Deskripsi
Sebagai seorang manager dalam pengembangan game, diperlukan arah yang fokus dalam game. Dalam mencari arah pengembangan game, diperlukan riset dan analisis dari proses bisnis dan pasar yang akan dituju. Mata kuliah ini akan menerangkan terkait proses dan tata cara analisis bisnis dan pasar secara umum dan secara khusus terkait pengembangan game.
Capaian
Diharapkan dari mata kuliah ini adalah peserta dapat melakukan analisis bisnis dan pasar sehingga mampu menentukan target khusus dari game yang akan dikembangkan. Selain itu peserta diharapkan tau akan tren dari pengembangan game dan sumber pendapatan uang dari game yang diberikan.
Topik Mata Kuliah
Pengantar Game dan Analisis Pasar Game
Potensi Pasar Game Digital
Model Bisnis Game
Pemasaran Game
Unsur Dan Karakter Seni Budaya
Bisnis Model Canvas
Pengenalan Tool Analisis
Perencanaan Keuangan Bisnis
Textbook
Project Management Institute. (2017). A guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK guide) (6th ed.). Project Management Institute.
|
|
Teknologi & Sarana Pembelajaran
- LMS Open EDX: Untuk mengakses materi utama dan forum diskusi
- Discord: Untuk kolaborasi dan komunikasi
- Zoom: Untuk pertemuan virtual tatap muka
- Unity dan Visual Studio 2019 Community version: Untuk game engine
Perangkat Keras & Perangkat Lunak
- Laptop/PC
- OS : Windows 7, 64-bit versions only
- CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
- Graphics : DX10, DX11, and DX12-capable GPUs
- Unity version: 2019.x, 2020.x, 2021.x
Profil Dosen
![]() | Dr. Azhari, M.T.
Email: [email protected] |
Profil Mentor
Ahmad Rizki Maulana Lulus dari Apple Developer Academy @ Universitas Ciputra. Dengan latar belakang pendidikan Informatika Universitas Negeri Surabaya yang telah berpengalaman dalam membuat aplikasi native di iOS dan website yang responsive menggunakan CodeIgniter. Pengembang iOS terampil dengan pengalaman dalam kerangka UIKit atau swiftUI, jaringan, dan pola desain. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan Magister Ilmu Komputer di Universitas Gadjah Mada. Selain itu, suka belajar hal-hal baru dan berpikiran terbuka.
Email: Ahmad Rizki Maulana, S.Kom.
Prabowo Yoga Wicaksana adalah seorang data saintis di lingkungan UGM, mengkhususkan diri dalam beberapa bidang utama, termasuk Machine Learning, Data Science, Math for Data Science, serta Applied Algebra and Statistics. Kemampuannya dalam mengembangkan model-model Machine Learning dan menerapkan aljabar serta statistik dalam konteks praktis telah menjadikan kontribusi berharga dalam kemajuan ilmu data di kalangan akademik dan industri.
Email: [email protected]