Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas sebuah model rekayasa perangkat lunak berbasis aplikasi permainan dengan memfokuskan pada proses dan metode pengembangan aplikasi permainannya. Selain itu, mata kuliah ini akan membahas aspek histori, aspek rekayasa perangkat lunak pengembangan, aspek teknis pengembangan, dan aspek pragmatis publikasi dan desain aplikasi game untuk hiburan. dirancang dengan durasi 3 SKS. Mata kuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang pernah mengikuti pemrograman dasar atau tertarik di dunia video game.
Bobot SKS
Mata kuliah ini dirancang dengan durasi 3 SKS yang diperuntukkan bagi peserta yang pernah mengikuti pemrograman dasar atau tertarik di dunia video game.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Konsep video game dalam sudut padang rekayasa perangkat lunak
- Ideation dalam merancang Video Game
- Requirements Engineering pada lingkungan video game
- Perancangan komponen, luaran, dan antarmuka di video game
- metode pengembangan video game
- Praktik rekayasa perangkat lunak dalam pengembangan aplikasi permainan
Daftar Materi Mata Kuliah
- Industri Video Game
Jenis dan Contoh Game Entertainment
Pengenalan Game Engine (Unity)
Konsep Game 2D
Konsep Game 3D
Game Requirement Design
Game Output Design
Entertainment Game Component
Studi Kasus 1
Studi Kasus 2
Kursus ini membutuhkan beberapa perangkat lunak yakni
1. Visual Studio 2022 atau yang terbaru
2. Unity
3. Windows 11 atau yang terbaru