Skip to main content

Game Flow


PRADITAx

Free

Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi

Mata kuliah Game Flow ini akan mempelajar mengenai bagaimana membuat alur suatu permainan dengan baik. Alur adalah keadaan operasi mental di mana orang tersebut sepenuhnya tenggelam dalam apa yang dia lakukan. Ini adalah keadaan dan perasaan fokus energi, keterlibatan penuh, dan keberhasilan dalam proses suatu kegiatan. Dalam desain game, alur merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan jika Anda ingin menciptakan keterlibatan pemain. Berikut adalah daftar elemen yang dapat mempengaruhi dan mempengaruhi aliran dalam video game.

Capaian Pembelajaran

  • Peserta mampu menganalisis 10 jenis tipologi game.
  • Peserta mampu merancang flow channel dalam game sesuai tingkat kesulitan game.
  • Peserta mampu merancang user journey dalam mengakses game.
  • Peserta mampu membuat struktur menu untuk game.

Topik

  • Sesi 1: Design Thinking Process
  • Sesi 2: Game Platform Analysis
  • Sesi 3: Game Typology Analysis
  • Sesi 4: User Journey Scenario
  • Sesi 5: Flow Design Graph
  • Sesi 6: Flow Channel Scenario
  • Sesi 7: Menu Structure Planning
  • Sesi 8: Understanding Information Flow
  • Sesi 9: Crafting Narrative Flow & Player Modeling
  • Sesi 10: Designing Intuitive User Interfaces
  • Sesi 11: Game Flow Validation
  • Sesi 12: Implementing Game Flow
PrasyaratTidak ada
Bobot SKS4 SKS
Model PembelajaranInstructor-Paced 
 Jenjang PendidikanSarjana
Bidang IlmuComputer Sains
Tingkat Mata KuliahDasar
Versi Pengembanganversi 3.0

Textbook

  1. Schell, J. (2008). The Art of Game Design: A Book of Lenses. CRC Press.
  2. Fullerton, T. (2018). Game Design Workshop: A Playcentric Approach to Creating Innovative Games (Edisi ke-4). A K Peters/CRC Press.
  3. Rogers, S. (2014). Level Up! The Guide to Great Video Game Design (Edisi ke-3). Wiley.
  4. Salen, K., & Zimmerman, E. (2003). Rules of Play: Game Design Fundamentals. The MIT Press.
  5. Brathwaite, B., & Schreiber, I. (2008). Challenges for Game Designers. Cengage Learning.
  6. Koster, R. (2005). A Theory of Fun for Game Design. O'Reilly Media.

 

Profil Dosen Pengampu

Nugroho Widya Prio Utomo, S.Sn., M.Sn.

Erick Dazki, S.Kom.,M.Kom.

 

Profil Mentor

Sritenaya Geovani Putri, S.Tr., Kom.

Alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) di PT. Ruang Teknologi Kreatif Nusantara (Cube Studio)  sekaligus Komisaris di PT. Parama Dimensi Kreatif Teknologi (Paradimensi). Menguasai konsep organisasi, leadership, bisnis plan dan entrepreneurship berbasis teknologi multimedia interaktif. Email: [email protected]

Alda Destiyana Fadhilah, S.Tr.Kom

Alda Destiyana Fadhilah merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini bekerja sebagai sebagai Account Manager di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Marketing. Email: [email protected]

Rienesa Darmawan, S.Tr.Kom

Rienesa Darmawan merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Saat ini bekerja sebagai sebagai Social Media Strategist di salah satu perusahaan teknologi nasional. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Marketing. Email: [email protected]

Salsabilla Noor Budi Astari, S.Tr.Kom

Salsabilla Noor Budi Astari merupakan alumni S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Telkom University. Merupakan tim asisten praktikum game programmer selama 1 tahun. Berpengalaman menjadi Customer Relation di PT. Ruang Teknologi Kreatif Nusantara dan saat ini bekerja sebagai sebagai Branch Support Strategist di PT. Sigzacindo Nusantara. Menguasai bidang Desain Grafis, Programming dan Digital Content Creation. Email: [email protected] 

Course's Feedback

4.5/5

2 assessment(s)

  1. Course Number

    MCGD0001
  2. Enrollment Start

  3. Enrollment End

    Dec 1, 2024
  4. Class Start

    Sep 9, 2024
  5. Class End

    Dec 31, 2024
  6. Estimated Effort

    180 Hours at 16 Weeks
  7. Language

    Indonesian
  8. Course Type

    Instructor Paced
  9. Quota

    None
  10. Price

    Free
  11. Level

    Beginner
  12. IT
Courses from Same University
Recommended Courses
© 2024 ICE Institute. All rights reserved.