pembelajaran online/e-learning. Mata kuliah ini memiliki orientasi produk akhir berupa produk e-learning yang dikembangkan menggunakan beberapa LMS platform berdasarkan landasan teori Teknologi Pendidikan.
Agar hasil belajar Anda dapat maksimal, silahkan simak keseluruhan materi dan ikuti serangkaian aktifitas yang ada di setiap pertemuan hingga tuntas. Ketuntasan rekan-rekan pembelajar sangatlah penting, sebab menjadi dasar acuan penilaian perkuliahan. Selamat dan semangat belajar!
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kursus ini pembelajar diharapkan memiliki kemampuan akhir berupa:
- Mampu menguraikan konsep dasar dan teori yang melandasi pembelajaran online.
- Mampu menjelaskan bentuk dan model pembelajaran online.
- Mampu mengembangkan pembelajaran online di LMS Google Classroom.
- Mampu mengembangkan pembelajaran online di LMS Class Dojo.
- Mampu mengembangkan pembelajaran online di LMS Edmodo.
- Mampu membuat flowchart pembelajaran online di LMS.
- Mampu menyusun desain Instruksional pembelajaran online di LMS.
- Mampu mengembangkan pembelajaran online di LMS Moodle.
- Mampu mengembangkan alat evaluasi pembelajaran online menggunakan Kahoot, Quizizz, Mentimeter, Google Form, Wordwall, dll.
Pengetahuan Prasyarat
Diharapkan telah memiliki pengetahuan tentang LMS (Learning Management System)
Tim Dosen Pengampu
Dr. Nurhikmah H. S. Pd, M. Si |
Sella Mawarni, M. Pd |
Saat ini menjabat sebagai Ketua Prodi Teknologi Pendidikan di Program Pascasarjana UNM. Backgorund pendidikan S1 Kurikulum dan Teknologi Pendidikan IKIP Ujungpandang, S2 Jurusan Sosiologi Universitas Hasanuddin, dan S3 Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang. Aktif terlibat dalam penelitian penerapan starategi pembelajaran dan pengembangan media. Pernah menerbitkan jurnal terindeks Scopus Q3 tahun 2022 dengan judul The Source of Teacher Work Stress: a Factor Analysis Approach. Silahkan kontak saya di [email protected] Hp. +62 812-4111-248 |
Seorang teknolog pendidikan di Prodi Teknologi Pendidikan UNM yang tertarik pada penerapan teknologi tepat guna untuk mendukung pemecahan masalah pembelajaran. Aktif terlibat dalam bidang penelitian pengembangan, salah satunya pengembangan digital book, e-learning, dan multimedia. Pendidikan S1 (Teknologi Pendidikan) dan S2 (Teknologi Pembelajaran) ditempuh di Universitas Negeri Yogyakarta. Tertarik dengan dunia konten kreator di bidang pembelajaran dan penerapan gamification. Silahkan kontak saya di [email protected] Hp. +6283 8983 18981 |