
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Game Flow ini akan mempelajar mengenai bagaimana membuat alur suatu permainan dengan baik. Alur adalah keadaan operasi mental di mana orang tersebut sepenuhnya tenggelam dalam apa yang dia lakukan. Ini adalah keadaan dan perasaan fokus energi, keterlibatan penuh, dan keberhasilan dalam proses suatu kegiatan. Dalam desain game, alur merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan jika Anda ingin menciptakan keterlibatan pemain. Berikut adalah daftar elemen yang dapat mempengaruhi dan mempengaruhi aliran dalam video game.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Peserta mampu menganalisis 10 jenis tipologi game.
- Peserta mampu merancang flow channel dalam game sesuai tingkat kesulitan game.
- Peserta mampu merancang user journey dalam mengakses game.
- Peserta mampu membuat struktur menu untuk game.
Bobot
- 4 SKS (1 SKS @45 Jam)
Model Pembelajaran
- Instructor-Pace
Jadwal Perkuliahan
- Week 1: Materi Sesi 1-Sesi 2 : VC1
- Week 2: Materi Sesi 3 : OL
- Week 3: Materi Sesi 4 : OL
- Week 4: Materi Sesi 5-Sesi 6 : VC2
- Week 5: Materi Sesi 7-Sesi 8 : VC3
- Week 6: Materi Sesi 9 : OL
- Week 7: Materi Sesi 10 : OL
- Week 8: Persiapan Final Project : VC4
Keterangan: VC (Video Conference/Synchronus), OL (Online/ASynchronus)
Assessment
- Tugas & Kuis: 20%
- Tugas & Kuis : 20%
- Final Project: 60%
Referensi
- Skolnick, Evan, 2014, Video Game Storytelling: What Every Developer Needs to Know about Narrative Techniques, Watson-Guptill
Profil Tim Dosen
Nugroho Widya Priyo Utomo |
Erick Dazki |