
Deskripsi Mata Kuliah
Perilaku Konsumen mempelajari beberapa teori perilaku konsumen, yaitu: motivasi, kepribadian, konsep diri, pengolahan informasi, proses belajar dan sikap serta proses keputusan konsumen yang terdiri dari tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian, konsumsi, dan pasca konsumsi; serta membahas bagaimana menjadi konsumen cerdas dan bijak yang memahami hak dan kewajibannya serta bersikap kritis terhadap informasi dan tawaran berbagai barang dan jasa dari produsen. Topik pembahasan lainnya adalah aplikasi perilaku konsumen untuk strategi pemasaran.
Bobot sks:3
Capaian Pembelajaran
- Menjelaskan beberapa teori perilaku konsumen
- Menganalisis berbagai perilaku konsumen dengan menerapkan teori teori perilaku konsumen dan aplikasinya pada strategi pemasaran
- Mengevaluasi proses keputusan konsumen dan dampaknya terhadap keberdayaan konsumen agar menjadi konsumen bijak dan cerdas
- Mengevaluasi pesan komunikasi yang disampaikan ke konsumen dengan menerapkan teori-teori perilaku konsumen
- Menyusun/merancang pesan yang menerapkan teori-teori perilaku konsumen untuk mendidik dan memberdayakan konsumen menjadi bijak dan cerdas
Catatan:
Tidak ada Syarat untuk mengikuti mata kuliah perilaku konsumen, namun mahasiswa diharapkan memiliki minimal handphone dengan akses internet yang baik. Jika memiliki Tab atau Laptop akan lebih baik lagi.
MK Perilaku Konsumen adalah kuliah pilihan untuk mahasiswa IPB. Setiap semester diikuti oleh sekitar 500-700 mahasiswa sejak tahun 2010.
Dosen Pengampu
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc