Deskripsi Mata Kuliah
Proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan tentunya menjadi impian bagi semua pendidik maupun peserta didik. Gamifikasi menjadi tawaran solusi untuk membantu meningkatkan proses pembelajaran sehingga belajar terasa lebih mengasyikan layaknya sedang bermain game. Secara sederhana Gamifikasi ini merupakan sebuah metode pembelajaran dimana menerapkan prinsip kerja sebuah permainan dalam proses pembelajaran untuk menumbuhkan minat dan rasa penasaran target. Metode Gamifikasi seringkali digunakan untuk menumbuhkan motivasi belajar dan mengubah perilaku siswa.
Pada mata kuliah ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai penerapan metode gamifikasi dalam pembelajaran yang tentunya akan memperkaya pengetahuan kita tentang bagaimana prinsip dasar hingga menerapkannya dalam kelas. Adapun topik materi yang akan dibahas dalam kursus ini yaitu:
- Apa itu Gamification?
- Landasan Teori Gamification
- Kerangka Kerja Gamification
- Penerapan Gamification
- Gamification Tools (Aplikasi Gamifikasi)
- Best Practice Penerapan Gamification
Capaian Pembelajaran
Tujuan dari kursus ini yakni mahasiswa mampu memahami konsep gamifikasi sehingga mampu menerapkannya dalam konteks pembelajaran. Kursus ini juga dilengkapi dengan pembahasan tools teknologi maupun strategi menerapkan gamifikasi pembelajaran, bagaimana mengukur manfaat penerapan gamifikasi sampai pada analisis kendala dan tantangan gamifikasi. Di akhir kursus, disediakan contoh respon mahasiswa sebagai best practice hasil riset penggunaan metode gamifikasi di kelas. Selama mengikuti kursus ini, mahasiswa dapat belajar secara mandiri secara self-paced.
Prasyarat Pengetahuan
Sebelum mengambil kursus ini diharapkan peserta kursus telah memiliki pemahaman tentang perkembangan TIK (Teknologi, Informasi & Komunikasi) sehingga memudahkan peserta kursus dalam memahami penjelasan aplikasi (technology tools) gamifikasi yang dapat diterapkan di kelas.
Catatan
Sebelum mengambil kursus ini diharapkan peserta kursus telah memiliki pemahaman tentang perkembangan TIK (Teknologi, Informasi & Komunikasi) sehingga memudahkan peserta kursus dalam memahami penjelasan aplikasi (technology tools) gamifikasi yang dapat diterapkan di kelas.
Tim Pengajar
Dr. Nurhikmah H. S. Pd, M. Si |
Sella Mawarni, M. Pd |
Saat ini menjabat sebagai Ketua Prodi Teknologi Pendidikan di Program Pascasarjana UNM. Backgorund pendidikan S1 Kurikulum dan Teknologi Pendidikan IKIP Ujungpandang, S2 Jurusan Sosiologi Universitas Hasanuddin, dan S3 Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang. Aktif terlibat dalam penelitian penerapan starategi pembelajaran dan pengembangan media. Pernah menerbitkan jurnal terindeks Scopus Q3 tahun 2022 dengan judul The Source of Teacher Work Stress: a Factor Analysis Approach. Silahkan kontak saya di [email protected] Hp. +62 812-4111-248 |
Seorang teknolog pendidikan di Prodi Teknologi Pendidikan UNM yang tertarik pada penerapan teknologi tepat guna untuk mendukung pemecahan masalah pembelajaran. Aktif terlibat dalam bidang penelitian pengembangan, salah satunya pengembangan digital book, e-learning, dan multimedia. Pendidikan S1 (Teknologi Pendidikan) dan S2 (Teknologi Pembelajaran) ditempuh di Universitas Negeri Yogyakarta. Tertarik dengan dunia konten kreator di bidang pembelajaran dan penerapan gamification. Silahkan kontak saya di [email protected] Hp. +6283 8983 18981 |